Cara Mengatasi SD Card HP Android yang Tidak Terbaca

Bagi kamu yang sering melakukan transfer file dengan teman terutama menggunakan kartu memori eksternal atau sd card, mungkin pernah atau bahkan sering mengalami error dimana micro sd atau kartu memori hp android tidak terbaca? hal ini tentu saja sangat mengesalkan bukan? apalagi jika kamu memang butuh sekali untuk transfer file tersebut. Hal ini memang seringkali terjadi dimana kartu memori tidak bisa digunakan untuk memindah file karena tidak terbaca atau tidak terdetek. Peran memori eksternal memang sangat penting untuk sebuah smartphone meskipun sekarang ini sudah banyak atau sebagian besar smartphone pasti memiliki memori internal yang besar. Memori eksternal tetap dibutuhkan untuk menyimpan file besar atau aplikasi dengan ukuran yang besar karena ini bisa memperluas space memori internal. Mari kita simak cara mengatasi SD Card HP Android yang tidak terbaca berikut ini.

Jika kamu mengalami error kartu sd tidak terbaca, tenang saja tidak perlu khawatir, ada banyak cara memperbaiki sd card hp android yang tidak terbaca. untuk penyebab kenapa ini terjadi tentu saja ada banyak penyebab, seperti kartu memori yang kotor? atau bisa jadi karena virus file yang ada pada kartu memori tersebut. hal ini wajar terjadi pada memori eksternal dan untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan beberapa cara simpel berikut ini:

Bersihkan Kartu Memori
Langkah pertama untuk memperbaiki kartu sd yang tidak terbaca di hp android adalah dengan membersihkan kartu memori, caranya mudah sekali, kamu hanya perlu membersihkan bagian yang berwarna emas atau gold pada bagian depan memori card. bagian tersebut merupakan bagian penting dan apabila kotor karena debu maupun kotoran, kemungkinan besar akan membuat memori jadi rusak sehingga memori hp android tidak terbaca di laptop atau PC. kamu bisa membersihkan dengan tisu kering untuk mempermudah kamu dalam membersihkan kotoran yang menempel.

Format SD Card
Selain mengatasinya dari segi fisik, kamu juga perlu untuk mem formatnya, formatlah semua file yang ada di kartu memori tersebut apabila memang tidak ada file yang terlalu penting, hal ini sering dilakukan terutama apabila kartu memori rusak tidak terbaca karena terserang virus. untuk cara format memori card di hp android juga sangatlah mudah, kamu hanya perlu membuka menu pengaturan lalu klik storage, dan klik erase sd card.

Cek Dulu Memakai Laptop
Cara ketiga untuk mengatasi memori card android yang tidak terbaca adalah dengan mengeceknya dengan pc atau laptop. ini penting sekali sebelum kamu benar benar melakukan tindakan format data atau cara lain, pastikanlah apakah kartu memori benar benar error? caranya mudah, kamu bisa menggunakan laptop atau pc untuk mengeceknya kenapa memori card hp android tidak terbaca, cobalah hubungkan adroid dengan pc menggunakan kabel data dan masuk ke windows ekslporer, klik kanan pada sd card dan klik eject lalu coba lagi.

Itulah beberapa cara mengatasi SD Card HP Android yang tidak terbaca atau memperbaiki memory card hp android yang tidak terbaca saat disambungkan ke pc atau laptop. Semoga dengan cara diatas memori card hp android kamu bisa normal dan terbaca lagi ya.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Gadget. Bookmark the permalink.

Comments are closed.