Strategi Marketing Media Sosial Di Awal Tahun

Strategi Marketing Media Sosial Di Awal Tahun

Promosi media sosial tetap harus tetap berjalan meskipun kita sudah melewati periode promosi masif di Natal dan tahun baru. Ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan untuk membuat promosi berjalan efektif. Berikut ini adalah strategi marketing media sosial di awal tahun.

Eksplor berbagai platform

Skala bisnis berbeda-beda. Tidak semua usaha punya modal operasional besar. Beberapa harus terkendala masalah biaya, jadi mereka tidak bisa berpromosi di semua media sosial. Padahal sangat penting bagi sebuah bisnis untuk berpromosi lintas platform. Tujuannya apalagi kalau bukan untuk meningkatkan brand awareness. Misalnya jika anda belum pernah berpromosi di Pinterest atau LinkedIn, sebaiknya coba kedua platform tersebut di awal tahun ini.

Efektivitas promosi di jejaring sosial berbeda-beda sebab mereka tidak hanya berbeda soal visi misi dan penyajian konten, tapi juga berbeda dalam hal demografis. Beberapa platform disukai oleh hampir semua kalangan, sementara yang lainnya lebih disukai oleh generasi milenial. Jika anda belum pernah berpromosi dengan Snapchat, Pinterest, atau Instagram, cobalah untuk memperkenalkan produk dan layanan anda disana. Siapa tahu promosi di platform-platform baru tersebut mendatangkan hasil lebih baik ketimbang promosi yang pernah dilakukan sebelumnya.

Update target audiens

Kesuksesan promosi sangat ditentukan oleh keberhasilan dalam menentukan konsumen yang tepat. Seperti yang sudah sering dibahas, konsumen berasal dari latar belakang, jenis kelamin, usia, dan lokasi yang berbeda-beda. Kita tidak bisa menyamaratakan semua konsumen terutama soal bagaimana mereka membelanjakan uang yang dimiliki. Untuk promosi yang sudah sukses, teruskan saja strategi tersebut di tahun ini. Tapi untuk promosi yang belum menunjukkan hasil, lakukan beberapa update, salah satunya adalah soal target audiens. Misalnya jika sebelumnya anda lebih menyasar konsumen berusia 20an, cobalah untuk menaikkan rentang usia tersebut sebab hasilnya mungkin akan berbeda.

Kurangi cost

Cost operasional bisa dikurangi di awal tahun. Anda bisa berhemat untuk bulan-bulan berikutnya terutama menjelang pergantian tahun. Kebanyakan perusahaan berpromosi secara jor-joran menjelang holidays atau liburan. Itu sangat bisa dimengerti sebab penjualan juga mengalami peningkatan yang signifikan selama periode tersebut. Untuk quarter 1, anda bisa start slow. Kurangi saja biaya promosi seperlunya, terutama jika penjualan tidak begitu maksimal di bulan ini.

Perbarui konten multimedia

Materi promosi biasanya menyangkut video, gambar, audio, dan yang lainnya. Karena kita sudah berada di tahun baru, sebaiknya sebagian dari materi tersebut diganti dengan yang lebih fresh. Tidak usah mengganti semuanya karena ini bisa membuat biaya membengkak. Yang penting adalah pakai daya kreativitas untuk membuat konten multimedia yang relevan untuk tahun ini. Kemudian, anda juga bisa meminta tim kreatif untuk mulai mempersiapkan materi tahun baru. Meski masih lama, ide-ide baru bisa dikumpulkan sejak dini. Dengan begitu, ketika sudah waktunya eksekusi, prosesnya akan lebih mudah dan cepat.

Catat semua hasil yang didapat

Sangat penting bagi sebuah bisnis untuk mendokumentasikan penjualan dari tahun ke tahun. Ini agar anda tahu bagaimana performa perusahaan dan efektivitas promosi yang dilakukan. Jika penjualan tidak stabil, itu adalah hal yang wajar. Catat saja titik tertinggi dan terendah dalam history penjualan. Dari sana anda bisa banyak belajar tentang metode marketing yang sebaiknya dipergunakan untuk jangka panjang dan mana yang perlu secara konstan diperbarui.

Daya beli konsumen juga merupakan faktor penting untuk diperhitungkan. Meski promosi sudah benar dan perusahaan juga dalam kondisi prima, penjualan tetap bisa menurun jika daya beli konsumen menurun akibat fluktuasi ekonomi. Pelajari semua data yang terkumpul agar anda tidak salah paham soal kinerja perusahaan dan daya beli masyarakat. Sekian informasi tentang strategi marketing media sosial di awal tahun.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.