Aplikasi Kecerdasan Buatan Sering Digunakan Sehari-Hari

Sudahkah kamu familiar dengan istilah Artificial Intelligence atau yang disingkat dengan Al? Artificial Intelligence merupakan kecerdasan buatan dimana 10 tahun yang lalu masih menjadi bahan guyonan di masyarakat. Namun anehnya, kini hampir setiap kehidupan masyarakat tidak lepas dari aplikasi kecerdasan buatan.

Secara singkat, kecerdasan buatan merupakan kecerdasan yang ditambahkan oleh manusia ke dalam suatu sistem teknologi yang diatur dan dikembangkan dalam konteks ilmiah dan merupakan bentukan dari kecerdasan entitas ilmiah yang ada. Jika kamu berpikir kecerdasan buatan harus berbentuk robot dan benda-benda mati lainnya itu salah, kini secara sederhana kecerdasan buatan bisa kamu gunakan dalam bentuk aplikasi.

Kegiatan Sehari-hari Yang Melibatkan Aplikasi Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence (Al) atau kecerdasan buat menekanankan pada sebuah teknologi yang mampu bekerja dan berekasi seperti manusia, teknologi tersebut nantinya akan bisa memahami bahasa manusia secara natural mulai dari mengenali wajah, bahasa, dan lain-lain. Keberadaannya memang ditujukan secara khusus untuk mempermudah kehidupan manusia.

Hingga kini kamu mungkin tidak mengetahui jika sudah ada banyak sekali aplikasi kecerdasan buatan yang secara tidak sadar sudah kamu gunakan. Nah, oleh sebab itu berikut ini kegiatan sehari-hari yang melibatkan kecerdasan buatan beserta dengan contoh aplikasinya.

  • Menggunakan GPS

Jika kamu sedang berada di luar daerah yang asing, tentu GPS menjadi solusi utama agar kamu tidak tersesat kan? GPS yang merupakan kepanjangan dari Global Positioning System adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menentukan letak sebuah lokasi dengan bantuan penyelarasan sinyal dari satelit. Oleh sebab itu GPS mampu mengetahui jalur tercepat dan bebas macet yang akan direkomendasikan untukmu.

Berkat kecerdasan buatan yang sudah ditanamkan ini, sekarang kamu juga bisa mengetahui ketika ada kecelakaan ataupun informasi untuk menghindari jalur ganjil-genap. Canggih banget kan? Nah, contoh dari aplikasi berbasis GPS yang sering digunakan saat ini adalah Google Maps ataupun Peta yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Play Store maupun App Store.

  • Memesan Ojek Online

Generasi milenial tentu sudah tidak asing lagi dong dengan aplikasi ojek online? Siapa sih sekarang yang tida pernah mengendarai ojek online? Jika dulu kamu harus meemukan pangkalan ojek terdekat, kini ojeklah yang akan menghampirimu. Selain bisa digunakan untuk memesan ojek online saat hendak berpergian, kamu juga bisa memesan makanan menggunakan aplikasi ojek online.

Aplikasi ojek online yang kini seringkali digunakan seperti Gojek dan Grab memang sangat membantu kebutuhan manusia. Aplikasi ini secara pintar mampu mendeteksi supir yang lokasinya berada dekat denganmu, mengalkulasi total pembayaran, dan merekomendasikan restoran yang sesuai dengan lokasi, bahkan makanan kesukaanmu. Canggih banget ya?

  • Berbelanja Online

Banyaknya media sosial yang sudah dialih fungsikan sebagai sarana untuk memasarkan produk membuka peluang bagi para pembuat kecerdasan buatan untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk berbelanja tanpa perlu pergi ke tokonya langsung. Hal ini sudah bisa dibuktikan dengan budaya konsumtif masyarakat saat ini yang sudah serba digital dan online. Mau apapun kini tinggal klik di smartphone dan menunggu barang yang dipesan datang.

Baca Juga : Aplikasi Teknologi Realitas Virtual Dalam Berbagai Bidang

Ulah siapa lagi jika bukan kecerdasan buatan? Sistem berbelanja online memang sudah tidak bisa dipungkiri telah membantu kehidupan manusia. Sebab saat ini banyak sekali masyarakat yang tidak sempat berbelanja langsung karena kesibukan dan hal lainnya. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk berbelanja online saat ini adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Buka Lapak, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Mendengarkan Musik

Apakah benar mendengarkan musik termasuk dalam kecerdasan buatan? Jawabannya tentu iya! Dulu saat kamu ingin mendengarkan musik kamu mungkin hanya bisa mendengarkannya di radio atau mp3 dimana lagu yang ingin kamu dengar harus didownload terlebih dahulu secara manual bukan? Lain halnya dengan saat ini.

Kini berkat aplikasi streaming music seperti Apple Music, Joox, dan Spotify akan memberikan rekomendasi playlist yang sesuai dengan moodmu hari ini. Kamu juga tidak perlu mendownload satu persatu lagu yang ingin kamu dengarkan. Jadi aplikasi mana yang sering kamu gunakan untuk mendengarkan musik?

  • Editing Foto

Kini media sosial ramai dengan filter yang bisa merubah wajah seseorang berbeda dari muka aslinya. Beberapa aplikasi bisa merubah wajah manusia menjadi sosok lain seperti seekor harimau, anjing, maupun kucing. Selain bisa mengedit seperti itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi editing foto untuk membuat hasil bidikanmu tampak lebih menarik dengan beberapa fitur yang tersedia.

Misalnya saja kamu ingin merubah foto yang kamu potret memiliki suasana atau nuansa pada tahunn 90-an, atau mengedit langit agar tampak lebih cerah. Itu semua bisa kamu lakukan berkat kecerdasan buatan yang diciptakan dalam bentuk aplikasi editing. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah PicsArt, Lightroom, Snapchat, dan masih banyak lagi lainnya.

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan merupakan salah satu penemuan yang semakin lama akan semakin berkembang dan terus berkembang mengikuti perjalanan. Jika kamu menjumpai aplikasi kecerdasan buatan pada masa mendatang yang mirip dengan aplikasi saat ini, maka aplikasi tersebut sudah dikembangkan agar bisa sesuai dengan situasi dan kondisi di masa depan.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.