Bekerjasama Dengan Affiliate Marketer Untuk List Building

Bekerjasama Dengan Affiliate Marketer Untuk List Building

Affiliate marketing bukanlah hal baru di dunia bisnis online. Rata-rata internet marketer sudah pada tahu apa itu bisnis affiliasi dan bagaimana cara menjalankannya. Di dalam bisnis ini, ada pemberi dan penerima job. Anda mungkin sudah sering memposisikan diri sebagai affiliate marketer. Lalu, bagaimana jika anda berada di pihak pemberi affiliate / perusahaan? Banyak perusahaan merekrut affiliate marketer untuk meningkatkan reputasi mereka dan membangun daftar klien. Kali ini kami ingin membahas tentang tips bekerjasama dengan affiliate marketer untuk list building.

Tawarkan secara langsung

Affiliate marketer yang sudah punya nama biasanya lebih selektif dalam memilih program. Mereka seringkali hanya fokus pada offer yang memberikan benefit tinggi. Jika anda baru merintis usaha dan membutuhkan bantuan tangan terampil mereka, cobalah dekati. Tidak semua affiliate marketer dalam tahap expert. Beberapa baru merintis seperti anda, sementara yang lainnya sudah lama berada di bisnis ini, tapi masih perlu banyak belajar.

Nah, jika ada produk dan layanan yang ingin anda perkenalkan kepada konsumen, coba ajak secara personal para affiliate marketer untuk bergabung di jaringan anda. Tidak usah berpikir diterima atau tidak. Ajukan saja penawaran tersebut. Beberapa mungkin bersedia, sementara yang lainnya tidak. Asalkan ada yang mau menerima kerjasama, itu sudah menunjukkan hal yang positif. Lalu, bagaimana cara agar mereka mau diajak bekerjasama?

Pertama, kirim email perkenalan. Jangan langsung nyelonong meminta mereka untuk mempromosikan produk anda. Jika ini yang dilakukan, kemungkinan besar jawabannya adalah ‘tidak’ atau mungkin anda tidak akan mendapatkan reply sama sekali. Tips lainnya, tawarkan cross promotion. Jangan hanya anda yang meminta dipromosikan, tapi tawarkan juga promosi untuk affiliate marketer tersebut. Misalnya anda bisa menawarkan konten gratis untuk website atau yang lainnya. Jadi intinya, cross promotion adalah sejenis barter dimana dua belah pihak saling memberikan keuntungan.

Buat daftar affiliate

Ada banyak sekali affiliater yang bisa anda temukan di dunia maya. Carilah orang-orang yang nyaman anda ajak kerjasama. Affiliate dengan reputasi tinggi tidak selalu menjadi pilihan tepat sebab jika anda tidak cocok dengan mereka, konflik bisa sering muncul. Carilah affiliate marketer yang punya niche atau interest yang sama dengan bisnis yang anda kelola. Ini akan membantu memajukan perusahaan anda dengan lebih cepat. Lakukan riset untuk mengetahui target audiens.

Caranya adalah dengan manfaatkan fitur search di situs Clickbank. Cari di bagian Marketplace, lalu lihat daftar offer yang punya nilai konversi tinggi. Dari sini anda bisa mencari tahu produk seperti apa yang disukai oleh target konsumen anda. Kumpulkan informasi beberapa affiliate setiap minggunya. Kemudian sortir berdasarkan performa. Mana yang mendatangkan konversi terbaik, itu yang sebaiknya anda prioritaskan.

Tawarkan offer yang punya konversi tinggi

Offer yang berkonversi tinggi biasanya lebih menarik minat affiliate marketer sebab komisi yang mereka dapatkan juga menjadi lebih besar. Kalau perlu, di awal-awal anda bisa menawarkan komisi 100%. Lalu, bagaimana cara mengetahui rate konversi? Ada beberapa tool yang bisa dipakai untuk memonitor konversi dari landing page, salah satunya adalah Visual Website Optimizer.

Menganalisa Earnings Per Click

Anda perlu memakai data untuk menjalankan program affiliate. Salah satu indikator untuk kesuksesan sebuah program affiliate adalah Earnings Per Click. Tidak peduli niche apa yang sedang anda garap, metrik ini tetap berlaku. Dengan menganalisa EPC, anda jadi tahu offer mana yang cocok untuk terus dipromosikan dan offer mana yang sebaiknya diganti.

Formula untuk menghitung EPC adalah = komisi bersih yang dihasilkan affiliate : jumlah klik total. Harga produk merupakan variabel penting disini, begitu pula dengan refund. Misalnya jika seorang affiliate mendatangkan 20 sales ke sebuah offer, kemudian ada 5 yang meminta refund dalam rentang waktu 30 hari, maka komisi bersihnya = 15 sales x nilai komisi per sales. Sekian tips bekerjasama dengan affiliate marketer untuk list building.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.