Pengaruh Perkembangan Perusahaan yang Menggunakan Digital Marketing

Di era sekrang ini, hampir segalanya terhubung oleh hal ajaib bernama internet. Kehadiran internet di tengah-tengah masyarakat seolah mengubah semuanya. Contohnya berkomunikasi, zaman dahulu jika ingin berkabar dengan teman atau saudara di kota yang berbeda, Anda harus menulis surat dan harus menunggu balasanya berhari-hari. Namun, setelah adanya internet, jangankan hanya berkabar melalui tulisan, Anda pun bisa langsung menatap wajahnya di layar ponsel Anda.

Begitu juga dengan dunia bisnis, di era yang serba digital ini, secara langsung ataupun tidak langsung menggeser sedikit demi sedikit teknik marketing atau pemasaran dan menuntut para pelaku bisnis untuk mengikuti perkembangan zaman. Di zaman inilah, teknin pemasaran cara modern diperkenalkan. Tenik kekinian itu bernama digital marketing, lantas, apa yang dimaksud dengan digial marketing ini?

Apa Itu Digital Marketing?

Apa Itu Digital Marketing
Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran secara digital bisa diberi arti usaha pemasaran atau pengenalan produk dengan memanfaatkan media elektronik/internet. Menurut ahli Heidrick & Struggless, digital marketing merupakan pemanfaatan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang sangat berpengaruh.

Digital Marketing meruapakn salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan yang dilakukan, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Pada tahun 2018, Indonesia menepati posisi 6 untuk negara pengguna internet terbanyak, dan ini diprediksi akan meningkat setiap tahunnya. Dapat dipastikan digital marketing di Indonesia memiliki peluang besar.

Melalaui digital marketing, berbagai macam cara bisa Anda gunakan untuk menawarkan produk atau jasa Anda. Di sinilah Anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen Anda secara online. Calon konsumen pun dapat melihat bermcam-macam penawaran Anda di web/blog, sosial media seperti WA, facebook, Instagram, Line, bahkan Twitter, bergantung Anda mempromosikannya di mana. Dari media itulah Anda dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan Anda.

Perlu Anda ketahui, pemasaran secara digital yang baik adalah yang memiliki gambaran jelas tentang marketing yang mendukung tujuan penawaran sekaligus penjualannya. Hal ini bergantung pada tujuan stategi pemarasan Anda. Jika Anda adalah seorang digital marketer, Anda bisa membuat kampanye produk Anda melalui media yang lebih besar, entah melalui media yang berbayar atau yang gratis sekalipun.

Lalu seberapa pentingnya perusahaan menggunakan digital marketing ini sebagai salah satu cara menawarkan produk atau jasa mereka?

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing 4.0? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Pentingnya Perusahaan Menggunakan Digital Marketing

Pentingnya Perusahaan Menggunakan Digital Marketing
Pentingnya Perusahaan Menggunakan Digital Marketing

Pada dasarnya, tentu pegiat bisnis sudah bawasannya marketing adalah usaha mereka untuk memeperkenalkan dan menawarkan produk atau jasanya. Melihat semakin canggih dan berkembangnya dunia internet dan teknologi dari hari ke hari, membuat semua hal berallih ke dunia digital. Begitupun Marketing Online atau digital marketing yang semakin marak dan tentunya memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Di era sekarang, jika sebuah perusahaan tidak mengikuti cara-cara marketing zaman modern ini, sudah dipastikan perusahaan itu akan sulit berkembang dan tertinggal dengan pesaing-pesaingnya yang sudah lebih maju.

Mengapa digital marketing saat ini memiliki peran yang sangat penting untuk sebuah perusaahan atau pegiat bisnis? Ada beberapa point yang memebuat digital marketing ini sangat penting

1. Mudah Terhubung dengan Konsumen

Marketing adalah cara mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Digital marketing ini sangat penting untuk membangun komunikasi perusahaan Anda dengan konsumen. Komsumen akan lebih meraka dihargai jika pelayanan perusahaan cepat. Anda juga bisa memlakukan promosi kepada konsumen dengan cepat jika ada produk baru.

Terlepas dari platform apa yang Anda gunakan untuk digital marketing, perusahaan Anda bisa menerapakan strategi omnichannel yaitu memadukan digital marketing dengan cara marketing konvensional. Berdasarkan riset yang dirilis oleh Investp, cara ini dapat meningkatkan engagement konsumen hingga 89%.

2. Fleksibel

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran di dalam dunia digital marketing.

