Fitur-fitur Instagram Yang Perlu Anda Ketahui

Instagram merupakan salah satu aplikasi photo sharing terpopuler. Anda bisa menginstalnya pada Smartphone yang dimiliki. Tidak hanya punya fanbase besar, tapi aplikasi ini juga punya segudang fitur keren. Selain foto dan video, yang terakhir Instagram juga menambahkan Instagram Stories yang memungkinkan pengguna untuk berbagi banyak foto dan video dalam format slideshow. Dengan semua kelebihan tersebut, wajar jika Instagram menjadi raja media sosial terutama yang ada kaitannya dengan photos sharing. Kali ini kami akan berbagi fitur-fitur Instagram yang perlu anda ketahui:

Fitur-fitur Instagram yang perlu anda ketahui
image source: nextpowerup.com

Menyimpan post

Sebagai pengguna Instagram, salah satu aktivitas favorit yang sering dilakukan adalah berkunjung ke akun Instagram lain. Nah, terkadang selama periode browsing tersebut kita melihat post-post yang dirasa menarik, sehingga perlu untuk disimpan. Anda bisa memakai fitur ini untuk keperluan tersebut. Contohnya jika anda adalah pemerhati fashion, tentu sangat penting untuk mencari ide-ide baru. Nah, dengan menyimpan post yang menarik, ini bisa menjadi referensi anda nantinya.

Mengupload gambar ke Instagram Stories

Instagram Stories merupakan fitur baru yang langsung menyedot perhatian. Pengguna bisa mengupload file langsung dari galeri menuju Instagram Stories. Dengan begini, anda masih punya copy dari konten yang original, tapi tetap berbagi dengan para fans.

Mengirim post kepada user lain

Bersosialisasi di Instagram merupakan hal penting terlebih jika akun yang dimiliki populer atau punya banyak penggemar. Nah, jika anda ingin berkomunikasi dengan akun lain secara personal, fitur ini adalah jawabannya. Anda bisa berbagi video dan foto dengan pengguna lain tanpa harus mempublikasikannya kepada khalayak.

Boomerang

Gif atau gambar animasi juga merupakan salah satu tren dunia maya saat ini. Membuat gif sendiri dan mengkustomisasinya sesuai dengan ide yang dimiliki bisa membuat ketagihan. Berkaitan dengan hal tersebut, ada satu fitur Instagram yang bisa dipergunakan, yaitu boomerang. Iya, Instagram sekarang mengijinkan penggunanya untuk memposting boomerang pada feed atau story.

Melihat kompilasi video

Fitur Instagram yang satu ini bisa ditemukan pada halaman Explore. Disana terdapat tombol video permanen yang letakkan di sebelah atas. Bagi anda yang sering berbagi konten video, fitur ini akan membantu pengguna lain menemukan akun anda. Coba tekan tombol tersebut, akan muncul halaman baru yang memutar berbagai video yang disarankan. Jika video pertama sudah selesai diputar, akan dilanjutkan dengan saran video berikutnya. Untuk melewati video, silakan sapu halaman ke atas.

Sentuh dan tahan gambar

Sebagai salah satu situs photo sharing terpopuler, Instagram selalu melakukan penyegaran terkait fitur dan tampilan. Salah satu fitur terbaru adalah menyentuh dan menahan gambar. Buka saja salah satu foto di Instagram, kemudian sentuh dan tahan selama beberapa detik. Berikutnya gambar atau foto tersebut akan membesar dan muncul beberapa pilihan, seperti Like / Unlike, Comment, dan Send as Message. Jika ini dilakukan pada halaman Explore, maka bagian Comment tidak akan muncul, melainkan diganti oleh View Profile. Menurut kami, fitur ini sangat praktis dan menghemat waktu, jadi anda patut mencobanya. Dengan sering meninggalkan like pada akun lain, ini bisa membantu meningkatkan jumlah like pada halaman anda.

Follow dari Search

Fitur ini juga dirancang untuk kepraktisan. Jadi anda tidak perlu repot-repot mengunjungi akun tertentu untuk mengikutinya. Cukup temukan akun lewat fitur Search, lalu anda bisa mem-follownya. Ini juga bisa membantu meningkatkan jumlah follower. Pakailah deskripsi headline yang menarik agar pengguna Instagram lain tertarik untuk mampir ke halaman anda.

Fitur-fitur Instagram yang perlu anda ketahui 2
image source: talentleopard.com

Draft

Draft merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuat Instagram post dan menyimpannya sementara waktu. Jika anda merasa postingan tersebut belum sempurna dan ingin diedit, anda bisa menyimpannya di draft. Fitur ini cocok buat anda yang punya banyak ide kreatif yang ingin dituangkan ke dalam post.

Top posts

Top post juga merupakan salah satu fitur Instagram yang bisa meningkatkan popularitas akun. Ada algoritma khusus yang dipakai untuk menentukan postingan yang layak dimunculkan pada daftar ini. User Engagement biasanya sangat berpengaruh. Artinya jika unggahan anda banyak menerima like dan komentar dalam waktu singkat, kemungkinan besar akan muncul pada daftar teratas.

Semakin sering masuk top post, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan follower baru. Maka dari itu, buatlah post yang menarik agar orang tertarik untuk meninggalkan like dan komentar. Jangan lupa pakai hashtag sebab ini merupakan bagian dari algoritma untuk memfilter unggahan. Memang sulit bersaing di hashtag-hashtag populer, tapi jika anda berhasil masuk dalam daftar teratas / Top Post, peluang untuk dilihat oleh pengguna lain semakin besar.

Trik menambah follower Instagram

Setelah mereview beberapa fitur Instagram, selanjutnya kita akan memberikan tips tentang cara menambah follower. Follower adalah segalanya bagi pemilik akun. Ketika punya banyak follower, biasanya kita akan lebih tertantang untuk berbagi informasi. Itu adalah hal yang wajar. Siapapun ingin foto dan video yang diunggah dilihat oleh banyak orang. Bagi anda yang tertarik untuk menambah follower, silakan ikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pakai hashtag populer. Hashtag populer yang terdiri atas satu kata biasanya punya terlalu banyak upload. Solusinya, pilihlah hashtag yang terdiri atas 2 kata atau lebih sebab biasanya hashtag yang agak panjang tidak begitu ramai upload. Dengan begitu, peluang post anda dilihat oleh orang lain juga semakin besar.
  • Utamakan follower real. Memang ada banyak jasa penambah follower Instagram saat ini. Tapi banyak dari jasa tersebut menawarkan follower bot alias palsu. Punya banyak follower seperti ini sama saja bohong sebab tidak akan meningkatkan user engagement. Akun dengan banyak follower palsu biasanya bisa dilihat dari jumlah like dan komentar di setiap unggahan. Jika ada beberapa ratus like saja padahal followernya mencapai puluhan bahkan ratusan ribu, kemungkinan ada sebagian yang fake. Banyak orang membeli follower karena alasan gengsi. Tapi menurut kami, jauh lebih baik membangun follower secara manual karena membuat akun terlihat lebih real.
  • Tinggalkan like dan komentar. Ketika browsing, jangan lupa tinggalkan like dan komentar. Tujuannya adalah agar admin dan follower akun lain mau mampir ke halaman anda. Tinggalkan komentar yang bombastis agar mereka tertarik untuk berkunjung.

Itu tadi fitur-fitur Instagram yang perlu anda ketahui.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.