Aneka Peralatan Teknologi Komunikasi Tradisional dan Modern

Teknologi komunikasi

Aneka Peralatan Teknologi Komunikasi Tradisional dan Modern  – Media komunikasi mengalami tingkat kemajuan yang pesat. Hal ini bisa dilihat berdasarkan hadirnya berbagai peralatan komunikasi teknologi mutakhir saat ini. Selain canggih dan modern, peralatan-peralatan tersebut memudahkan pengguna dalam menjalankan aktivitas hariannya. Sebagian orang mungkin hanya terpaku pada kehadiran ponsel yang semakin canggih saja.

Faktanya, banyak sekali peralatan teknologi di bidang komunikasi yang telah digunakan mulai zaman dahulu hingga sekarang. Bahkan, sebagian peralatan tradisional tersebut masih digunakan hingga saat ini. Beberapa peralatan komunikasi berteknologi modern dan tradisional tersebut diantaranya adalah:

Smartphone

Communication technology modern yang pertama adalah smartphone atau telepon genggam. Ini merupakan teknologi yang semakin dibutuhkan oleh semua kalangan. Dulu, mungkin hanya kalangan tertentu saja yang mampu memiliki perangkat modern ini.

Namun saat ini, kalangan menengah ke bawah pun mampu membelinya karena harganya yang lumayan terjangkau. Dengan alat canggih yang satu ini, Anda bisa melakukan panggilan atau menerima panggilan, mengirim sms, mendengarkan musik, menonton video, bahkan melakukan akses internet dan sosial media.  

Komputer

Teknologi komunikasi berikutnya yang wajib dimiliki oleh masyarakat modern adalah komputer. Ini merupakan alat komunikasi dan media untuk mendapatkan informasi serta pengolah data yang bisa digunakan untuk penyimpanan data. Saat ini, teknologi komputer tidak hanya sebatas PC, ada pula teknologi nirkabel seperti notebook, laptop, dan netbook.

Koran

Dulu, keberadaan koran selalu dinantikan setiap pagi atau petang oleh masyarakat pada umumnya. Ini merupakan alat komunikasi dalam bentuk tulisan dan gambar untuk menyampaikan informasi terkini secara masal. Namun, dengan hadirnya teknologi di bidang komunikasi yang semakin canggih membuat keberadaan koran semakin jarang dibutuhkan.

Televisi

Hadir sejak dahulu hingga kini, communication technology yang satu ini memang merambah ke semua kalangan. Hampir setiap rumah bisa dipastikan memiliki televisi karena fungsinya yang mampu memberikan informasi yang bersifat massal dengan cepat, seperti halnya koran. Perbedaannya terletak pada penyampaiannya yang dalam bentuk audio visual.

Telegraf

Salah satu media komunikasi tradisional yang memiliki fungsi untuk mengirim pesan jarak jauh melalui media kabel, radio, dan listrik adalah telegraf. Walau sudah banyak ditinggalkan, namun beberapa kalangan masih menggunakan telegraf yaitu di bidang militer dan pelayaran.

Surat

Alat komunikasi tradisional berikutnya yang sempat menjadi andalan sebagian besar orang adalah surat. Ini merupakan teknologi komunikasi yang berguna untuk saling berbagi informasi, menyampaikan atau mencari tahu kabar mengenai keluarga, kerabat, dan teman yang jaraknya berjauhan.

Proses penyampaian informasi melalui media surat memang tergolong lama, tergantung dari jarak dan lokasi antara pengirim dan penerima surat. Walau demikian, alat komunikasi yang satu ini masih digunakan hingga saat ini untuk keperluan perusahaan atau perkantoran.

Radio

Walau termasuk sebagai communication technology tradisional, keberadaan radio masih dibutuhkan hingga saat ini. Media komunikasi yang satu ini mampu memberikan informasi, caranya adalah mentransmisikan gelombang elektromagnetik ke ruang angkasa.

Untuk proses menyebarkan komunikasi dan informasi melalui radio dibutuhkan alat berupa pemancar dan penerima yang memiliki antena. Selain itu, radio juga membutuhkan peralatan seperti pengeras suara pada penerima dan mikrofon pada pemancar.

Faksimile

Teknologi komunikasi berikutnya yang kerap digunakan di perkantoran dan perusahaan adalah faksimile. Media komunikasi yang satu ini memiliki fungsi untuk mengirim dan menerima informasi melalui telephoto.

Dengan faksimile, Anda bisa mengirim salinan data berupa gambar atau tulisan ke mesin faksimile yang berada di lokasi lain melalui saluran telepon. Untuk proses pengirimannya tidak membutuhkan waktu lama, yaitu hanya selang beberapa menit saja. 

Telepon Kabel

Alat komunikasi berikutnya yang sudah digunakan sejak dulu hingga sekarang adalah telepon kabel. Walaupun di rumah tangga sudah jarang yang memilikinya, namun alat yang satu ini masih dibutuhkan di perkantoran atau perusahaan.

Dengan telepon kabel ini Anda bisa berkomunikasi suara secara langsung dengan orang lain walaupun jaraknya berjauhan. Dulu, cara berkomunikasi seperti ini sangat membantu dan dirasa lebih nyaman dibandingkan dengan menggunakan media surat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin meningkat, beberapa media komunikasi tersebut ada yang telah ditinggalkan dan ada pula yang masih digunakan hingga saat ini. Walaupun demikian, keberadaan teknologi komunikasitersebut sangat membantu dalam mendapatkan dan menyampaikan informasi dari jarak yang berjauhan.

This entry was posted in Internet. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *