Bagaimana Peluang Bisnis Penginapan Murah Virtual Hotel Operator Indonesia?

Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap penginapan murah menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Bisnis hotel ini menjadi salah satu bisnis yang semakin mudah dijangkau di era teknologi yang semakin maju seperti saat ini, yaitu dengan mencari partner kerja sama dengan Virtual Hotel Operator. Anda tidak perlu memiliki banyak pemahaman mengenai bisnis hotel, cukup dengan memiliki properti dan modal yang nantinya akan digunakan untuk dapat memulai bisnis hotel ini.

Selain sudah memiliki branding masing-masing dan cukup dikenal oleh banyak masyarakat baik di Indonesia maupun di luar negeri, melakukan kerja sama dengan penginapan murah virtual hotel operator Indonesia ini Anda juga dapat bersaing dengan hotel lain yang ada, karena Virtual Hotel Operator ini dikenal dengan biaya penginapan yang cukup murah, tentunya dengan fasilitas yang memadai, sehingga banyak memiliki peminat.

Mengenal Bisnis Penginapan Murah Virtual Hotel Operator

Mengenal Bisnis Penginapan Murah Virtual Hotel Operator
Mengenal Bisnis Penginapan Murah Virtual Hotel Operator

Virtual Hotel Operator atau yang sering disingkat dengan VHO, merupakan operator hotel yang bekerja sama dengan berbagai hotel, umumnya adalah hotel-hotel dengan tarif yang cukup murah (hotel budget). VHO cukup dikenal karena merupakan bisnis baru yang dijalankan oleh perusahaan bidang digital atau startup. Mulai berkembangnya teknologi seperti smartphone dan internet menjadi salah satu alasan hotel ini mulai berkembang, tentunya di Indonesia.

Bangunan hotel pun dapat bervariasi, mulai dari bangunan kurang dari lima lantai bahkan kurang dari 100 kamar pun bisa bergabung dan bekerja sama dengan VHO ini. Tentunya banyak manfaat yang akan diperoleh, seperti pemilik berhak menggunakan brand dari salah satu VHO ini. Sehingga hotel mereka akan cepat dikenal dan berkembang, karena sudah memiliki branding dan terkenal di berbagai negara.

Selain itu pemesanan hotel juga nantinya akan dapat dipesan secara online dan offline sesuai dengan standar masing-masing VHO. Karena dikenal dengan hotel budget, VHO ini memiliki standar hotel berbintang I, II dan III. Tentunya sangat cocok untuk para traveller yang membutuhkan hotel budget.

VHO ini memberikan proses kerja sama yang mudah serta murah bagi pebisnis yang ingin bergabung. Seperti memberikan kesempatan bagi pemilik usaha hotel yang sudah berjalan, maupun pemilik properti yang akan mengembangkan bisnis hotel untuk bekerja sama dengan VHO ini. Beberapa Virtual Hotel Operator di Indonesia yang sudah banyak memiliki peminat antara lain Airy Rooms, RedDoorz, OYO, Zen Room dan Nida Rooms.

Brand Terkenal Virtual Hotel Operator Indonesia

Brand Terkenal Virtual Hotel Operator Indonesia
Brand Terkenal Virtual Hotel Operator Indonesia

Nah untuk Anda yang ingin memulai bisnis hotel dan bekerja sama dengan VHO, berikut beberapa ulasan dari masing-masing brand terkenal di VHO:

1. Airy Rooms

Hotel yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di dengar, yaitu Airy Rooms. Airy Rooms menjadi salah satu VHO terbaik yang menyediakan hotel dengan harga terjangkau. Harga yang ditawarkan pun mulai Rp 160.000 hingga Rp 550.000. Beberapa partner dari Airy Rooms ini adalah penginapan kecil, hotel kelas menengah, hingga hotel berbintang dua. Target utama untuk pelanggan Airy Rooms ini bukan hanya untuk traveller  dengan budget rendah tetapi juga traveler kelas menengah.

Bangunan dengan dominasi warna biru muda ini sudah banyak bediri di Indonesia, karena berbagai fasilitas yang disediakan sudah cukup memadai dengan standar hotel budget. Meskipun Airy Rooms ini baru beroperasi di Indonesia, namun perkembangannya cukup pesat, banyak hotel-hotel yang mulai bergabung dengan Airy Rooms ini karena tertarik dengan banyaknya pelanggan yang dimilikinya.

2. Zen Rooms

Zen Rooms ini menawarkan hotel dengan budget rendah, mulai dari Rp.170.000 hingga Rp.660.000. Seperti tag line dari Zen Rooms ini yaitu “Travel More, Pay Less”, dapat dilihat bahwa hotel ini menyasar para traveller yang memiliki budget minim namun membutuhkan hotel yang nyaman dengan fasilitas yang memadai.

Di Zen Room ini pelanggan dapat memilih di hotel mana mereka akan menginap. Zeen Rooms sudah menyediakan berbagai macam hotel berbintang dan rumah singgah yang cocok bagi para traveller. Zen Room ini sudah berkembang di Indonesia, Filiphina, Malaysia, Singapura, Sri Lanka dan Hongkong. Pembayaran juga dapat dilakukan melalui kartu kredit, transfer bank, supermarket dan bayar di tempat.

3. OYO

Hotel VHO satu ini juga sama dengan hotel VHO yang lainnya. OYO menjadi salah satu hotel budget dengan harga mula dari Rp 115.000 hingga Rp 700.000. Pemesanan juga dapat dilakukan melalui aplikasi OYO dengan pembayaran yang mudah dilakukan untuk calon pelanggan mereka. OYO selalu memberikan penawaran dan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.

4. RedDoorz

Sesuai dengan namanya, RedDoorz ini merupakan hotel VHO yang memiliki bangunan dengan warna utama merah. Harga yang ditawarkan di RedDoorz ini pun cukup dapat bersaing dengan hotel VHO yang lainnya. Mulai dari harga Rp 200.000 hingga Rp 1.900.000 pengunjung sudah bisa menginap dengan fasilitas yang mewah seseuai dengan tipe kamar dan harga yang dipilihnya. RedDoorz juga memberikan pelayanan dan fasilitas memadai bagi para pengunjung mereka.

Sama dengan hotel di VHO yang lainnya, reservasi hotel dapat dilakukan secara online melalui aplikasi RedDoorz yang sudah bisa didonwload di Google Play Store. RedDoorz menawarkan 3 langkah pemesanan yang snagat mudah, yaitu mulai dari memilik lokasi di mana Anda akan menginap, melalukan perbandingan harha dan review hotel, kemudian pesar kamar, dengan metode pembayaran yang cukup mudah dilakukan.

Target dari RedDoorz ini adalah traveller budget dan juga traveller kelas menengah atas, karena berbagai fasilitas yang memadai sudah dimiliki oleh RedDoorz ini.

Baca Juga: Bagaimana Teknologi Informasi Meningkatkan Proses Bisnis

Peluang Bisnis Penginapan Virtual Hotel Operator Indonesia

Peluang Bisnis Penginapan Virtual Hotel Operator Indonesia
Peluang Bisnis Penginapan Virtual Hotel Operator Indonesia

Semakin berkembangnya VHO ini tidak terlepas dari munculnya gaya hidup masyarakat modern yang hobi travelling. Tentunya para traveller ini membutuhkan penginapan yang murah dengan fasilitas yang memadai, karena mereka kadang lebih memilih menginap di hotel budget saja, sehingga uang sisanya dapat digunakan untuk mengunjungi destinasi wisata lainnya. Nah dari situ muncullah peluang bisnis hotel murah dan terjangkau seperti VHO ini.

Di Indonesia sendiri banyak destinasi wisata yang cukup terkenal hingga luar negeri, banyak pula traveler dari dalam maupun luar negeri yang menjadi sasaran VHO ini. Selain itu VHO dapat dipesan secara online yang tentunya dapat memudahkan pemesan untuk menemukan hotel kita dari rumah mereka. Hal ini karena berkembangnya teknologi khususnya smartphone yang merupakan alat pemasaran VHO yang sangat memudahkan calon pemesan hotel.

Cara Kerja Virtual Hotel Operator

Cara Kerja Virtual Hotel Operator
Cara Kerja Virtual Hotel Operator

VHO ini memiliki gaya kerja yang cukup modern, mereka tidak memiliki hotel ataupun pegawai, karena konsep dasar VHO adalah rebranding bagi para pemilik properti yang ingin membangun hotel maupun pemilik hotel yang ingin bergabung. Tentunya VHO memiliki standar untuk masing-masing brand yang mereka miliki, sebelum sebuah hotel atau properti dapat bergabung dengan VHO, mereka akn mengirimkan tim pemeriksa khusus yang ditugaskan untuk memeriksa kelayakannya.

