Cara Memperbaiki DVD Yang Tidak Terbaca

Ada dua kemungkinan jika DVD tidak terbaca. Yang pertama adalah terjadi kerusakan pada DVD player, dan yang kedua adalah adanya kerusakan pada kasetnya sendiri. Kerusakan DVD player sangat mungkin terjadi terutama pada produk berkualitas rendah. Ada banyak produk di luaran sana dengan kisaran harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Yang harganya murah biasanya punya kualitas di bawah rata-rata dan lebih cepat rusak. Apa yang terjadi ketika DVD player rusak?

Cara memperbaiki DVD yang tidak terbaca 2
image source: thrfun.com
  • Pertama, kerusakan bisa terjadi pada power supply atau AC matic. Jika ini yang terjadi, anda masih bisa menggantinya dengan kit regular power supply universal. Bagian lain yang rentan rusak adalah optik dan dinamo. Masalah ini bisa muncul dengan pemakaian DVD player yang intens. Alat elektronik pasti mengalami penurunan performa seiring waktu. Masalah pada optik bisa ditandai dengan sulitnya DVD terbaca, padahal kaset VCD bisa terbaca. Tanda lainnya adalah dinamo pemutar kaset tidak mau berputar. Kemudian anda juga bisa melihat lampu merah pada optik, apakah masih menyala atau tidak.
  • Kerusakan juga bisa terjadi pada kaset DVD. Jika terlalu sering dipergunakan, kaset bisa lecet. Coba arahkan kaset pada sumber cahaya, anda akan melihat dengan jelas goresan-goresan yang terdapat di permukaan kaset. Nah, untuk mengatasi masalah ini, anda bisa mencoba metode pembersihkan. Berikut ini cara memperbaiki DVD yang tidak terbaca:

Cara 1

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan antara lain kapas, minyak, dan kertas. Pertama-tama, siapkan DVD yang tergores, lalu bersihkan dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air. Ulangi proses ini 2 kali, lalu pakai kertas untuk menyerap sisa air yang terdapat di permukaan kaset.

Berikutnya olesi permukaan DVD dengan minyak sayur. Celupkan kapas ke dalam minyak, tidak perlu berlebihan, secukupnya saja. Peras sedikit, baru usapkan ke permukaan DVD. Hapus sisa minyak menggunakan kertas. Hindari menggosok-gosokkan kertas secara berlebihan sebab ini justru bisa menimbulkan goresan tambahan. Anda tidak harus membersihkan minyak hingga kering. Biarkan saja kaset sedikit lembab oleh minyak sebab ini bisa membantu agar laser membaca CD dengan lebih baik.

Cara memperbaiki DVD yang tidak terbaca
image source: hardwaresecrets.com

Cara 2

Cara kedua adalah dengan memakai software Alcohol 120%. Ini merupakan software multifungsi yang bisa dipregunakan untuk membuat virtual disk pada komputer, jumlahnya bisa sampai 31 virtual disk. Dengan software ini, anda bisa membuat clone sebuah DVD secara instan. Alcohol 120% bisa memfasilitasi instalasi game tanpa repot-repot melakukan burn. Yang perlu dilakukan hanya membuat virtual disk, kemudian file ISO game bersangkutan di-mount ke virtual disk. Program ini bisa diinstal pada berbagai sistem operasi, mulai dari Windows XP, Windows 7, hingga Windows 8.

Coba buat file ISO – image making wizard, dan lihat apakah aplikasi ini bisa membaca data yang tersimpan di dalam kaset tersebut. Pada beberapa kasus, aplikasi bisa menyelamatkan lebih dari 60% data meskipun ada sebagian yang corrupt akibat CD yang tergores. Tidak selamanya cara ini bekerja. Jika DVD rusaknya sudah parah, kemungkinan besar anda akan kesulitan untuk meng-copy data di dalamnya.

Solusinya hanya satu, yaitu merelakan data tersebut hilang. Untuk menghindari hal ini agar tidak sampai terjadi, anda perlu membuat copy ketika kaset masih dalam kondisi baik. Dengan begitu, jika DVD rusak, anda masih punya backup data untuk membuat DVD yang baru. Proses ini jauh lebih hemat waktu ketimbang me-restore data pada DVD yang rusak. Jangan lupa untuk memakai DVD player berkualitas agar kaset juga tahan lama. Itu tadi cara memperbaiki DVD yang rusak. Semoga membantu.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.