Bagaimana Teknologi Berpengaruh Terhadap Bisnis

Bagaimana teknologi berpengaruh terhadap bisnis

Teknologi hadir dalam berbagai aspek kehidupan manusia, salah satunya berkaitan dengan profesi dan usaha. Bisnis tidak akan semaju sekarang jika karena bukan karena teknologi. Komputasi data jauh lebih mutakhir saat ini dibandingkan beberapa tahun lalu. Kehadiran internet juga menjadi salah satu bukti betapa teknologi sudah mencapai level yang sangat tinggi.

Internet memungkinkan kita bertatap muka dengan orang-orang yang jaraknya ribuan kilometer. Proses transaksi juga bisa dilakukan dengan mudah. Secara umum, teknologi punya peran besar terhadap perkembangan usaha di seluruh dunia. Berikut ini adalah ulasan lebih lanjut bagi anda yang ingin tahu bagaimana teknologi berpengaruh terhadap bisnis.

Kecepatan

Dari sekian hal positif menyangkut teknologi, kecepatan adalah salah satunya. Contoh termudah adalah kecepatan transfer data lewat internet. Baru beberapa tahun lalu kita baru punya dial up yang bisa dibilang sangat lelet. Tapi kini sudah ada internet broadband yang menawarkan akses internet berkali-kali lipat. Yang terbaru adalah 4G LTE dengan kecepatan hingga ratusan Mbps. Bisa dibayangkan, kecepatan seperti ini memungkinkan kita streaming video berkualitas HD tanpa buffering.

Transfer data lewat media Bluetooth dan perangkat lainnya juga jauh lebih instan. Atau mungkin anda masih ingat betapa lambatnya komputer jadul memproses data, bahkan habis satu puntung rokok pun, loading masih belum selesai. Tapi sekarang, baik komputer, laptop, Smartphone, dan perangkat lainnya sudah punya prosesor ultra cepat. Dengan hadirnya teknologi, dunia seakan berada di dalam genggaman. Meeting bisa dilakukan lewat layar komputer, transfer antar merchant bisa dilakukan lintas negara, dan kita pun lebih mudah mencari pelung bisnis di luar sana.

Produktivitas

Teknologi meningkatkan produktivitas kita. Otak merupakan organ terpenting dari tubuh manusia dan perlu diasah agar tidak kehilangan kemampuannya. Dengan penelitian yang begitu kompleks dan panjang, otak manusia secara tidak langsung menjadi terasah. Tidak mudah untuk membuat software maupun hardware. Ada komponen-komponen individual yang perlu waktu lama untuk membuatnya.

Mengoperasikan software pun tidak mudah. Memang ada beberapa yang dirancang untuk novice user atau pengguna pemula, tapi software dengan kompleksitas tinggi perlu skill untuk menggunakannya. Jadi dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa teknologi membuat otak manusia semakin berkembang dan ini akan berdampak baik pada produktivitas kita. Siapa yang tidak ingin punya karyawan produktif? Perusahaan akan cepat maju kalau semua karyawannya cerdas dan berdedikasi terhadap pekerjaan yang diberikan.

Globalisasi

Teknologi juga salah satu pendorong terjadinya globalisasi. Target audiens kita tidak lagi hanya orang Indonesia saja, tapi juga masyarakat dari seluruh penjuru dunia. Sudah banyak perusahaan yang melakukan ekspansi ke berbagai negara. Anda mungkin sudah akrab dengan resto cepat saji seperti KFC atau sejenisnya. Restoran modern seperti ini tumbuh dengan subur di Indonesia, terutama di kota-kota besar.

Siapapun bisa terlibat di dalam transaksi global, tidak hanya negara-negara tertentu saja. Jika anda punya produk yang layak berkompetisi di kancah internasional, coba saja lakukan ekspor. Produk apapun bisa dijual keluar asalkan anda tahu pangsa pasar yang tepat. Ingatlah bahwa kompetisi sangat ketat dewasa ini, jadi anda perlu melakukan analisa sebelum menargetkan pasar asing.

Inovasi

Teknologi mendorong adanya inovasi. Tren di masyarakat bisa berubah sewaktu-waktu. Perusahaan harus mampu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Perusahaan yang tidak mampu berinovasi akan tertinggal di belakang, sehingga resikonya adalah kebangkrutan. Dalam bidang gadget misalnya, beberapa vendor yang pernah merajai pasar dengan ponsel QWERTY-nya saat ini sudah tidak terdengar lagi gaungnya karena digilas oleh persaingan.

Ponsel pintar atau smartphone adalah raja komunikasi saat ini. Perusahaan yang mampu berinovasi dengan ponsel layar sentuh adalah mereka yang menguasai market share. Bukan tidak mungkin tren Smartphone akan berubah dalam beberapa tahun ke depan. Jadi perusahaan harus sigap dalam membaca situasi dan melakukan inovasi yang diperlukan. Semoga sekarang anda paham bagaimana teknologi berpengaruh terhadap bisnis.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.