Beberapa cara yang bisa Anda dilakukan antara lain

  •  Content Marketing,
  • SEO (Search Engine Optimization),
  • Paid Search Marketing,
  • Big Data Analytic,
  • Marketing Automation,
  • Mobile Marketing,
  • Social Media Marketing

Dengan adanya banyak cara yang bisa dilakuakn di dalam dunia digital marketing, pemasaran produk bisa menjangkau pasar yang lebih luas dibanding dengan marketing konvensional.

3. Mampu Melacak Perilaku Konsumen

Sudah sepantasnya, Anda sebagai pelaku bisnis harus mengetahui bagaimana selera pasar, apa yang sedang tranding, dan apa yang dibutuhkan konsumen. Maka Anda perlu melacak semua itu, untuk melacak bagaimana perilaku konsumen, Anda bisa menggunakan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

AI ini dapat mengolah data konsumen dalam jumlah besar. Survey online yang dilakukan oleh Forrester’s Global State of Artificial Intelligence mengatakan, 57% perusahaan yang menggunakan AI untuk membantu meningkatkan pelayanan perusahaan kepada konsumen. Jadi sekitar 44% peningkatan penjualan dari produk yang ditawarkan, berkat penggunaan AI sebagai alat pelacak perilaku konsumen.

Itu beberapa point pentingnya digital untuk perusahaan. Kemudian, bagaimana pengaruh Perkembangan Perusahaan yang Menggunakan Digital Marketing?

Pengaruh Perkembangan Perusahaan yang Menggunakan Digital Marketing

Pengaruh Perkembangan Perusahaan Menggunakan Digital Marketing
Pengaruh Perkembangan Perusahaan Menggunakan Digital Marketing

Sudah dapat dipastikan, kalau marketing itu sangat memengaruhi untuk perkembangan perusahaan. Karena, marketing memanglah cara untuk menggaet konsumen agar menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda. Ini akan berarti untuk kemajuan perusahaan Anda, karena dari sini, perusahaan Anda memeroleh pemasukan dan pamor atas brand yang Anda jual.

Adanya digital marketing tentu saja sangat berpengaruh untuk perusahaan Anda. Selain Anda bisa dengan cepat dan mudah mempromosikan produk dan jasa Anda, Anda juga dapat menjangkau konsumen yang sulit Anda jangkau dengan cara konvensional.

Lalu, bagimana dengan pengaruh digital marketing terhadap perkembangan perusahaan?
Ada beberapa pengaruh yang ditimbulkan oleh digital marketing terhadap perkembangan perusahaan, berikut pengaruhnya:

1. Menghemat Biaya Promosi

Salah satu pondasi dalam perusahaan adalah uang. Jika Anda dapat menekan biaya dalam mempromosikan produk Anda, tentu ini akan menguntungkan perusahaan Anda. Dengan adanya digital marketing, Anda tidak lagi harus mengeluarkan biaya promosi untuk membuat selebaran brosur, pamflet, poster, dan sejenisnya. Promosi melalui internet adalah cara paling murah untuk dapat mengundang konsumen.

Biaya promosi minim namun dapat dipastikan keuntungan Anda akan bertambah. Tentu ini adalah hal baik untuk perkembangan perusahaan. Karena jika dilihat-lihat, promosi melalui media konvensional terhitung mahal, Anda harus membayar pajak yang tentunya tidak sedikit. Jadi digital marketing adalah langkah bijak untuk menekan pembiayaan perusahaan terhadap kegiatan promosi produk.

2. Semakin Kompetitif di Era Digital

Menggunakan digital marketing dalam mempromosikan barang atau jada perusahaan Anda bisa memberikan nilai tambah untuk perusahan. Salah satunya adalah, perusahaan Anda akan dipandang semakaian siap dan kompetitif untuk menghadapi era digital seperti sekarang ini. Citra perusahaan Anda pun akan meningkat, bahkan bisa menjadi jalan keberhasilan dalam melakukan kerjasama dengan perusahaan besar nantinya.

3. Menjual sekaligus Membangun Brand Awarness

Media sosial meruapakan salah satu bagian yang cukup vital dalam dunia digital marketing. Memahami apa yang sedang viral sekarang merupakan kewajiban yang harus dimiliki oleh Anda pelaku bisnis. Beberapa media sosial yang sekarang sering digunakan ada IG, Twitter, LinkedIn, Facebook, Twitter, dan yang sedang naik daun YouTube. Fitur-fitur di berbagai media sosial tersebut bisa Anda gunakan untuk kegiatan digital marketing Anda.

