Apa Sebenarnya Teknologi Big Data? Temukan Jawabannya Disini Yuk

Perkembangan di bidang teknologi informasi semakin hari semakin pesat. Pasalnya masyarakat zaman sekarang lebih mendominasi dalam memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu aktivitas kesehariannya.

Apa Sebenarnya Teknologi Big Data
Apa Sebenarnya Teknologi Big Data

Berbagai istilah dalam ilmu teknologi informasi sudah banyak di ketahui oleh sebagian masyarakat, akan tetapi istilah “Teknologi Big Data” masih jarang dan bahkan asing di dengar oleh telinga.

Padahal belakangan ini topik mengenai “Teknologi Big Data” sedang menjadi topik pembahasan utama di bidang industri teknologi informasi dunia. Lalu apa sebenarnya “Teknologi Big Data” itu ?

Pengertian Teknologi Big Data

Pengertian Teknologi Big Data
Pengertian Teknologi Big Data

Pada awalnya teknologi big data merupakan sebuah teknologi yang membantu untuk mengatasi ledakan informasi karena seiring berkembangnya ekosistem pengguna perangkat mobile dan kebutuhan internet yang semakin hari semakin tinggi. Perkembangan perangkat mobile yang terlalu tinggi angka kebutuhan masyarakat terhadap data internet rupanya sangat mempengaruhi perkembangan volume dan jenis data dimana dari hari ke hari semakin meningkat tinggi.

Tentu saja hal ini akan membanjiri sistem komputasi mengingat berbagai jenis data yang ada mulai data teks, gambar, dokumen dan lainnya semakin banyak. Maka hal ini memerlukan sebuah jalan keluar seperti munculnya teknologi big data beberapa waktu belakangan ini. dengan munculnya teknologi big data ini, sebagian ahli IT menganggapnya sebagai solusi terbaik dari berbagai fakta yang menunjukkan bahwa sistem data dari waktu ke waktu telah melampaui batas.

Manfaat Teknologi Big Data

Setiap teknologi informasi yang ada pasti memiliki manfaat yang berbeda – beda, termasuk teknologi big data. Lalu apa saja manfaat yang dapat di ambil dari penggunaan teknologi big data ?

Berikut ini manfaat dari penggunaan teknologi big data, diantaranya yaitu :

  1. Dapat menggunakan informasi yang di simpan dalam media sosial seperti facebook, badan – badan pemasaran belajar tentang respons untuk campaigns mereka, promosi dan media iklan lainnya yang memiliki sistem penyimpanan data yang besar.
  2. Dapat menggunakan informasi melalui media sosial seperti preferensi dan persepsi produk konsumen mereka, produk perusahaan dan organisasi ritel merencanakan produksi.
  3. Dapat menggunakan data mengenai riwayat medis pasien, dengan begitu rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang cepat dan lebih baik dari sebelumnya.

Dengan beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, maka tujuan yang ingin di berikan oleh teknologi big data ini adalah agar setiap organisasi, bisnis atau individu mampu mengolah datanya sendiri dan bisa mendapatkan informasi yang mendalam untuk pengambilan suatu keputusan dan tindakan bisnis atau apapun itu dengan mengandalkan informasi tersebut bukan karena insting semata.

Jenis Sumber Teknologi Big Data

Jenis Sumber Teknologi Big Data
Jenis Sumber Teknologi Big Data

Teknologi big data memiliki beberapa jenis sumber data, diantaranya yaitu:

  • Data dengan volume yang sangat besar

Kemunculan dari teknologi big data ini merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi sistem perkebangan teknologi, karena teknologi big data ini memiliki volume data yang sangat besar di bandingkan dengan teknologi lain serupa. Besarnya volume yang di miliki oleh teknologi big data ini dapat dilihat dari Besarnya data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk transaksi bisnis, media sosial, dan informasi dari sensor atau data lainnya.

