5 Teknologi Pembuatan Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 adalah vaksin yang sedang digunakan oleh para tenaga kesehatan di indonesia untuk memutuskan mata dari rantai penyebaran virus yang sedang melanda kita saat ini. Pernahkah anda bertanya apa saja kemajuan atau teknologi yang di pakai untuk Pembuatan Vaksin Virus ini.

Namun Sebelum membahas apa saja teknologi yang dikembangkan untuk membuat vaksin Covid-19 sebainya kita membahas apa itu virus Covid-19. Virus ini disebut dengan nama Corona yang di ambil dari kata mahkota, nama ini diambil dikarenakan virus Corona mempunyai mahkota di sekitar tubuhnya.

Sebenarnya pembuatan vaksin virus ini sama saja dengan proses dan teknologi yang dipakai pada pembuatan vaksin – vaksin lainnya. Selama ini telah hadir berbagai jenis dari vaksin virus ini yang dikatakan mampu untuk mencegah penularan virus diatas.

Akan tetapi belakangan ini Vaksin untuk virus yang satu ini sedang menyita banyak dari perhatian. Disebabkan oleh kehadiran vaksin yang diharapkan mampu untuk melawan virus yang melanda berbagai negara dari tahun 2019. Untuk melanjutkan pembahasan di awal yaitu teknologi pembuatan vaksin covid-19 silahkan disimak

Teknologi Pembuatan Vaksin Covid-19

Ahli ilmu farmasi dari Oregon State University, Amerika Serikat, Prof Taifo Mahmud mengatakan ada 2 jenis teknologi pembuatan vaksin yaitu teknologi klasik dan terbaru. Teknologi klasik telah berhasil mengembangkan banyak sekali vaksin untuk virus yang menular dari dulu.

Teknologi klasik ini menggunakan virus utuh yang dilemahkan atau dimatikan, dengan kata lain vaksin yang dibuat oleh teknologi ini menggunakan cara naktivasi virus untuk melawan virus lagi, pembuatan dengan cara ini telah digunakan dan menghasilkan vaksin jenis Sinovac dan vaksin Sinopharm.

Selain 2 teknologi pengembangan vaksin diatas ada beberapa lagi teknologi yang lumayan efektif untuk mengembangkan dan membuat beberapa jenis vaksin. Silahkan disimak

1. Teknologi VLP

Teknologi VLP atau dikenal juga sebagai Virus like Particles memakai cara pengembangan zat atau semacam virus yang strukturnya hampir mirip atau bahkan mirip dengan virus yang ingin ditemukan vaksinnya. Namun vaksin tidak memiliki genom dari virus yang ingin dilawan.

2. Teknologi Vaksin Viral Vector

Tidak berbeda jauh dengan cara membuat vaksin dengan teknologi klasik, cara pengembangan ini membuat virus melawan virus yang lain, cara ini dikembangkan oleh beberapa produsen vaksin seperti Astrazeneca, Janseen, dan Gamaleya.

3. Teknologi mRNA

Sementara itu beberapa vaksin seperti Moderna, Pfizer, hingga CureVac menggunakan teknologi pengembangan messenger RNA. Jenis vaksin dikembangkan dengan teknologi ini memiliki cara agar membuat antibodi yang akan menghalau dan mengenali covid-19, dengan cara memasukkan kedalam tubuh protein spike yang dimiliki oleh covid-19.

4. Teknologi Pengembangan Dengan Protein Subunuit

Protein subunuit adalah protein hasil rekayasa genetik yang meniru protein alami yang terkandung pada Covid-19, setelah protein yang menyerupai virus masuk kedalam tubuh, protein akan memicu tubuh untuk membuat antibodi yang mampu menghalau virus atau juga hal yang hampir mirip dengannya.

Setelah tubuh membuat antibodi yang baru dan dapat menghalau virus dan juga dapat mencegah infeksi pada tubuh. Salahsatu produsen pengembangan vaksin yang memakai teknologi ini adalah vaksin yang bernama novavax.

5. Teknologi Pengembangan Menggunakan Antigen Presenting Cells (APC)

Satu lagi yang nggak kalah penting untuk kita ketahui adalah teknologi pengembangan yang satu ini. Disebut dengan Antigen presenting Cells (APC). Adapaun cara kerjanya yaitu dengan menggunakn sel monosit pada manusia, lebih jelasnya silahkan lihat penjelasan berikut.

Pertama sel monosit akan dipisahkan kemudian dipindahkan dari spike untuk diambil darah dan diletakkan di tabung untuk sel monosit, agar dibiakkan menjadi sel dendritik. Adapun sel monosit ini merupakan bagian dari sel-sel tubuh manusia.

Setelah sel dendritik dibuat, sel dendritik akan diperkenalkan dengan antigen yang sudah disiapkan. Setelah itu Tergantung pada kita ingin mengembangkan vaksin jenis apa. Misalnya, untuk mengembangkan vaksin bagi penyakit kanker maka menggunakan antigen kanker atau yang lain sesuai dengan vaksin yang akan dibuat.

Metode pengembangan ini disebutkan sedang di gunakan untuk pengembangan vaksin yang berasal dari indonesia sendiri, dengan cara ini perekonomian indonesia mungkin akan pulih setelah terlandanya indonesia dengan pandemi ini.

Prakata

Jenis teknologi apapun yang akan digunakan, jenis jenis ini dikembangkan untuk satu hal tujuan yang akan merubah dunia yang sedang dilanda dengan pandemi dan virus yang sangat kuat ini. Seperti yang sudah kita ketahui Covid- 19 datang pada akhir tahun 2019 dari china dan melanda banyak negara didunia ini.

Sekian saja semoga bermanfaat bagi kalian yang menginginkan pembahasan tentang teknologi yang dipakai untuk membuat vaksin Covid-19 dan bagi kalian yang mencari materi untuk interview pada perusahaan biofarma semoga bermanfaat bagi semua.

This entry was posted in Technology. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *