Bagaimana Peluang Bisnis Klinik/Healthcare? Simak Jawabannya Berikut Ini!

Fasilitas kesehatan menjadi kebutuhan yang penting untuk setiap orang. Mengingat kesehatan adalah kunci utama yang harus dijaga oleh setiap manusia. Fasilitas kesehatan pun semakin hari semakin banyak dicari. Ini adalah moment yang tepat untuk Anda mencoba peluang bisnis klinik/healthcare. Bayangkan saja, sudah berapa ratus juta orang yang ada di Indonesia, dan setiap orang memiliki peluang untuk sakit, sehingga mereka memerlukan pelayanan kesehatan untuk menyembuhkan penyakit mereka.

Selain itu fasilitas kesehatan dibutuhkan untuk melakukan pengecekan kesehatan yang penting dilakukan supaya kondisi tubuh tetap fit dan sehat. Karena saat ini kesehatan menjadi penting untuk dijaga karena berbagai macam penyakit sudah bisa menyerang seluruh kalangan baik dari anak kecil hingga orang tua. Dari situ peluang bisnis klinik/healthcare menjadi peluang yang besar untuk dapat dikembangkan oleh pebisnis dan pemodal yang menyukai bidang kesehatan.

Bagaimana Peluang Bisnis Klinik/Healthcare?

Bagaimana Peluang Bisnis Klinik Healthcare
Bagaimana Peluang Bisnis Klinik Healthcare

Pertumbuhan manusia yang cukup pesat, terutama di Indonesia, juga berdampak pada perlu adanya fasilitas kesehatan yang memadai di setiap wilayah. Karena fasilitas kesehatan menjadi kebutuhan setiap orang. Peluang bisnis klinik/healthcare tentunya menjadi solusi bagi pemilik modal yang masih ragu akan memulai bisnis apa. Selain itu untuk menjaga kondisi agar tetap sehat, setiap orang pasti membutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai.

Untuk itu memulai bisnik klinik/healthcare juga perlu adanya persiapan yang matang supaya menjadi fasilitas kesehatan yang dapat membantu setiap orang sehingga akan cepat berkembang. Sebelum memulai bisnis klinik/healthcare, setiap pebisnis juga harus melakukan survei terkait lokasi, peraturan pembangunan klinik/healtcare supaya dapat berjalan dengan baik.

Bisnis klinik/healthcare tentunya menjadi ladang bisnis yang dapat mengalami perkembangan yang begitu cepat. Karena usaha ini menyasar seluruh kalangan baik kalangan menengah kebawah hingga kalangan menengah keatas. Adanya BPJS tentunya juga membuka kesempatan bagi calon pasien untuk dapat menikmati pelayanan fasilitas kesehatan yang ada. Sehingga orang tidak perlu lagi takut untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan.

Peluang lain dapat dilihat pada semakin maraknya baby boom di Indonesia, fasilitas kesehatan pun diperlukan untuk melakukan pengecekan kepada ibu-ibu hamil selama periode hamilnya, persalinan hingga imunisasi dan pengecekan rutin kondisi anak mereka nantinya. Peluang ini cukup besar untuk dapat membuka fasilitas kesehatan yang juga berfokus pada pelayanan ibu-ibu hamil dan anak-anak yang perlu pengecekan kesehatan maksimal.

Selain itu peluang bisnis ini juga begitu bagus, sangat minim mengalami penurunan pemasukan. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa setiap orang memiliki peluang untuk sakit, sehingga setiap orang juga memiliki peluang untuk dapat memanfaatkan layanan kesehatan yang sudah tersedia. Namun sebagai pebisnis tentunya harus melihat pelayanan yang diberikan. Sehingga calon pasien akan nyaman dan berpotensi untuk menggunakan layanan kesehatan itu lagi di kemudian hari.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Marketing Plan Yang Baik Dan Benar?

Peluang Bisnis Klinik/Healthcare Memiliki Prospek yang Baik di Masa Depan

Peluang Bisnis Klinik Healthcare Memiliki Prospek yang Baik di Masa Depan
Peluang Bisnis Klinik Healthcare Memiliki Prospek yang Baik di Masa Depan

Banyak orang-orang Indonesia yang lebih memilih berobat ke luar negeri, hal ini dikarenakan pelayanan fasilitas kesehatan di luar negeri lebih baik dan memiliki kecanggihan teknologi kesehatan. Nah untuk itu perlu adanya fasilitas kesehatan di dalam negeri yang menggunakan teknologi mutakhir dan peningkatan layanan kesehatan yang diberikan kepada pasien, supaya pasien tidak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri untuk mencari fasilitas kesehatan terbaik.