Memiliki teknik copywriting juga sangat penting, di mana penulisan Anda harus memiliki esensi menjual yang sangat kuat. Anda dapat juga membuat konten-konten menarik di media sosial perusahaan Anda untuk lebih menarik calon konsumen, seperti games, kuis, give away dan lain-lain. Ini bisa menaikan brand awarness yang perusahaan Anda miliki.

4. Memperluas Pangsa Pasar

Marketing konvesional mungkin bisa menjangkau pangsa pasar tentu, namun dengan digital marketing, Anda bisa melebarkan jangkauan pangsa pasar Anda. Salah satu keajaiban internet yakni dapat menjangkau ke berbagai daerah, pelosok sekalipun. Dengan menggunakan digital marketing, Anda juga berkesempatan mendapat konsumen yang jika secara konvensional belum tentu bisa Anda capai.

Itu beberapa pengaruh digital marketing terhadap perkembangan perusahaan. Mungkin ada beberapa perusahan yang bangkrut karena tidak mengikuti perkembangan era digital.

Baca Juga: The Power of Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Contoh Kasus Perusahaan yang Bangkrut Akibat Tidak Menggunakan Digital Marketing

Contoh Kasus Perusahaan yang Bangkrut Akibat Tidak Menggunakan Digital Marketing
Contoh Kasus Perusahaan yang Bangkrut Akibat Tidak Menggunakan Digital Marketing

Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa contoh kasus akan pentingnya pengaruh perkembangan perusahaan yang menggunaka digital marketing.

1. Kebangkrutan Toko Ritel

Toko-toko ritel yang banyak gulung tikar di zaman sekarang. Banyaknya toko online lah yang memengaruhi kebangkrutan toko ritel. Bagaimana tidak, disaat toko ritel ajeg dengan jualan di toko dengan marketing yang tidak berkembang, seperti hanya memasang spanduk, pamflet, poster atau sebagainya sebagai media promosi mereka. Sedangkan, pedagang online, dengan gencara menawarkan produknya melalui berbagai macam media sosial.

Di era yang serba canggih ini, orang-orang akan lebi tertarik membaca media online dari pada membaca media cetak. Dari sini, bisa dilihat ketidak siapan toko ritel dalam mempersiapkan guncangan era digital. Membuatnya tertinggal satu langkah dibelakang dalam mempromosikan produknya.

2. Kebangkrutan Nokia

Salah satu brand ponsel yang sangat terkenal di era 2000an, harus menyerah karena gempuran teknologi yang begitu pesatnya. Nokia dulu begitu jumawa dengan Osnya. Hingga mereka tidak mampu menganalisis perilaku konsumen kedepannya. Menolak tawaran Android untuk mengisi OS pada ponselnya, adalah kesalahan fatal yang pernah Nokia lakukan. Kurangnya inovasi menjadi salah satu masalh besar yang dihadapi nokia.

Sebagai perusahaan besar sudah seharusnya melakukan analisis pasar, tentang minat konsumen, selera konsumen, dan kebutuhan konsumen. Ini membuktikan bahwa media sosial sebagai digital marketing sekaligus analisis terhadap minat konsumen sangat dibutuhkan.

3. Mundurnya Sony Dari Pasar Ponsel di Indonesia

Sony merupakan brand ponsel raksasa dari Jepang. Kiprahnya dalam dunia teknologi tidak usah diragukanlagi. Namun, beberapa tahun silam, Sony memilih menarik diri dari pasar ponsel Indonesia. Menjamurnya posel asal tiongkok yang menawarkan harga murah dengan spesifikasi bagus, membuat Sony kalah saing di Indonesia bahkan dunia.

Ini diakibatkan, Sony kurang jeli melihat apa yang dibutuhkan oleh masyrakat sekarang. Mereka terlalu enggan untuk tidak mengikuti trend desain ponsel zaman sekarang. Perlunya melihat pangsa pasar inilah yang membuat digital marketing sangat dibutuhkan untuk mempertahankan sebuah perusahaan.

Itulah beberapa pembahasan mengenai apa itu digital marketing,pentingnya digital marketing, dan pengaruh Perkembangan Perusahaan yang Menggunakan Digital Marketing. Jika Anda adalah pelaku bisnis, Anda wajib menggunakan digital marketing sebagai alat promosi barang atau jasa perusahan Anda. Demi perusahaan yang lebih baik kedepannya.

This entry was posted in Technology and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *