Masa Depan Media Sosial Akan Seperti Apa?

Masa Depan Media Sosial Akan Seperti Apa

Media sosial memiliki masa depan yang cerah seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan internet. Fenomena-fenomena baru seperti Facebook dan Instagram akan terus bermunculan. Itu juga mendorong semuanya untuk bersaing lebih ketat. Masa depan internet marketing via media sosial akan seperti apa? Kita hanya bisa memprediksi, tapi keputusan berada di tangan masing-masing perusahaan.

Facebook kemungkinan akan berganti tampilan lagi, begitu pula dengan media sosial yang lain. Prediksi ini merujuk pada beberapa perubahan yang sudah-sudah. Instagram juga baru-baru ini merubah tampilannya. Itu tidak lain untuk menjaga agar konsumen tidak  merasa bosan. Jika anda ingin tahu masa depan media sosial akan seperti apa, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Personalisasi

Media sosial memberikan semakin banyak fleksibilitas kepada para penggunanya untuk mengatur tampilan akun mereka. Kita bisa melihat perubahan ini pada beberapa platform, seperti Instagram dan Twitter. Ke depannya fitur personalisasi akan lebih banyak diberikan, jadi anda bisa mengatur tampilan akun anda sesuai dengan keinginan. Anda bisa menentukan tipe konten yang ingin ditampilkan pada news feed.

Anda juga bisa mendisable kolom komentar seperti yang sudah disediakan oleh Instagram. Personalisasi memberikan banyak keuntungan. Selama ini media sosial identik dengan berkurangnya privasi. Tapi seiring waktu, perusahaan mulai melihat betapa pentingnya memberikan privasi kepada pengguna. Fitur-fitur baru tersebut dirancang agar pengguna bisa lebih personal dalam mengelola akunnya.

Iklan berbayar

Facebook Ads termasuk inovasi baru. Sekarang fitur serupa juga bisa ditemukan di media sosial lain. Jika anda ingin lebih terkenal, maka anda perlu membayar. Sebenarnya paid advertising bukan hal yang baru, tapi ke depannya hal-hal seperti ini akan menjadi semakin lumrah. Jadi persiapkanlah budget lebih untuk melakukan promosi online sebab semuanya akan serba berbayar nantinya. Namun begitu, bukan berarti yang gratis tidak ada lagi. Hanya saja jika anda ingin mengembangkan bisnis dengan cepat, iklan berbayar adalah pilihan yang paling tepat.

Monopoli

Beberapa platform yang sudah punya nama kemungkinan akan berusaha semakin menguasai pasar. Google adalah salah satu perusahaan IT yang terus melebaran sayapnya ke berbagi bidang. Untuk saat ini, yang paling berpotensi menyamai capaian Google adalah Facebook. Facebook sudah mengakuisisi Instagram, salah satu platform terpopuler saat ini. Jika Facebook sukses untuk menaungi beberapa platform populer lain, maka posisi perusahaan ini akan semakin kuat. Dan jika semua media sosial tersebut disatukan, tentu user experience juga akan meningkat. Kita akan merasa lebih nyaman saat memakai media sosial yang terintegrasi antara satu sama lain.

Segmentasi

Seiring dengan semakin banyaknya platform-platform baru bermunculan, kita juga akan melihat adanya segmentasi. Faktanya media sosial tidak bisa memenuhi kebutuhan semua konsumen. Sosmed seperti Snapchat punya fans yang sangat spesifik. Snapchat dikenal karena keunikannya dalam menampilkan feed video. Hal yang sama juga ditawarkan oleh Vine dan yang lainnya.

Semua platform ini mencoba untuk menjaring target audiens yang lebih spesifik agar mereka lebih cepat berkembang. Karena menjadi spesialis di nichenya, media sosial tersebut juga menawarkan fitur unik yang jarang ditemukan pada platform lain. Dengan segmentasi seperti ini, pengguna media sosial akan memiliki lebih banyak pilihan. Mereka bisa menginstal aplikasi yang sesuai dengan interest. Diversifikasi adalah salah satu cara untuk meng-counter monopoli yang coba dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Realitas virtual

Apa jadinya ya jika fitur realitas virtual dihadirkan pada media sosial? Hanya ada satu kata untuk mengungkapkannya, yaitu Keren! Inovasi realitas virtual sudah mulai booming beberapa tahun terakhir, ke depannya fitur ini akan lebih mutakhir dalam pengembangannya. Itu tadi sekilas tentang masa depan media sosial.

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *