Teknologi Canggih Asli Buatan Indonesia

Di tengah gempuran produk-produk dari luar, industri teknologi di Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya. Meski masih banyak yang perlu disempurnakan, tapi setidaknya kita tahu bahwa banyak dari putra-putri kita memiliki potensi dan layak untuk mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah. Berikut ini adalah beberapa teknologi canggih asli buatan Indonesia.

Wakamini

Wakamini merupakan tablet dari produsen komputer lokal Zyrex. Tablet yang bisa diputar 180 derajat ini punya layar berukuran 10 inci, sementara untuk sistem operasinya adalah memakai Windows 7 Home Premium dan Ultimate. Tak lupa fitur layar sentuh juga tersedia disini. Beberapa spesifikasi utamanya antara lain Intel Atom N450 1,66 Ghz, Ram 1 GB, serta kapasitas penyimpanan internal 250 GB. Tablet ini tidak begitu berat, hanya 1,35 kg saja. Dengan ukurannya yang cukup ringkas, anda bisa dengan mudah membawanya kemana-mana. Fitur wi-fi dan webcam juga sudah ada, jadi bisa dipakai untuk video call.

Teknologi canggih asli buatan Indonesia
image source: kutublain.blogspot.co.id

Mobil Esemka

Mobil yang sempat tenar di masa pemerintahan Jokowi ini merupakan hasil karya anak bangsa yang masih duduk di bangku SMK (tepatnya merupakan gabungan dari 12 SMK jurusan otomotif). Produksinya tidak dilakukan sendiri, melainkan dibantu oleh bengkel kiat motor Klaten. Seri pertamanya adalah Esemka Rajawali yang diproduksi oleh siswa dari SMK negeri Surakarta dan SMK warga Surakarta. Spesifikasi yang ditawarkan adalah mesin berkapasitas 1500 cc, multi point injection 4 silinder, dengan kemampuan sebesar 5500rpm dan torsi 145 Nm pada 4.100 rpm.

Interiornya pun cukup lebar karena bisa menampung 7 orang sekaligus. Tidak sampai disitu, kerjasama ini terus berlanjut dengan lahirnya Mobil Esemka Rajawali R2 yang tidak kalah keren dibanding generasi sebelumnya. Mengusung mesin 1600 cc, mobil ini punya banyak fitur canggih seperti Anti Lock Brake System, SRS Air Bag, Electronic Brakeforce Distribution. Namun dari segi interior, mobil ini hanya dirancang buat 5 orang saja. Masih ada banyak varian keren lainnya, seperti Esemka Surya, Esemka Zhangaro, Esemka Hatchback, Esemka Digdaya I dan II, Esemka Bima 1.1, 1.3, dan 1.5.

Smartphone lokal

Demam produk luar sepertinya tidak akan pernah surut, bahkan mungkin anda menyangka brand-brand berikut ini juga berasal dari luar. Tahu Evercoss, kan? Ternyata pabrikan ponsel ini berasal dari indonesia. Banyak yang kepincut karena namanya yang Inggris, tapi nyatanya perusahaan yang dulunya bernama Cross Mobile ini asli Indonesia. Namun meski begitu, beberapa komponen internalnya masih memakai produk dari Jerman dan Tiongkok.

Mito Mobile juga ternyata asli Indonesia. ini termasuk brand yang gencar melakukan promosi. Jadi jangan heran jika mereka berhasil menjadi salah satu top brand di Tanah Air. Perusahaan yang berdiri sejak 2006 ini sudah memproduksi begitu banyak ponsel yang harganya cocok untuk kantong masyarakat kebanyakan. Masih ada produk lokal lain yang mungkin anda sendiri pernah memakainya, seperti HiMax dan Advan.

Teknologi canggih asli buatan Indonesia 2
image source: geevv.com

Geevv.com

Jika anda ingin mencoba mesin pencari hasil karya anak bangsa, coba saja Geevv.com. mesin pencari buatan mahasiswi bernama Azka A. Silmi ini lebih dikhususkan untuk kegiatan sosial. Menurut pembuatnya, layanan ini adalah Social Search Engine, bukan Local Search Engine. Maksudnya adalah ketika ada kata yang diketikkan di dalam kolom pencarian, akan terkonversi secara otomatis menjadi sumbangan yang nilainya Rp 10.

Uang yang terkumpul akan disalurkan ke berbagai event sosial yang ada hubungannya dengan pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan. Untuk menjalankan layanan yang sudah punya 200 ribuan user tersebut, Azma tidak bekerja sendiri, melainkan dibantu oleh beberapa rekan bernama Andika Deni Prasetya, Hana B. Adiningsih, Janu Prasetya, Mugi Silih Mulyadi, dan M. Ichlas. Semuanya menjalankan tugas yang berbeda-beda.

Itu tadi beberapa teknologi canggih asli buatan Indonesia.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.