Ketahui Lebih Detail Tentang Program Sarjana Nanoteknologi

Jika kamu ingin belajar serius di bidang nanoteknologi, maka kamu bisa mengambil pendidikan program sarjana nanoteknologi di universitas yang ada di Indonesia. Mengapa belajar mengenai nanoteknologi? Jika ingin tahu lebih banyak mengapa belajar mengenai nanoteknologi, berikut ini adalah ulasannya.

Belajar Di Program Sarjana Nanoteknologi

Nanoteknologi merupakan sebuah studi yang mempelajari partikel dengan ukuran nano. Ukuran ini sangat kecil sehingga dapat memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Tidak sedikit orang yang belajar untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan belajar nanoteknologi, ada banyak bidang yang bisa di gali. Artinya akan ada banyak penelitian dan penemuan yang akan didapatkan dan pada akhirnya kamu bisa mendapatkan keuntungan penghasilan dari bidang ini.

Akan tetapi lebih dalam lagi, belajar nanoteknologi juga bisa memberikan banyak manfaat baik untuk diri sendiri ataupun untuk masyarakat secara umum. Untuk tahu lebih banyak mengenai keuntungan belajar di bidang nanoteknologi ini, berikut ini adalah ulasannya.

·       Mengapa belajar di jurusan nanoteknologi?

Seperti disebutkan sebelumnya, intinya belajar nanoteknologi akan membawa kamu untuk mendapatkan keuntungan berupa penghasilan. Akan tetapi ada lebih banyak keuntungan dan peluang yang bisa kamu dapatkan dari jurusan ini.

1.     Peluang kerja masih besar

Seperti disebutkan sebelumnya, peluang belajar di nanoteknologi masih sangat besar. Di Indonesia sendiri hanya ada 2 universitas yang memiliki jurusan mengenai ilmu nanoteknologi ini. Artinya ilmu nanoteknologi ini masih sangat jarang sehingga peluang dan potensi persaingan lebih minim.

2.     Peluang perkembangan masih luas

Hal lain yang membuat belajar di jurusan nanoteknologi sangat menarik adalah karena perkembangan nanoteknologi di Indonesia maupun di dunia masih sangat luas. Nanoteknologi merupakan ilmu yang masih sangat baru. Hal inilah yang membuat ilmu ini masih bisa dikembangkan dengan bebas dan tetap memberikan keuntungan bagi kamu.

3.     Meningkatkan kualitas pengajar di bidang nanoteknologi

Seperti disebutkan sebelumnya, universitas yang menawarkan pendidikan mengenai nanoteknologi masih sangat sedikit. Hal ini membuktikan tenaga pengajar di bidang nanoteknologi masih sangat kecil jumlahnya. Dengan belajar mengenai nanoteknologi, peluang menjadi pengajar tentu masih sangat besar.

4.     Kesempatan belajar di luar negeri

Belajar nanoteknologi juga bisa dilakukan di mana saja, bukan hanya di Indonesia. Justru dengan penelitian mengenai nanoteknologi yang masih kecil, besar kemungkinan kamu akan mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri. Baik dengan biaya sendiri atau dengan biaya dari beasiswa.

·       Peluang kerja jurusan nanoteknologi

Seperti disebutkan sebelumnya, peluang di bidang nanoteknologi masih sangat besar. Selain masih sangat besar, bidang pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari jurusan ini juga sangat banyak jenisnya. Berikut ini adalah beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu lakukan setelah lulus dari jurusan nanoteknologi ini.

1.       Peneliti

Paling mudah, setelah lulus dari program sarjana nanoteknologi adalah menjadi peneliti. Di dunia nanoteknologi Indonesia, peneliti di bidang nanoteknologi masih sangat sedikit. Hal ini membuat kamu yang memiliki impian untuk menjadi researcher menjadi lebih terbuka lebar. kamu bisa membangun klub penelitian sendiri atau bisa juga bergabung dengan organisasi peneliti nanoteknologi yang sudah ada.

2.       Entrepreneur

Selain menjadi peneliti, seorang yang belajar di bidang nanoteknologi akan memiliki peluang untuk menjadi seorang entrepreneur. Tujuan utama dari belajar ilmu nanoteknologi adalah untuk menemukan hal-hal baru yang menarik dan membantu kehidupan manusia agar lebih mudah. Nah, jika kamu memiliki ide dan memiliki kemampuan untuk membangun produk dari ilmu nanoteknologi yang kamu bangun, maka menjadi entrepreneur bisa jadi pilihan kamu.

Jangan salah, ada banyak sekali produk di pasaran yang pada umumnya dibangun dengan menggunakan teknologi nano. Salah satu produk yang sangat populer sebagai produk dari teknologi nano adalah sunblock. Tentunya masih ada banyak lagi penemuan yang bisa kamu dapatkan dari teknologi nanoteknologi ini. Jika penemuan ini bisa dijual, kamu pasti bisa menjadi entrepreneur yang beruntung.

3.       Akademisi

Seperti disebutkan sebelumnya, jika kamu memiliki rasa tanggung jawab besar di dunia pendidikan kamu bisa bekerja sebagai seorang akademisi setelah lulus dari pendidikan kamu. kamu bisa melanjutkan pendidikan dahulu untuk mendapatkan gelar S2 atau bahkan S3 lalu bisa menjadi tenaga pengajar di Indonesia atau di luar negeri.

Baca Juga : Teknologi Nano Untuk Pertanian

Pilihan karier di atas hanya segelintir jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai pemilik ilmu nanoteknologi. Selain itu, kamu juga bisa menjadi tenaga ahli bahkan menjadi seorang konsultan di bidang teknologi nano ini.

·       Di mana bisa belajar di jurusan nanoteknologi?

Nah untuk kamu yang tertarik untuk belajar mengenai nanoteknologi ini, kamu bisa belajar mengenai teknologi ini di 2 universitas di Indonesia. Ya, di Indonesia hanya ada 2 universitas yang membuka jurusan mengenai teknologi nano. 2 universitas ini antara lain adalah :

1.   Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah universitas paling tua di Indonesia. Tidak salah jika universitas ini adalah satu dari universitas Indonesia yang menyelenggarakan prodi rekayasa nanoteknologi untuk belajar.

2.   Universitas Airlangga

Akan tetapi dibandingkan dengan Universitas Indonesia, Unair atau Universitas Airlangga bisa disebut universitas paling tua untuk belajar nanoteknologi. Hal ini disebabkan karena universitas ini lebih dahulu membuat prodi rekayasa nanoteknologi untuk menampung pada siswa yang tertarik dengan program sarjana nanoteknologi ini.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.