Bagaimana Teknologi Berkembang?

Bagaimana Teknologi Berkembang

Apa bukti teknologi sudah berkembang sedemikian pesatnya? Ada banyak contoh nyatanya. Misalnya saja jaringan telepon. Ide soal komunikasi seluler belum terbayang di dalam benak kita beberapa tahun lalu. Tapi fast forward ke masa sekarang, hampir setiap orang sudah memiliki Smartphone. Kita tidak lagi bergantung dengan telepon rumah untuk berkomunikasi.

Cara berkomunikasi telah mengalami perubahan yang signifikan. Orang jaman dulu berkomunikasi dengan bertatap muka secara langsung. Kebiasaan itu memang masih terjaga hingga sekarang, tapi opsi berkomunikasi jauh lebih beragam saat ini. Smartphone contohnya, memungkinkan kita menghubungi satu sama lain meskipun terpisah jarak dan waktu. Kemudian, kita juga bisa memakai email sebagai alternatif untuk berkomunikasi. Hampir semua inovasi yang ada sekarang belum populer beberapa dekade lalu. Ini menunjukkan bagaimana teknologi berkembang dengan begitu pesatnya.

Era komunikasi modern

Smartphone mengubah cara manusia berkomunikasi. Fungsinya lebih dari sekedar media untuk berkomunikasi. Di dalamnya terdapat ratusan aplikasi dengan fungsi yang berbeda. Contoh mudahnya adalah aplikasi Note atau catatan. Dulu sebelum kehadiran perangkat teknologi seperti komputer atau laptop, mencatat harus secara manual. Pulpen dan kertas merupakan 2 alat yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia.

Menulis terkesan tidak efisien jika dibandingkan dengan apa yang Smartphone tawarkan. Namun begitu, meski mengetik sudah menjadi bagian penting dari keseharian kita, menulis juga masih tetap kita lakukan. Smartphone memungkinkan kita bertatap muka langsung dengan lawan bicara, yaitu dengan video call. Dan lagi-lagi, internet merupakan faktor pendukung dalam metode komunikasi yang satu ini.

Era digital

TV sudah dikembangkan sejak puluhan tahun lalu. Sebelum ada TV berwarna seperti sekarang, lebih dulu ada TV hitam putih. Hanya dalam beberapa dekade saja, kualitas layar TV sudah jauh meningkat. Dari yang dulunya buram dan kabur, sekarang layar TV sudah berkualitas HD dengan paparan gambar yang jernih dan tajam. Tidak sampai disitu, sekarang sudah ada inovasi lain, yaitu streaming video. Pemakaian TV lebih ditujukan untuk kebutuhan rumahan, alasannya karena ukurannya besar serta perlu instalasi.

Sekarang kita tidak perlu khawatir ketinggalan program favorit sebab apa yang ditayangkan di layar televisi juga bisa dilihat lewat laptop. Hal ini dimungkinkan dengan adanya akses internet super cepat 4G LTE. Akses data wireless seperti ini bisa membantu kita melihat konten video darimana saja. Jadi anda tidak harus menenteng TV plasma kemana-mana. Cukup dengan tablet, Smartphone, atau laptop, anda bisa menikmati program TV favorit Contoh nyata lainnya adalah menikmati musik. Mungkin anda masih ingat betapa populernya kaset berpita beberapa tahun lalu.

Untuk mendengarkan musik dari penyanyi favorit, kita perlu mempersiapkan tape dan kasetnya. Sekarang kaset seperti itu sudah menjadi berita lama. Penggantinya adalah CD yang berbentuk kepingan. Bahkan CD pun mulai kehilangan pamor manakala streaming hadir di sekitar kita. Iya, untuk mendengarkan musik, kita tidak perlu lagi membeli kaset atau CD. Cukup berlangganan Spotify, Apple Music, atau layanan sejenisnya, anda bisa mendengar koleksi musik dari berbagai artis favorit.

Era nirkabel

Dulu hampir semua perangkat membutuhkan kabel untuk menggunakannya. Tapi coba lihat sekarang, ada mic wireless, headphone wireless, bahkan charging wireless. Iya, ketergantungan terhadap kabel dalam transmisi data menjadi berkurang setelah ahli IT berhasil menemukan metode komunikasi via nirkabel. Dulu jika ingin terkoneksi ke internet, kita membutuhkan layanan dial up. Namun sekarang, yang dibutuhkan adalah modem Wi-Fi yang tidak perlu kabel untuk mengoperasikannya. Sekalipun ada kabel, biasanya hanya untuk mengisi ulang daya. Hotspot Wi-Fi juga sudah semakin menjamur. Kita tidak perlu lagi pergi ke lokasi tertentu untuk bisa memakai internet sebab banyak perusahaan menyediakan Wi-Fi gratis kepada para konsumennya.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.