Fakta-fakta Penting Seputar Affiliate Marketing

fakta-fakta penting seputar affiliate marketing

Bisnis affiliasi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda. Affiliate marketing merupakan salah satu niche bisnis yang masih sangat digandrungi. Banyak yang meraih penghasilan tetap dari bisnis ini. Tidak ada kata telat untuk memulai sebab peluang bisnis affiliasi akan selalu terbuka lebas semasih ada perusahaan yang perlu jasa pihak ketiga untuk mempromosikan produk mereka. Kali ini kita akan membedah lebih jauh fakta-fakta penting seputar affiliate marketing.

Jika anda ingin terjun menjadi affiliate marketer, tentukan dulu produk apa yang ingin dipromosikan. Secara garis besar, tugas dari seorang affiliate marketer adalah mempromosikan produk dan layanan dari sebuah perusahaan dengan imbalan komisi. Jadi kita bekerja sebagai salesperson untuk mereka. Untuk melacak jumlah penjualan yang didapatkan, biasanya kita akan diberikan link affiliasi. Kapanpun anda mereferensikan produk perusahaan bersangkutan, lampirkan saja link unik tersebut pada artikel. Nantinya calon pembeli yang mengunjungi website perusahaan akan tercatat di sistem. Dan jika terjadi penjualan, anda akan mendapatkan komisi sekian persen dari total order.

Semudah itukah jasa affiliasi? Konsepnya memang mudah, tapi pelaksanaannya tidak selalu. Anda harus bersaing dengan affiliate marketer lain dalam mencari konsumen. Bahkan niche yang sangat spesifik sekalipun belum tentu minim saingan. Maka dari itu, jangan anggap sepele tugas sebagai affiliate marketer. Mendatangkan visitor ke website promosi tidak mudah, apalagi mengkonversinya menjadi sales. Toko online, provider hosting, marketplace seperti amazon menyediakan fitur affiliasi. Silakan bergabung jika anda tertarik untuk meraup dollar dari sana. Supplier lokal juga banyak yang menyediakan peluang affiliasi. Berikut ini adalah beberapa fakta penting seputar affiliate marketing:

Ada peraturan soal cookies

Beberapa website menetapkan tenggat waktu tertentu agar kunjungan website berubah menjadi penjualan. Misalnya anda ingin mempromosikan hosting kepada seorang teman. Setelah teman anda mengunjungi website perusahaan lewat URL anda, maka cookies nya akan secara otomatis tercatat di sistem. Dan jika tidak terjadi penjualan selama rentang waktu yang telah ditetapkan (misalnya 60 hari), maka peluang mendapatkan komisi akan hilang.

Intinya, setiap visitor yang datang berkunjung lewat URL affiliate punya tenggat waktu selama 60 hari untuk melakukan pembelian. Jika tidak terjadi pembelian, maka komisi akan hangus. TOS seperti ini berbeda-beda antar setiap perusahaan. Ada yang menetapkan 60 hari, ada pula yang lebih lama. Jadi manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk membujuk calon konsumen untuk melakukan pembelian jika anda ingin mendapatkan komisi.

Tidak butuh modal besar

Bisa affiliasi tidak harus selalu dimulai dengan modal besar. Besar kecilnya modal bisa disesuaikan dengan kesanggupan anda. Jika anda mampu menyediakan modal memadai, silakan beli tool-tool automation untuk membantu membuat website affiliasi agar penjualan semakin meningkat. Tapi jika tidak ada dana untuk itu, silakan kelola website secara individual. Inti dari bisnis ini adalah traffic. Mau memakai tool atau tidak, asalkan website dibanjiri pengunjung, peluang terjadinya sales akan semakin besar. Semakin banyak penjualan, semakin besar pula komisi yang bisa didapatkan. Perlu diingat, mendatangkan traffic tidak harus lewat mesin pencari. Anda bisa memakai sosial media dan platform lainnya.

Tidak perlu membuat produk

Dalam bisnis ini, produk sudah disediakan. Tugas anda adalah untuk mempromosikannya. Coba jual produk dari perusahaan ternama seperti Amazon atau Clickbank. Disana ada banyak sekali produk yang bisa dijual. Affiliate marketing berbeda dengan reselling. Sebagai reseller, anda perlu mengeluarkan modal dulu untuk menyetok barang. Sementara sebagai affiliate marketer, anda hanya perlu menjadi broker antara perusahaan dan calon pembeli. Nah, itu tadi fakta-fakta penting seputar affiliate marketing.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.