Aplikasi Teknologi Realitas Virtual Dalam Berbagai Bidang

Realitas virtual merupakan teknologi yang relatif baru. Sekarang menikmati visual 3 dimensi bisa dilakukan dari mana saja. Sebut saja Oculus Rift, perangkat yang satu ini bisa mengajak anda melihat dunia secara berbeda. Harga headset VR memang masih mahal, tapi ke depannya hargaya pasti lebih terjangkau dengan semakin banyaknya headset VR diperkenalkan. Tidak hanya di industri gaming saja, realitas virtual juga dipergunakan di beberapa bidang lainya. Apa saja?

Aplikasi teknologi realitas virtual dalam berbagai bidang
image source: youtube.com

Belanja

Online shopping merupakan aktivitas yang sangat digemari saat ini. Kemudahan untuk membeli produk di internet membuat banyak orang lebih memilih cara ini ketimbang datang ke toko untuk membelinya. Teknologi realitas virtual akan memberi lebih banyak kemudahan bagi online shoppers. Misalnya saja, konsumen bisa melihat dari dekat katalog toko bersangkutan tanpa harus datang kesana. Yang lebih keren lagi adalah mereka bisa membeli produk lewat headset. Jadi jika misalnya ada produk yang anda sukai ketika melihat daftar katalog, anda bisa membelinya secara langsung dengan menekan menu tertentu.

Astronomi

Salah satu misi ilmuwan dunia adalah mencari tahu apakah ada kehidupan di planet lain. Teknologi Realitas Virtual bisa menjadi sumber hiburan bagi astronot yang sedang menjalankan tugas. Bekerja di lingkungan yang asing bisa membuat siapapun merasa stress. Tapi dengan adanya headset VR, mereka bisa menikmati kembali suasana yang sudah lama ditinggalkan.

Oculus Rift sudah dikolaborasikan dengan peralatan motion-sensing untuk mengontrol lengan robotik. Untuk selanjutnya, teknologi ini bisa dikembangkan semakin canggih lagi, sehingga manusia bisa mengontrol robot yang berlokasi jutaan mil jauhnya. Realitas virtual juga memungkinkan kita melihat secara lebih dekat seperti apa interior dari sebuah pesawat ruang angkasa. Selama ini kita hanya tahu dari film-film saja. Tapi dengan VR, kita bisa merasakan sendiri seperti apa berada di dalamnya.

Hiburan

Salah satu aspek terpenting dari headset VR adalah hiburan. Mereka yang pernah memakai gadget ini tahu betapa uniknya pengalaman saat berada di dunia virtual. Salah satu pengaplikasian VR di dunia hiburan adalah headset untuk pengunjung theater. Mereka disuguhkan film-film berformat 3 dimensi. Dengan adanya Oculus Cinema, sekarang pengunjung bisa lebih ‘tenggelam’ ke dalam film yang ditonton. Caranya adalah dengan membuat mereka terlibat langsung di dalam scene yang terlihat pada film.

Agar sensasi terasa lebih nyata, efek suara juga dipergunakan. Tidak hanya untuk penikmat film saja, penggemar olahraga juga disuguhkan pengalaman berbeda yaitu berupa stadium virtual. Sekarang anda bisa menikmati seperti apa rasanya menonton langsung dari atas kursi penonton tanpa harus datang ke stadion bersangkutan. Bahkan industri pariwisata juga sudah mulai menerapkan teknologi satu ini. Misalnya saja, mereka disuguhi pemandangan sebuah tempat wisata lewat headset VR.

Psikologi

Peran visual sangat besar di dalam menjaga kesehatan psikis seseorang. Siapapun yang mengalami masalah kecemasan pasti akan sulit untuk berkonsentrasi pada hal-hal yang menenangkan. Headset VR bisa menciptakan lingkungan yang tentram bagi mereka yang memiliki kecemasan dan masalah psikis lain. Bahkan orang-orang yang tidak punya masalah serius pun bisa memakai perangkat ini untuk melepaskan diri dari keseharian yang membosankan. Selain kecemasan, kondisi lain yang bisa dibantu dengan teknologi ini adalah PTSD, fobia, dan serangan panik. Pasien akan dibantu untuk menghadapi rasa takut yang dimiliki pada lingkungan yang lebih kondusif.

Aplikasi teknologi realitas virtual dalam berbagai bidang 2
image source: infinityleap.com

Kesehatan

Dunia medis juga mengadopsi teknologi realitas virtual dengan cara mereka sendiri. Beberapa institusi kesehatan memakai gambar yang dihasilkan oleh komputer untuk mendiagnosa penyakit pasien serta menentukan treatment yang tepat. Realitas virtual bisa membantu meninjau gambar hasil CT scan atau ultrasound dan mengubahnya menjadi model 3D. Hasilnya bisa dipergunakan oleh dokter untuk mengetahui lokasi tumor dan melakukan operasi bedah secara lebih akurat.

Aplikasi VR lainnya bisa dirasakan langsung oleh penderita stroke. Dengan teknologi ini, pasien akan dibantu untuk meraih kembali kemampuan motorik yang hilang. Selain itu, visual yang disajikan juga bisa memperbaiki kemampuan kognitifnya. Cara ini dirasa lebih efektif dibandingkan dengan terapi fisik tradisional.

Otomotif

Produksi otomotif sudah melibatkan pemakaian simulasi virtual sejak lama. Dengan kehadiran realitas virtual, produsen bisa lebih spesifik lagi dalam meninjau tampilan internal dari sebuah mobil sebelum memasuki tahap produksi. Para karyawan juga bisa menguji prototype dari dekat dan melihat elemen-elemen yang terdapat di dalamnya. Selain itu, teknologi VR bisa menjadi bahan pembelajaran bagi mereka yang baru belajar menyetir.

Kemampuan menyetir tidak datang begitu saja. Seseorang perlu melewati proses latihan selama beberapa bulan sebab menyetir tidak hanya soal bagaimana menginjak kopling dan mengoper gigi, tapi juga bagaimana menyalip kendaraan dan rintangan lain yang berada di depan. Keamanan saat berkendara adalah hal yang sangat penting. Semua orang wajib melakukan langkah preventif agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sejarah

Mempelajari sejarah dan budaya adalah salah satu dampak positif dari penerapan teknologi VR. Banyak orang tertarik untuk mempelajari kultur dari berbagai destinasi di seluruh dunia. Dengan headset VR, kita bisa menikmati bagian dalam sebuah museum tanpa harus datang langsung kesana. Beberapa museum sudah membuat kesepakatan dengan developer untuk membuat gambar virtual yang nantinya bisa menjadi bahan pembelajaran bagi siswa atau masyarakat yang berminat.

Lalu, apa saja yang bisa ditampilkan? Apapun bisa mengingat realitas virtual pada dasarnya memindahkan pengalaman nyata ke dalam perangkat portable. Setiap museum punya koleksi yang berbeda-beda, jadi nanti pengguna bisa menikmati sensasi yang berbeda ketika melihat visual dari museum tertentu. Salah satu yang sudah berpartisipasi di dalam pengembangan VR adalah British Museum di London dan Museum of Natural History di New York City. Kini koleksi mereka bisa dinikmati secara virtual lewat Google Cardboard.

Militer

Jika anda suka bermain game bertema perang, anda tentu tahu bagaimana rasanya ketika terjun langsung ke medan pertempuran. Tentara yang hendak berperang bisa memakai teknologi ini untuk melihat simulasi virtual dari sebuah lokasi. Gambar visual disajikan dalam format 3 dimensi, sehingga mereka bisa memprediksi situasi sekitar dengan akurat.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.