Seperti melihat dan cek kondisi bangunan, fasilitas yang tersedia, jumlah ruang kamar dan hal-hal kecil seperti layanan yang dimiliki. Setelah pengecekan dan pemeriksaan selesai, maka pemilik hotel dan VHO akan melakukan kerja sama dan mulai melakukan rebranding. Pemasaran yang dilakukan pun bersifat offline dan online yang melalui aplikasi dari masing-masing brand VHO.

Tidak hanya itu, VHO pun dapat merubah harga sebuah hotel yang sebelumnya memiliki harga tinggi dan bagus menjadi lebih terjangkau, karena mereka memang menjual hotel dengan harga yang terjangkau. Selain itu juga meningkatkan fasilitas hotel dan rutin melakukan kontrol setiap bulan untuk membuat hotel-hotel mereka menjadi layak huni dan memberikan kenyamanan bagi pelanggan setia mereka.

Kelebihan dan Kelemahan Virtual Hotel Operator Indonesia

Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan dan Kelemahan Virtual Hotel Operator

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dengan VHO, tentunya Anda harus mempertimbangkan dahulu beberapa kelebihan dan kelemahan dari VHO tersebut:

  • Kelebihan VHO

Bergabung dengan VHO tentunya memiliki banyak kelebihan yang diperoleh bagi pebisnis hotel yang masih sepi maupun pebisnis baru. VHO ini menjadi media untuk menarik pengunjung dengan lebih mudah, melalui website dan branding yang sudah cukup terkenal di berbagai negara. Setiap hotel yang bergabung dan bekerja sama dengan VHO dapat melakukan promosi hotel mereka secara gratis pastinya.

Selain itu dengan bergabung VHO, tentunya peluang pengunjung hotel akan semakin meningkat karena VHO ini tidak hanya terbatas di satu area saja, tetapi sudah banyak bermunculan di Indonesia dan luar negeri, jadi pengunjung sudah mengetahui karakteristik hotel-hotel VHO ini. Selain itu hotel akan selalu dikontrol oleh VHO, jadi sudah pasti kualitas sebuah hotel akan tetap terjaga dengan baik.

Kelebihan lainnya adalah munculnya peluang pengunjung yang akan menginap di hotel semakin tinggi karena harga hotel yang terjangkau, VHO memiliki standar tersendiri untuk harga kamar hotel yang sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh hotel. Namun VHO tetap memberikan harga terbaik untuk konsumen mereka, sehingga peluang konsumen akan meningkat. Berbagai kelebihan ini membuat pemilik hotel kelas menengah tertarik untuk melakukan kerja sama dengan VHO.

  • Kelemahan VHO

Beberapa kelebihan yang dimiliki VHO ini tentunya juga memiliki kelemahan. Diantaranya adalah harga yang murah dan terjangkau ini kadang tidak memberikan keuntungan yang besar kepada pemilik hotel. Karena adanya tuntutan kenyamanan dan pelayanan yang maksimal dari pihak VHO kepada pelanggan ini tidak sebanding dengan keuntungan yang diterima oleh beberapa pemilik hotel yang minim peminat. Seperti berada jauh dari tempat wisata maupun lokasinya yang kurang strategis.

Karena semua standar dari VHO pasti diterapkan sama sesuai dengan masing-masing brand yang dipilih oleh pemilik hotel. Jadi memang ada ketimpangan yang terjadi, antara hotel yang memiliki banyak pengunjung dan hotel yang sepi pengunjung dengan berbagai faktor yang ada. Harga sebuah kamar ini ditentukan sepihak oleh pihak VHO sesuai dengan standar yang sudah mereka miliki.

Selain itu, harga yang diberikan oleh pihak hotel kepada VHO harus lebih rendah dari harga yang ditampilkan dalam aplikasi. Nama hotel juga akan dipasarkan di bawah nama VHO, bukan nama hotel sebelumnya yang dimiliki oleh pemilik hotel. Pemilik hotel juga harus memberikan izin kepada VHO untuk menentukan standar pelayanan dan fasilitas serta menata beberapa bagian dan ruang kamar sesuai dengan nama brand VHO yang sudah dipilih pemilik hotel.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Profit di Bisnis Online

Nah itu tadi gambaran peluang bisnis penginapan murah Virtual Hotel Operator Indonesia. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

This entry was posted in News, Technology and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *