Tips Memilih VGA Card yang Tepat Untuk Bermain Game

tips memilih vga card_4

VGA adalah kependekan dari Video Graphic Adaptor yang berfungsi untuk membuat operasi yang terjadi pada sebuah PC bisa ditampilkan pada layar. Tanpa VGA PC tidak bisa terhubung dengan monitor, dan alat pendukung lainnya. Jenis VGA sendiri ada yang onboard yakni menyatu dengan mainboard PC ada juga jenis VGA tambahan yang terpisah. Penggunaan VGA yang terpisah biasanya adalah VGA dengan jenis spesifikasi lebih tinggi yang akan mendukung Anda dalam menjalankan aplikasi multimedia yang membutuhkan orientasi gambar yang lebih tinggi. Untuk kali ini kita akan membahas mengenai tips memilih VGA card gaming yang terbaik untuk Anda.

  1. Pilih GPU yang tepat

Cara memilih VGA card untuk gaming yang pertama adalah memilih GPU terbaik. GPU sendiri adalah kependekan dari Graphic Processing Unit yakni inti atau otak dari graphic card atau VGA itu sendiri. Dengan VGA yang memiliki tingkat kinerja GPU yang baik dan tinggi bisa membuat pekerjaan dari prosessor utama pada PC menjadi lebih ringan. GPU yang sudah menggunakan kecepatan tinggi atau core yang tinggi maka kualitas GPU tersebut juga akan semakin tinggi pula. Tips memilih VGA card ini sangat penting karena pada game tertentu membutuhkan GPU yang cukup tinggi. Pada masa sekarang ada dua merk GPU yang bersaing menguasai pasar VGA gaming di dunia. Merk tersebut adalah Nvidia serta Ati Radeon.

  1. Memilih core speed

Untuk cara memilih VGA terbaik bisa dilakukan dengan memilih kecepatan dari Graphic card yang akan dibeli. Tips memilih VGA card ini dilakukan karena jika kecepatan dari graphic atau core speed graphic semakin tinggi maka kualitas VGA akan semakin baik. Dengan demikian, game-game yang berat akan bisa dimainkan. Pada core speed sendiri ada beberapa mode yakni base mode dan bost mode. Kita bisa lihat kedua hal ini pada contoh GPU MSI Nvidia GeForce GTX970. Pada GPU ini base mode memiliki kecepatan 1102 MHz dan mode Bost sebesar 1241 MHz. Jika dilihat dari kecepatannya VGA ini sudah cukup baik.

  1. Pilih kapasitas memori pada VGA

Tips memilih VGA card adalah dengan memilih ukuran memori pada VGA seperti 512, 1 GB hingga 12 GB. Fungsi dari memori ini adalah sama dengan fungsi RAM yang ada pada komputer utama. Memori dari VGA ini akan berfungsi sebagai penyimpan data sementara yang sebelumnya telah diproses oleh GPU. Baru berikutnya data tersebut akan ditransfer menuju RAMDAC dimana dalam RAMDAC tersebut data akan diolah menjadi bentuk visual. Baru setelah ini, Anda bisa melihat hasil data dalam bentuk gambar yang ada pada monitor. Data tersebut sendiri bisa ditransfer menggunakan kabel DVI, VGA, dan juga HDMI.

Pemilihan VGA pada sebuah PC yang akan digunakan untuk gaming sangat penting. Selain jika menggunakan VGA biasa akan membuat game tidak bisa dimainkan, penggunaan GPU dengan kemampuan tinggi juga akan membuat kerja dari otak komputer yang utama lebih ringan. Sehingga prosesor tidak mudah padas atau juga rusak. Tips memilih VGA card adalah sangat penting dilakukan agar kita bisa mendapat VGA dengan kualitas terbaik.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Hardware and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.