Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Apk di Google Play Store

Bagi semua pengguna smartphone khususnya android tentu paham betul kalau Google Play Store merupakan aplikasi yang sangat penting karena dari play store ini lah kita bisa mendownload dan menginstall berbagai macam aplikasi dari mulai game, aplikasi, ebook dan lain sebagainya. Ada banyak sekali aplikasi android yang ada di google play store. Selain masalah berupa google play store tidak dapat terbuka, ada cukup banyak pengguna android yang resah karena tidak bisa download aplikasi dari google play store. Ini memang sering terjadi seperti halnya error rh-01, google play store menutup sendiri dan masih banyak lagi. Ini akan jadi masalah besar apabila saat itu kamu sedang butuh banget aplikasi tersebut tapi ternyata tidak bisa kamu download.

Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Download Apk di Google Play Store

Tapi tenang, disini admin akan share bagaimana cara mengatasi google play store tidak bisa download dan install aplikasi di android dengan beberapa cara simpel yang bisa kamu coba sekarang juga cara mengatasi Android tidak bisa download Apk di Google Play Store seperti berikut ini:

Pastikan Koneksi Internet Stabil
Untuk membuka google play store itu tidak seperti saat membuka whatsapp maupun facebook lite, agar play store bisa bekerja optimal koneksi internet di hp kita haruslah bagus dan stabil layaknya saat membuka youtube maupun instagram, apabila koneksi internet kamu low atau tidak stabil, maka kemungkinan besar kamu tidak bisa mendownload aplikasi dari google play store.

Memori Internal Penuh
Hal ini juga sering dialami oleh para pengguna smartphone dimana mereka tanpa sadar ternyata sudah terlalu banyak menginstall aplikasi dan itu membuat ruang penyimpanan atau memori internal penuh. Maka dari itu tidak aneh apabila google play store tidak bisa download aplikasi di hp android. karena kalau memori internal penuh, tentu tidak ada space untuk aplikasi tersebut, apalagi kalau aplikasi yang akan kamu download itu ukurannya besar. Kalau sudah begini, maka solusi terbaik adalah dengan meng uninstall beberapa aplikasi yang tidak perlu untuk membuat memori internal memiliki ruang lagi sehingga kamu bisa download aplikasi dan install dari play store.

File Sampah atau Cache File
Perlu kamu tahu, setiap kamu selesai menggunakan aplikasi tertentu di hp android, maka itu akan menyebabkan file cache atau file sampah, dan apabila file sampah sudah menumpuk maka akan ada beberapa error pada android seperti lag atau lemot, dan yang sering juga bisa menyebabkan kamu tidak bisa download dan install aplikasi android dari google play store. Maka dari itu bersihkanlah cache file dengan menggunakan aplikasi pembersih cleaner untuk hp android seperti ccleaner dan lain lain.

Restart
Mengatasi google play store tidak bisa download aplikasi yang selanjutnya adalah dengan me restart hp android kamu. ini wajib karena setiap ada error di android, maka langkah pertama dan utama adalah kamu harus restart dulu unuk meningkatkan kinerja android atau smartphone kamu.

Coba Gunakan Wifi Untuk Download
Apabila kamu tidak bisa download aplikasi dari google play store di android dan saat itu kamu menggunakan paket kuota data internet, maka cobalah untuk menggunakan wifi sementara, bisa wifi tehtering teman atau lainnya. Ini untuk mengecek apakah bisa atau tidak, jika ternyata bisa, berarti error tersebut karena koneksi internal di hp kamu lemot, namun jika tetap saja tidak bisa padahal untuk browsing dan lainnya lancar, maka itu memang ada error pada aplikasi.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Software. Bookmark the permalink.

Comments are closed.