Apa Itu Digital Marketing 4.0? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Dalam sistem perekonomian dunia khususnya bagi negara-negara berkembang seperti negara Indonesia sedang menuju ekonomi digital yang lebih maju. Tentu saja hal ini dikarenakan proses perkembangan teknologi yang semakin hari semakin modern sebagai satu-satunya penggerak pertama perubahan ekonomi tersebut.

Apa Itu Digital Marketing 4.0
Apa Itu Digital Marketing 4.0

Berbagai inovasi dilakukan demi tergeraknya kemajuan ekonomi bangsa Indonesia yang nantinya akan mampu bersaing dengan ekonomi negara lain dan menjadi lebih dekat dengan kemakmuran hidup rakyat.

Untuk mendukung hal tersebut, Perkembangan teknologi telah membuat proses produksi, pemasaran, distribusi dan sebagainya menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini tentu saja akan membuka konektivitas yang dibangun oleh para pelaku bisnis terhubung dengan akses-akses modal dan pasar yang baru. Maka dengan begitu, peluang-peluang bisnis yang menjanjikan kemakmuran seperti ekonomi digital tersebar luas.

Nah berbicara tentang ekonomi, belakangan ini sering sekali mendengar istilah “Marketing 4.0” dalam dunia bisnis. Tetapi mungkin beberapa dari masyarakat belum memahami apa itu marketing 4.0 sebenarnya. Sebab masih ada beberapa informasi terkait marketing 4.0 yang sering terdapat banyak kesalahan. Dunia marketing sebelum adanya marketing 4.0 tentu saja memiliki era marketing lain.

Pengertian Digital marketing 4.0

Pengertian Digital marketing 4.0
Pengertian Digital marketing 4.0

Sebelum mengenal lebih jauh tentang marketing 4.0 ada baiknya anda mengetahui informasi mengenai marketing yang sudah terbentuk sebelumya seperti marketing 1.0, marketing 2.0, dan marketing 3.0.

Digital Marketing 1.0

Digital Marketing 1.0 merupakan marketing yang hanya berfokus pada suatu produk atau biasa di sebut sebagai “Product centric era”. Pada marketing ini, kegiatan produksi yang di lakukan sesuai apa yang arahkan oleh kemauan produsen.

Misalnya setelah produsen membuat produk yang bagus kemudian mempromosikannya melalui iklan, akan tetapi marketing yang berjalan hanya berpusat pada keinginan produsen saja, keinginan dan kebutuhan konsumen tidak terlalu di perhatikan.

Digital Marketing 2.0

Digital Marketing 2.0 merupakan marketing yang berfokus pada konsumen atau biasa disebut “Consumen centric era”. Berbeda dengan marketing sebelumnya, pada marketing 2.0 ini produsen lebih mementingkan kebutuhan dan keinginan konsumen serta keinginan pasar. Maka dengan strategi marketing yang seperti itu diharapkan dapat meningkatkan produksi yang berkualitas.

Digital Marketing 3.0

Digital Marketing 3.0 merupakan marketing yang berfokus pada kemanusiaan atau biasa disebut “Human centric era”. Maksudnya adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan memperhatikan produk dan pelanggan. Kegiatannya tidak hanya diarahkan untuk kepentingan fungsional dan emosional saja, akan tetapi lebih ke spiritual. Semua pelaku bisnis yang terkait memperhatikan dari sisi kemanusiaan dan nilai-nilai universalnya.

Digital Marketing 4.0

Digital Marketing 4.0 merupakan marketing yang pada kemanusiaan di era digital. Yang mana strategi marketing yang di lakukan mengombinasikan 2 cara yaitu online dan offline. Dalam marketing 4.0 ini dapat dikatakan penyempurna marketing-marketing sebelumnya karena selain mengedepankan branding yang bagus, marketing ini juga berpusat pada konten yang relevan dan menarik kepada pelanggan.

Nah dalam menjalankan sebuah brand yang bagus terkadang sulitnya bukan main. Sudah melakukan berbagai promosi dan meningkatkan brand equity dengan baik tetapi penjualan masih saja sedikit. Index brand awareness sudah dijalankan secara terstruktur, tapi penjualan masih biasa-biasa saja.

Apa yang salah? pertanyaan diatas selalu muncul pada para pelaku bisnis. Kejadian di atas menunjukkan bahwa index tidak bisa berdiri sendiri sebagai suatu KPI yang dijalani sehari-hari. Kita butuh sesuatu yang langsung kelihatan dampaknya ke penjualan.

Kelebihan dan Keuntungan Digital Marketing 4.0

Kelebihan dan Keuntungan Digital Marketing 4.0
Kelebihan dan Keuntungan Digital Marketing 4.0

Setiap strategi pemasaran dalam dunia ekonomi pasti memiliki keuntungan tersendiri, tidak terkecuali pada penerapan strategi digital marketing 4.0 ini. Tidak seperti pada marketing offline, digital marketing 4.0 ini dapat membantu para pelaku bisnis agar dapat melihat hasil yang akurat sesuai waktu Anda memasukan data.

Melalui digital marketing 4.0 ini anda bisa mengukur ROI (Return on Invesment) pada semua aspek marketing yang sudah anda lakukan. ROI ini memiliki arti ukuran atau besaran yang digunakan untuk mengevaluasi sebuah efisiensi investasi lalu dibandingkan dengan biaya dan modal awal yang telah dikeluarkan.

Manfaat yang dapat diambil dari penerapan digital marketing 4.0 adalah sebagai berikut:

Dapat Mengukut Traffic Website

Melalui software digital tertentu anda bisa melihat orang-orang yang telah mengunjungi halaman website dalam digital marketing. Hal ini sangat menguntungkan produsen atau marketer yang menghandle website karena selain informasi kunjungan ke website, produsen atau marketer dapat mengetahui pula berapa banyak halaman yang telah mereka kunjungi, dimana mereka berasal, media apa yang digunakan dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui informasi-infromasi diatas, maka anda akan semakin mudah untuk menentukan strategi digital marketing mana yang lebih efisien tanpa menghabiskan banyak waktu. Tetapi jika marketing offline yang dilakukan akan kurang maksimal untuk mengetahui minat atau tidaknya seseorang membeli suatu produk sebelum berkomunikasi dengan pemiliknya langsung atau sudah pernah membeli produknya.

Melalui website ini juga anda dapat memperbarui dan menginovasi tren produk. Selain itu anda dapat mengidentifikasi pola perilaku customer anda sebelum mereka memutuskan check out pada produk anda.

Mengukur Performa Konten dan Mengumpulkan Leads

Sebagian orang akan begitu tertarik ketika anda membagikan selembaran brosur tentang produk anda dan membacanya, namun pernahkah terlintas dipikiran anda bahwa sebagian orang lainnya kurang tertarik dengan strategi pemasaran dengan membagika selembaran brosur?

Nah untuk menimalisir hal tersebut terjadi, anda dapat membuat strategi digital marketing melalui halaman situs sebagai gantinya. Dengan cara seperti itu, anda tidak hanya akan mengukur berapa banyak orang yang berminat untuk melihat brosur pada halaman situs anda tetapi anda bisa mengumpulkan detail kontak dari costumer yang sudah mengunjungi halaman situs anda.

Menyenangkan bukan? satu lagi yang harus anda ketahui yaitu anda tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat di konten yang sudah anda buat pada halaman situs, tapi Anda juga bisa mengumpulkan data prospek customer yang berkualitas.

Jenis Konten Digital Marketing 4.0 yang Cocok

Lalu jenis konten digital marketing apa yang harus anda buat? yuk simak penjalasan dibawah ini.

Dalam membuat suatu konten untuk mempromosikan produk, tentu saja harus sesuai dengan kebutuhan customer anda. Dengan kata lain, konten yang anda buat dapat membantu memenuhi keinginan dan mengatasi tantangan mereka. Dengan begitu proses strategi marketing yang anda buat nanti akan berhasil sesuai ekspektasi.

Jenis konten digital marketing yang cocok adalah sebagai berikut :

  1. Awareness Stage (Cold Market) yaitu salah satu konten yang ditujukan untuk customer yang belum pernah mengenal penawaran anda. Jadi besar kemungkinan konten yang anda buat melalui postingan blog akan berhasil menarik perhatian.
  2. Warmer market yaitu konten yang ditujukan untuk customer yang belum mengenal anda tetapi mengenal orang-orang yang berhubungan dengan anda. Misalnya anda menjalin kerjasama endorsement.
  3. Warm market yaitu konten yang sudah dikenal banyak orang hanya saja belum membeli penawaran atau offer dari anda.
  4. Hot market yaitu konten yang dibuat untuk customer yang sudah mengenal anda dan sudah membeli produk anda.

Nah itulah informasi mengenai apa itu digital marketing 4.0 secara singkat. Semoga bermanfaat

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *