Beberapa Hal Yang Perlu Dikoreksi Dari Marketing Plan Anda

beberapa hal yang perlu dikoreksi dari marketing plan anda

Dengan spirit tahun baru, coba lihat kembali marketing plan anda di tahun sebelumnya. Mungkin ada beberapa hal yang perlu diperbaiki agar promosi bisa berjalan lebih efektif. Kami yakin ada penyesuaian yang perlu dilakukan. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dikoreksi dari marketing plan anda:

Siklus penjualan

Dalam satu tahun, ada periode dimana penjualan meningkat drastis. Ada pula periode dimana penjualan cenderung sepi. Siklus tersebut berulang setiap tahunnya. Peningkatan penjualan biasanya terjadi menjelang momen pergantian tahun. Amatilah grafik penjualan yang sudah dibuat. Cari solusi untuk meningkatkan penjualan di bulan-bulan yang minim sales. Kemudian cari tahu apakah ada konsumen yang keluar dari siklus tersebut. Seseorang yang sudah menjadi langganan selama bertahun-tahun bisa saja memutuskan untuk berhenti menjadi konsumen setia. Nah, jika itu terjadi, anda perlu mencari motif atau alasan di balik keputusan tersebut.

Kompetitor

Kita tidak bisa mengoreksi kompetitor, tapi kita bisa melakukan perubahan untuk menyesuaikan diri dengan mereka. Semua perusahaan punya target untuk mengejar profit dan mereka biasanya menerapkan berbagai strategi untuk itu. Lalu, apa yang perlu dilakukan agar penjualan mengalami peningkatan seperti para kompetitor? Pertama, cari tahu metode apa yang mereka pakai tapi anda tidak pakai.

Kemudian, metode apa yang kalian sama-sama pergunakan, tapi mereka lebih ahli dalam menerapkannya? Anda juga perlu mencari tahu metode mana yang bekerja baik untuk perusahaan anda, tapi kurang efektif untuk mereka. Membuat analisis dan perbandingan perlu waktu, tapi itu tidak menjadi masalah asalkan ada outcome positif setelahnya.

Target customer

Setiap konsumen adalah entitas tersendiri. Kita bisa saja mengelompokkan mereka berdasarkan variabel tertentu, seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, dsb. Tapi di dalam marketing, setiap konsumen perlu diperlakukan secara unik. Dalam menjalankan bisnis, mengidentifikasi target audiens adalah hal yang sangat penting. Jika misalnya anda berpromosi untuk wanita berusia 20-30 tahun, ketahuilah bahwa wanita di rentang usia ini ada yang sudah menikah dan masih single. Wanita yang sudah menikah biasanya punya prioritas berbeda, jadi cara mereka membelanjakan uang juga berbeda dari wanita yang masih single meskipun usianya sama. Pelajari lebih lanjut kebiasaan mereka agar promosi yang dijalankan bisa lebih efektif.

History performa

Meski siklus penjualan sifatnya berulang, tapi tetap akan ada perbedaan jika anda membandingkan siklus tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Lakukanlah analisis mendalam jika anda mendapati ternyata penjualan lebih rendah di tahun ini dibandingkan tahun sebelumnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah daya beli masyarakat dan lambatnya pertumbuhan ekonomi.

Tapi jika problem itu tidak terjadi pada perusahaan lain, bisa jadi ada faktor internal yang mempengaruhi. Tugas anda adalah menemukan akar masalah tersebut dan melakukan koreksi. Mungkin anda pernah menerapkan metode marketing di tahun sebelumnnya dan tidak dipakai lagi di tahun ini. Analisis akan membantu anda menentukan metode mana yang works, dan metode mana yang perlu distop karena hanya meningkatkan cost operational.

History device

Rata-rata perusahaan berpromosi pada banyak platform. Itu bisa mengerti sebab konsumen setiap platform berbeda-beda. Anda perlu melakukan peninjauan seputar platform dimana anda melakukan promosi. Misalnya saja, jika promosi mobile mendatangkan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan promosi desktop, cari tahu apa penyebabnya. Anda perlu membuat statistik yang mendetail soal platform yang dipakai oleh konsumen anda. Ini bukan hanya soal jenis perangkat, tapi juga media sosial yang dipakai untuk berpromosi, seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dsb. Itu tadi beberapa hal yang perlu dikoreksi dari marketing plan anda.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.