Tentu saja semua data itu harus memiliki volume yang besar mengingat banyaknya data yang harus disimpan. Suatu misal facebook, jika anda mau menyadari facebook adalah sebuah negara, maka dapat dibayangkan bahwa negara tersebut akan berpenghuni manusia yang sangat besar jumlahnya di dunia, mengingat facebook merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna terbanyak bahkan lebih banyak daripada total jumlah penduduk Negara China.

Masing – masing pengguna facebook sudah pasti telah menyimpan puluhan bahkan ratusan foto ataupun video ke dalam galeri facebooknya. Bahkan hingga saat ini facebook telah menyimpan sekitar 250 miliar foto maupun video dari para penggunanya dan hal itu akan semakin bertambah dari hari ke hari mengingat populasi masyarakat yang tersu berkembang dan memilih untuk menggunakan media sosial facebook. Tidak hanya foto atau video, status facebook pun berjumlah banyak karena postingan dari para penggunanya setiap hari.

  • Data dengan Lalu Lintas yang Sangat Cepat (Variety)

Jika mengingat tentang lalu lintas data yang sangat cepat sekilas terlintas di pikiran adalah situs pencarian Google. Cepatnya lalu lintas data maka harus di proses dengan cepat pula. Google merupakan satu – satunya situs pencarian data dengan lalu lintasnya yang sangat cepat. Tak heran jika banyak pengguna yang lebih menggunakannya untuk mencari informasi. Keunikan lainnya yang dimiliki oleh google yaitu Pada halaman pencarian selalu menyajikan data tentang informasi aktual suatu kejadian kepada para penggunanya.

Google memiliki miliaran data untuk di kelola dan di proses setiap harinya karena kebutuhan masyarakat terhadap internet sangat tinggi. Namun google mampu memproses informasi berita yang aktual dan relevan sesuai dengan pencarian pengguna. Selain itu, contoh lain seperti anda akan ingin menggunakan google maps, maka dengan cepat google maps akan memberikan informasi terkait jalan yang akan anda lalui menuju suatu tempat secara realtime. Bahkan dalam google maps biasanya di tunjukkan jalan alternative yang lebih cepat untuk sampai di tempat tujuan. Sangat menyenangkan bukan ?

  • Data dengan Jenis yang Sangat Variatif

Banyaknya jenis data yang ada tentu membutuhkan cara dan pendekatan dalam mengelolanya agar data yang di proses dapat di gunakan dengan baik. Pada informasi diatas telah disebutkan bahwa data seperti foto, video, dokumen dan data lainnya yang masing – masing datanya berbeda satu sama lain.

Nah pada teknologi big data ini memiliki berbagai data yang variatif untuk di kelola. Terkadang banyak data yang sangat berbeda dari aplikasi ke aplikasi, dan bahkan banyak dari data tersebut tidak terstruktur sehingga perlu metode beragam pula untuk mengelolanya. Maka dengan kemunculan teknologi big data inilah dapat memberi solusi terbaik untuk mengelola data – data tersebut agar lebih terstruktur.

Yang perlu anda ketahui disini adalah informasi diatas sebagian besar teknologi big data terdapat dalam google, facebook dan media sosial lainnya. akan tetapi, pada sector bisnis data yang ada sekarang Google merupakan suatu pelopor dari munculnya teknologi big data tersebut. Perusahaan yang berlokasi di Mountain View, California itu pada tahun 2006 lalu sempat memperkenalkan Google Bigtable.

Google Bigtable merupakan sistem database yang memiliki skala besar dan sangat cepat yang digunakan Google untuk mengolah berbagai jenis data dari berbagai layanan, termasuk data dari layanan mesin pencari berbasis internet milik mereka.

Nah setelah google barulah muncul aplikasi jejaring sosial yang anda kenal sekarang milik Mar Zuckerberg. Facebook juga menggunakan sistem database serupa dengan google untuk mengolah data jika terjadi peningkatan jumlah pengguna layanan facebook.

Dengan menerapkan sistem teknologi big data ini selama 6 tahun terakhir, facebook tidak pernah kesulitan lagi dalam menangani peredaran data yang melonjak drastic setiap harinya.

Nah itulah informasi mengenai teknologi big data yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *