Cara Meningkatkan Profit di Bisnis Online

cara meningkatkan profit di bisnis online

Tujuan utama berbisnis online adalah meraih untung. Cara apa yang dipergunakan, semua internet marketer ingin agar uang yang mereka investasikan menjadi berlipat-lipat. Anda bisa memiliki ekspektasi apa saja, tapi strategi yang tepat sangat dibutuhkan untuk mewujudkan ekspetasi tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang cara meningkatkan profit di bisnis online.

Jaga performa website

Website yang loadingnya lama akan ditinggalkan oleh para pengunjung. Semenarik-menariknya tampilan website, nilainya akan menurun drastis jika aksesnya susah. Jangan kecewakan konsumen apalagi jika mereka adalah pelanggan setia anda. Sekali atau 2 kali tidak masalah jika website down. Tapi jika ini terjadi berkali-kali, konsumen mungkin enggan berkunjung kembali dan akan mencari alternatif lain.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan website menjadi lambat, salah satunya adalah script yang bertumpuk-tumpuk sehingga perlu waktu lama untuk loading. Performa hosting juga sangat mempengaruhi. Meski website sudah optimal, tapi jika hosting sering down, website tetap akan sulit diakses. Apakah anda saat ini memakai shared hosting? Jika iya, mungkin itu penyebabnya. Lingkungan shared hosting biasanya dipakai oleh ratusan website sekaligus. Jika satu atau beberapa memakan terlalu banyak resource, ini akan mempengaruhi performa semua website.

Tingkatkan kualitas konten

Konten masih menjadi hal terpenting dalam bisnis online. Kita bisa mendorong seseorang untuk membeli produk secara persuasif. Sebagian besar waktu kita saat online dihabiskan untuk membaca. Dengan begitu, kita juga punya standar sendiri soal konten berkualitas. Artikel berkualitas akan membuat pembaca antusias, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk membacanya sampai akhir. Ini bisa membantu meningkatkan penjualan.

Optimasi mobile

Jangan hanya fokus pada pengguna desktop saja sebab pengguna mobile juga mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir. Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama manusia, jadi anda perlu memperluas promosi secara mobile. Hampir semua bisnis perlu menyesuaikan diri dengan mobile optimization. Kita disarankan untuk membuat website yang mobile-friendly. Seperti kita tahu, tampilan website akan terlihat berbeda jika dilihat lewat Smartphone. Saat membacanya, kita seringkali harus zooming dan ini cukup merepotkan. Dengan membuat website lebih responsif / mobile-friendly, pengunjung tidak perlu lagi zoom-in atau zoom-out saat ingin membaca konten website.

Terima berbagai opsi pembayaran

Cara ini juga efektif untuk meningkatkan profit. Tidak semua orang menjadi klien bank BCA, BRI, atau Mandiri. Beberapa orang biasanya setia pada satu bank saja. Keterbatasan dalam opsi pembayaran bisa membuat seseorang membatalkan pesanannya. Transfer lintas bank memang bisa, tapi transfer ke sesama bank jauh lebih instan dan bisa dicek secara real-time. Berkaitan dengan hal tersebut, sebaiknya anda men-support banyak opsi pembayaran agar konsumen merasa terbantu.

Selain pembayaran lewat bank lokal, anda juga bisa menerima pembayaran lewat payment processor online, seperti Paypal, Google Wallet, dsb. Ada banyak opsi pembayaran, sebaiknya sesuaikan dengan target konsumen. Pembayaran lewat kartu kredit juga bisa, tapi sebaiknya tingkatkan dulu keamanan website sebelum menerima transaksi ini. Sudah banyak kejadian dimana kartu kredit konsumen dibobol setelah melakukan transaksi online. Siapapun tentu ingin menjaga kepercayaan pada pelanggannya.

Tingkatkan konversi penjualan

Konversi penjualan rasio perbandingan antara traffic dan sales / penjualan. Jika misalnya anda berpromosi di Facebook Ads, kemudian setelah campaign selesai tidak ada penjualan sama sekali, itu artinya nilai konversi = nol. Tentukanlah target yang benar-benar spesifik agar konversi penjualan meningkat. Program periklanan PPC umumnya menyediakan fitur filter agar pembaca iklan lebih tertarget. Manfaatkanlah fitur tersebut sebab dengan menampilkan iklan pada mereka yang benar-benar tertarik, potensi penjualan akan jauh meningkat. Itu tadi cara meningkatkan profit di bisnis online.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.