Sukseskan Digital Entrepreneur Indonesia Melalui IDEABOX

Digital Entrepreneur Indonesia Melalui IDEABOX

Digital Entrepreneur Indonesia Melalui IDEABOX
Sumber gambar: dreamstime.com

Digital Entrepreneur Indonesia, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong pertumbuhan industri kreatif di Indonesia yang peluangnya semakin hari semaking meningkat, potensi ini terus mengalami peningkatan karena Indonesia merupakan negara yang padat penduduknya, dan mayoritas masyarakat kini sudah mengenal dan menggunakan jaringan internet. Kondisi ini tentu membawa angin segar bagi para digipreneur lokal maupun nasional untuk terus mengembangkan startup bisnis mereka hingga meluas ke mancanegara. Digital entrepreneur Indonesia sudah memiliki modal yang besar untuk dapat sukses seperti memiliki kreativitas, minat dan inovasi akan tetapi ketiga hal tersebut tidak bisa menjamin kesuksesan di masa depan tanpa adanya dukungan besar untuk mengembangkan konsep serta model bisnis, memantapkan visi serta memiliki koneksi dan ketajaman dalam membidik pasar di dalam negeri bahkan meluas sampai ke luar negeri.

IDEABOX

Mendorong pertumbuhan dan perkembangan digital entrepreneur muda yang aktif berkecimpung dalam dunia ini, Indosat sebagai bagian dari Ooredoo Group menciptakan IDEABOX yang merupakan sebuah incubator maupun akselerator startup karya para digital entrepreneur. Dengan adanya wadah ini, diharapkan startup karya anak bangsa bisa digodok dengan matang, baik dari segi visi, model bisnis, konsep, koneksi komersial, struktur bisnis sampai pendanaannya. Tapi untuk masuk dan bergabung dalam program ini tidaklah mudah, para digital entrepreuner harus melakukan pendaftaran secara online dan melalui proses seleksi yang cukup ketak dimana mereka yang lolos bisa diundang untuk ikut dalam program bootcamp dan selama program bootcamp berlangsung di Jakarta sekitar 2 hari, akan dipilih pemenang dari startup-startup untuk nantinya mengikuti program akselerasi yang diselenggarakan oleh IDEABOX selama 4 bulan.

Meluluskan Startup yang Berkonsep Inovatif

Digital entrepreneur Indonesia yang berhasil mengikuti program akselerasi di IDEABOX selama 4 bulan akan memiliki ksempatan yang lebih luas untuk membangun dan mengembangkan koneksi serta jaringan pertemanan sesama founder digital entrepreneur.

Tauseef Riaz dari Gropu Head Digital Services Indosat mengakatakn jika meskipun IDEABOX terbentuk 3 tahun yang lalu, wadah inkubatornya sudah berhasil menjadi media atau incubator bisnis yang terdepan, beberapa startup kreatif telah lulus uji dari IDEABOX seperti DEALOKA. DEALOKA merupakan salah satu dari empar startup terbaik selain Ngomik yang sukses mendapatkan suntikan dana segar dari investor asing, Shoop! yang saat ini telah digandeng Indosat sebagai platform dari e-commerce Cipika.co.id, ada juga Unyu yakni sebuah aplikasi pesan singkat yang cukup diterima dan disambut oleh netizen Indonesia.

IDEABOX telah memiliki 7 startup lulusan terbaik mereka yang telah berhasil mendirikan platform online atau membuat aplikasi dengan konsep kreatif dan juga inovatif. Startup tersebut seperti Imbalan, Indojek, Wobe, Gogonesia, Pawon serta Wifimu. Walaupun baru memulai program di putara kedua pada akhir Oktober 2014 lalu, salah satu startup yang juga adalah peserta telah mendapaktan kepastikan dari Ooredoo Myanmar, hal ini tentu memberikannya jalan untuk menuju bisnis yang lebih luas lagi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Para digital entrepreneur Indonesia yang selalu haus akan proses pembelajaran dan ingin memiliki pengalaman yang banyak dalam bidangnya tentu akan sangat menantikan dibukanya kembali program yang ditawarkan oleh IDEABOX. Dan selama menunggu, pastikan jika Anda mengasah kemampuan Anda dengan sebaik-baiknya dengan cara belajar secara langsung di perusahaan yang berkecimpung dalam dunia startup. Selamat mencoba dan semoga Anda selalu sukses sebagai digital entrepreneur muda nusantara.

 

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in News and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.