Hal diatas yang belum banyak ada di Indonesia, kebanyakan fasilitas kesehatan di Indonesia hanya profit oriented, tanpa melihat dan menimbang bagaimana seharusnya pelayanan terbaik yang harus selalu diutamakan terhadap pasien. Selain itu kondisi teknologi yang belum sepenuhnya canggih juga menjadikan banyak orang lebih memilih untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan di luar negeri.

Nah, mungkin Anda berniat membuka usaha dan sedang mencari-cari bisnis yang cocok, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjajal bisnis kilnik/healthcare. Tenang saja, Anda tidak perlu khawatir harus bersaing dengan para pebisnis besar yang sudah lama melakukan ekspansi di bisnis kesehatan terutama di Indonesia. Meski pebisnis ini cukup banyak, peluang bagi pebisnis baru masih terbuka lebar, apalagi saat ini sudah banyak asuransi kesehatan yang mengenalkan masyarakat kepada kesehatan.

Sebenarnya bisnis klinik/healthcare ini juga banyak macamnya. Anda tidak harus membuka rumahsakit besar jika ingin menekuni bisnis kesehatan. Anda juga bisa memilai dengan membuat klinik kesehatan terlebih dahulu. Klinik kesehatan ini pun juga ada bermacam-macam. Anda bisa mempertimbangkan membuka klinik kesehatan umum. Klinik seperti ini biasanya menyediakan beberapa layanan medis.

Selain dokter umum, klinik umum ini bisa juga memiliki dokter spesialis, misalnya dokter gigi. Bahkan, ada klinik yang memiliki laboratorium untuk mengecek suatu penyakit, pelayanan untuk rontgen hingga apotek sendiri. Selain klinik umum, ada juga klinik spesialis. Contohnya klinik gigi, klinik bersalin, klinik cuci darah, dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih mendirikan klinik kesehatan sendiri. Atau, kalau Anda tidak mau repot, ada banyak tawaran waralaba dan kemitraan klinik kesehatan yang dapat Anda temukan. Untuk memulai bisnis klinik/healthcare memang susah-susah gampang, perlu pengetahuan dan jiwa pelayanan yang baik terlebih dahulu. Selain itu persiapan juga sangat perlu dilakukan sebelum memulai bisnis klinik/healthcare.

Baca Juga: The Power of Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Langkah-langkah Cara Memulai Bisnis Klinik

Langkah-langkah Cara Memulai Bisnis Klinik Healthcare
Langkah-langkah Cara Memulai Bisnis Klinik Healthcare

Nah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis ini antara lain:

1. Memiliki Jiwa Melayani

Untuk membangun sebuah fasilitas kesehatan, seperti klinik/healthcare tentu perlu dimiliki jiwa melayani dan mengayomi. Karena fasilitas kesehatan seharusnya dibangun bukan hanya untuk profit oriented. Artinya bahwa fasilitas kesehatan harus memiliki tujuan utama untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk setiap orang yang membutuhkannya.

Dengan begitu, dapat memberikan pemahaman kepada karyawan untuk selalu mengedepankan jiwa melayani dan mengayomi kepada pasien. Sehingga klinik/healthcare akan cepat dikenal karena tingginya jiwa melayani yang dimiliki yang tentunya akan berpengaruh pada tingkat pasien yang akan menggunakan fasilitas kesehatan tersebut. Jika fasilitas kesehatan memiliki pelayanan buruk, sudah pasti pasien akan lebih memilih fasilitas kesehatan lain yang lebih nyaman.

2. Lokasi Strategis

Nah persiapan yang harus Anda matangkan sebelum memulai bisnis klinik/healthcare ini adalah lokasi. Setiap bisnis perlu adanya survei lokasi untuk menentukan kemudahan akses bagi pelanggan mereka. Begitupun dengan fasilitas kesehatan, juga harus memiliki lokasi yang strategis dan terjangkau. Karena fasilitas kesehatan ini tentunya juga diperlukan untuk kondisi-kondisi darurat supaya pasien dapat mengakses dengan mudah.

Lokasi yang dianjurkan seperti berada di pinggir jalan yang mudah diakses, seperti jalan raya utama. Jangan memilih lokasi yang sempit, karena hal ini juga akan berpengaruh pada perijinan pembangunan tempat usaha.

3. Persiapkan Perizinan

Perizinan menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk membuka setiap usaha, terutama fasilitas kesehatan seperti klinik/healthcare. Setiap pebisnis yang akan memulai membuka fasilitas kesehatan harus membaca perizinan pembangunan fasilitas kesehatan yang diterbitkan oleh Menteri Kesehatan. Membuka fasilitas kesehatan ini tidak serta merta hanya membuka tanpa melalui perizinan ketat dari Pemerintag Daerah terkait.

