Mengenal Tren Teknologi Industri Paling Diminati Saat Ini

Teknologi industri

Mengenal Tren Teknologi Industri Paling Diminati Saat Ini – Industri 4.0 diketahui sebagai sebuah tren teknologi di era digital yang terbaru. Ini merupakan sebuah transformasi yang memungkinkan untuk mengumpulkan dan melakukan analisa data di seluruh mesin.

Selain itu, prosesnya pun menjadi lebih cepat, fleksibel, dan efisien dalam menghasilkan produk berkualitas yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Hal ini akan mampu meningkatkan produktivitas dan mendorong pertumbuhan industri serta mengubah profil tenaga kerja yang nantinya juga ikut mengubah daya saing perusahaan.

Di tahun 2021 ini, trend industrial technology juga mengalami perubahan besar. Hal ini disebabkan oleh cara masyarakat dalam membangun dan menggerakkan ekonomi yang terus mengalami perkembangan karena globalisasi. Beberapa tren tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Hybrid Cloud

Tren teknologi pertama yang akan semakin dibutuhkan adalah hybrid cloud yang merupakan kombinasi antara private cloud dan public cloud. Umumnya, sebuah perusahaan atau organisasi akan menyimpan data sensitif menggunakan layanan private cloud, sedangkan layanan lain akan disimpan di layanan komputasi publik.

Seiring berkembangnya teknologi industri 4.0, setiap aktivitas produksi akan lebih membutuhkan peningkatan data sharing antar situs, departemen, dan perusahaan. Di saat yang sama, kinerja dari teknologi cloud pun semakin meningkat.

Bahkan, waktu responnya pun hanya membutuhkan beberapa milidetik. Dengan demikian, perusahaan yang menggunakan teknologi cloud ini memungkinan sistem produksi untuk menyediakan layanan berbasis data yang lebih banyak lagi.

Artificial Intelligence (AI)

Trend industrial technology berikutnya adalah Artificial Intelligence (AI), merupakan sebuah perangkat tambahan yang tersimpan dalam sistem dan berbentuk mesin. Teknologi yang satu ini adalah kecerdasan buatan yang bisa diatur dalam sebuah konteks ilmiah agar perangkat tertentu mampu bekerja secara maksimal.

AI umumnya digunakan untuk meningkatkan kepuasan sekaligus mempertahankan pelanggan. itu sebabnya teknologi ini dimanfaatkan untuk merancang sebuah strategi pasar dan menargetkan pelanggan (target market) yang lebih tepat sasaran.

3D Printing

Teknologi industri yang tren berikutnya adalah 3D printing. Teknologi yang satu ini memiliki kemampuan untuk memproduksi barang yang sama hanya dengan satu kali proses tanpa membutuhkan perakitan atau pengelasan.

Dengan hadirnya teknologi 3D printing ini mampu mengurangi limbah industri dengan adanya sistem daur ulang plastik yang mumpuni. Disamping itu, teknologi ini juga akan mengurangi waktu tunggu untuk transformasi dan suku cadang. 3D printing ini sangat berguna untuk proses produksi dalam skala besar. Misalnya, alat kesehatan dan mainan anak-anak.

Robotics

Trend industrial technology berikutnya yang tak kalah menariknya dan diminati oleh banyak kalangan adalah robotika. Terutama dalam industri manufaktur, kinerja mesin robotika ini tidak bisa diragukan lagi. 

Walau belum sepenuhnya mampu membaca interaksi manusia, misalnya dalam hal membaca ekspresi wajah atau kontak mata. Namun, kemampuannya dalam pengenalan suara dan gambar serta kemampuan analisisnya sudah cukup baik. Sehingga, teknologi robotics diklaim mampu menjalankan tugas yang bahkan terlalu kompleks untuk dilakukan oleh manusia.

Augmented Reality (AR)

Teknologi industri berikutnya yang booming adalah penggunaan Augmented Reality (AR). Teknologi yang satu ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk membuat dan menguji suatu produk dalam dunia virtual sebelum produk tersebut diproduksi.

Simulasi produk tersebut diprediksi mampu memberikan efisiensi waktu dan kualitas produk yang lebih baik. Dengan demikian, pengguna akan memiliki pengalaman yang lebih baik. Contohnya adalah perusahaan Flex yang menggunakan teknologi AR sebagai solusi remote working efek pandemi Covid-19.

Internet of Things (IoT)

Tren teknologi berikutnya yang diprediksi akan booming dan menjadi prioritas industri adalah pemanfaatan Internet of Things (IoT). Dengan perkembangannya yang pesat dan keunggulannya yang semakin meluas, teknologi yang satu ini mampu memberikan nilai plus bagi industri dengan cara kemampuan dalam membuat suatu keputusan yang terukur dan tepat.

Sebuah perusahaan yang menggunakan data real time dari IoT ini berupaya meningkatkan efisiensi dan memperbaiki kualitas produknya. Selain itu, teknologi IoT juga menawarkan manajemen pemantauan jarak jauh serta pemeliharaan prediktif. Dengan adanya hal ini tidak salah jika teknologi IoT menjadi sangat berharga bagi perusahaan.

Perkembangan industri 4.0 dan adanya pandemi Covid-19 membuat munculnya beberapa tren teknologi industri dengan jumlah peminat yang cukup tinggi. Harapannya, dengan hadirnya tingkat teknologi yang semakin pesat mampu menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan lebih efisien. 

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet. Bookmark the permalink.

Comments are closed.