Cross-Device Marketing Dalam Promosi Online

Strategi cross-device marketing dalam promosi online

Sebagai internet marketer yang baik, kita harus tahu arah perkembangan teknologi internet dari waktu ke waktu. Cross-device marketing sudah menjadi bagian penting dari promosi online sebab jenis perangkat digital yang beredar saat ini sangat banyak. Selain komputer dan laptop, ada pula Smartphone dan tablet. Masing-masing punya pengguna tersendiri walaupun banyak pula yang memakai semuanya secara bersamaan. Event-event besar seperti world cup atau olympics biasanya ditonton dari beragam perangkat. Jadi kita tidak bisa membuat asumsi bahwa konsumen potensial hanya berasal dari penonton tv saja.

Jutaan pasang mata juga menonton secara live streaming karena bisa dilakukan darimana saja. Maka dari itu, anda perlu memaksimalkan strategi ini agar penjualan meningkat dan brand lebih dikenal luas. Perilisan trailer film-film terbaru pun sekarang lebih sering lewat online sebab pengguna internet sudah semakin banyak. Melewatkan premiere film secara online sama saja melewatkan calon penonton potensial. Ada banyak alasan mengapa orang lebih suka streaming di laptop atau Smartphone ketimbang menonton TV. Salah satunya adalah karena lebih praktis.

Iya, streaming bisa dilakukan darimana saja asalkan ada koneksi internet. Selain itu, akses internet juga saat ini semakin murah, yang artinya kita bisa mengakses konten tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Kampanye lintas platform semakin sering dilakukan sebab pertumbuhan pengguna internet sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan ketika menerapkan strategi cross-device marketing dalam promosi online?

Tingkatkan kepuasan konsumen

Data menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen lebih menyukai konten yang sifatnya personal. Contohnya, pecinta hewan akan lebih antusias ketika mereka disajikan iklan yang di dalamnya terdapat banyak hewan-hewan lucu. Begitu pula pecinta olahraga akan lebih terhibur ketika melihat konten yang berisi cuplikan tim-tim favorit mereka.

Berdasarkan hal tersebut, sangat penting kiranya untuk membuat iklan yang kontekstual. Itulah mengapa anda perlu melakukan survei terkait demografis calon konsumen. Tujuannya adalah agar konversi penjualan meningkat. Pembuatan iklan based-on-interest seperti ini perlu diaplikasikan pada semua platform dimana anda berpromosi. Ini sangat efektif untuk meningkatkan interaksi dan penjualan.

Lakukan targeting

Ini merupakan hal yang sangat mendasar di dalam marketing. Misalnya saja, seseorang yang memiliki 3 jenis perangkat (Smartphone, tablet, dan laptop) merupakan calon konsumen anda. Menampilkan iklan yang sama setiap kali ia mengakses perangkat yang berbeda hanya akan membuang-buang uang saja. Ingatlah bahwa promosi butuh biaya. Jika anda melakukannya secara tidak efisien, anda berpotensi mengalami kerugian.

Untuk meningkatkan efektivitas, ada baiknya anda membuat beberapa variasi iklan untuk ditampilkan pada perangkat yang berbeda, sehingga pengguna yang punya banyak device tidak mudah bosan dengan iklan yang disajikan. Iklan yang sama dan berulang bisa membuat penonton kabur. Mereka kemungkinan akan men-skip iklan tersebut setiap kali tampil karena saking bosannya. Selain membuat variasi iklan berbeda, cara lain untuk mencegah kebosanan adalah dengan mengatur frekuensi tampilnya.

Memonitor atribusi

Banyak internet marketer kurang cermat dalam mempelajari atribusi karena pandangan yang tersegmentasi. Padahal dengan memaksimalkan bagian ini, konversi akan membaik dan tidak ada dana operasional yang terbuang sia-sia. Maka dari itu, anda perlu melakukan analisis dari setiap kampanye. Cari tahu bagaimana tingkah laku konsumen ketika ingin melakukan pembelian sebab seringkali mereka tidak langsung melakukan pembelian saat pertama kali melihat iklan.

Konsumen bisa saja melihat iklan pada email, kemudian mencari informasi tambahan lewat laptop. Kemudian setelah merasa yakin, mereka akan mengakses website utama lewat komputer untuk melakukan pembelian. Anda perlu mempelajari tingkah laku tersebut sebab karakteristik setiap calon konsumen berbeda-beda. Itu tadi informasi seputar strategi cross-device marketing dalam promosi online.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.