Peraturan Menteri yang sudah ada dapat dibaca untuk menambah wawasan pebisnis sebelum membuka usaha klinik/healthcare. Peraturan Menteri tersebut mengatur mengenai jenis perizinan usaha sektor kesehatan, persyaratan, tata cara penerbitan izin, masa berlaku izin dan pengawasan. Hal ini yang perlu diperhatikan oleh calon pemohon sebelum memulai membuka bisnis klinik/healthcare.

Dalam mengurus sebuah perizinan, selalu ada persyaratan yang diberikan untuk dapat membuka fasilitas kesehatan. Salah satunya untuk klinik rawat inap sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang sudah ada, dan profil klinik yang akan didirikan meliputi pengorganisasian lokasi dan bangunan, sarana prasarana, ketenagakerjaan, peralatan, kefarmasian, laboratorium, dan pelayanan yang diberikan.

Pemantauan ini selalu dilakukan oleh dinas terkait, karena bisnis ini merupakan bisnis yang perlu adanya pengawasan, karena berkaitan langsung dengan pelayanan publik kepada masyarakat umum. Setelah usaha berdiri, juga dilakukan uji coba dan kelayakan fasilitas yang ada, serta melihat kondisi fisik bangunan dan kondisi setiap kamar untuk rawat inap.

4. Persiapkan Strategi Pemasaran

Setelah semua persiapan hampir selesai, persiapan yang terakhir adalah strategi pemasaran, strategi pemasaran untuk fasilitas kesehatan tidak perlu dilakukan secara gencar-gencaran. Karena peluang orang yang akan menikmati layanan kesehatan pasti selalu ada. Hanya perlu memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, sehingga pasien akan merasa nyaman dan tenang menggunakan fasiltas kesehatan tersebut.

Selain itu juga dapat melakukan strategi pemasaran dengan bekerjasama dengan perusahaan untuk membuat asuransi dengan menggunakan fasilitas kesehatan tersebut. Dengan begitu peluang orang yang akan menggunakan fasilitas kesehatan akan semakin besar.

Tips Menjalankan Peluang Bisnis Healthcare

Tips Menjalankan Peluang Bisnis Klinik Healthcare
Tips Menjalankan Peluang Bisnis Klinik Healthcare

Setelah semua persiapan tersebut selesai, masih perlu adanya perkembangan fasilitas untuk kebutuhan pelayanan kepada pasien supaya fasilitas kesehatan yang didirikan memiliki pelayanan yang baik dan terpercaya bagi para pasien. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis klinik/healtcare adalah:

  • Kualitas pelayanan

Kualitas pelayanan ini penting untuk terus ditingkatkan, karena berkaitan erat dengan kepuasaan pasien nantinya, pelayanan yang baik ini meliputi pelayanan yang diberikan dari staff, perawat maupun dokter kepada pasien. Sebagai fasilitas kesehatan, pelayanan menjadi hal yang harus terus ditingkatkan, karena harus melayani masyarakat dengan berbagai karakteristik dan sifat. Tentunya sebagai petugas kesehatan, semua karyawan, perawat dan dokter harus memiliki jiwa sabar dalam menghadapi pasien

  • Fasilitas

Fasilitas ini berkaitan dengan fasilitas kesehatan yang diperlukan untuk menunjang berjalannya kegiatan pelayanan kesehatan kepada pasien. Fasilitas ini meliputi banyak hal, seperti ruang rawat inap, IGD dan UGD dengan fasilitas yang memadai, ruang tunggu untuk keluarga pasien, ruang terbuka hijau, ini juga diperlukan untuk meningkatkan sirkulasi udara di area klinik/healthcare.

Selain itu juga perlu diperhatikan fasilitas penunjang lainnya seperti tempat oarkir, toilet yang mudah diakses, dan lain sebagainya.

  • Ketersediaan obat

Ketersediaan obat juga sangat penting, hal ini juga berkaitan erat dengan kepuasan pasien. Jika obat tersedia lengkap, maka pasien tidak perlu lagi menebus obat di tempat lain, sehingga mempermudah pasien. Selain itu, jika obat sudah tersedia lengkap maka banyak calon pasien yang akan memilih datang ke fasilitas kesehatan tersebut.

  • Customer service

Pelayanan lain yang harus tersedia adalah customer service atau call center, hal ini diperlukan untuk mempermudah pasien mengakses layanan kesehatan yang jauh dari jangkauan, maupun pada saat kondisi darurat seperti kecelakaan dan lain sebagainya. Sehingga calon pasien sudah memiliki nomor telepon fasilitas kesehatan tersebut untuk melakukan penjemputan.

Baca Juga: Bagaimana Teknologi Berpengaruh Terhadap Bisnis

Nah itu tadi artikel mengenai bagaimana peluang bisnis klinik/healthcare, yang tentunya memiliki peluang besar untuk dikembangkan. Semoga bermanfaat!

This entry was posted in Lain-Lain, News and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *