Mendekatkan Diri Dengan Target Audiens Anda

Mendekatkan Diri Dengan Target Audiens Anda

Ada begitu banyak strategi marketing yang ada, tapi semuanya bermuara pada satu hal, yaitu konsumen. Setiap trik marketing pasti fokus pada bagaimana meningkatkan loyalitas konsumen dan membuat mereka membeli produk yang ditawarkan. Oleh karenanya, sangat penting bagi anda untuk mendekatkan diri dengan target audiens anda. Jangan hanya mengenal dekat para partner bisnis, tapi kenali juga orang-orang yang telah mendukung usaha anda selama ini, yaitu para konsumen. Berikut ini beberapa tips untuk lebih dekat dengan mereka.

Pelajari kompetitor

Kompetitor tidak untuk ditakuti, tapi untuk dipelajari. Di dalam dunia bisnis, kompetisi adalah hal yang tidak terelakkan. Bahkan untuk niche yang spesifik sekalipun, ada banyak internet marketer yang siap bersaing. Anda tidak bisa meminta mereka untuk berhenti bermain di niche tersebut. Sebaliknya, andalah yang harus melakukan penyesuaian agar bisa bersaing. Semua perusahaan bisa mendapatkan konsumen, hanya saja beberapa mendapatkan porsi lebih dibandingkan yang lainnya. Pelajarilah apa yang kompetitor anda lakukan. Tidak ada salahnya meniru strategi marketing mereka, tapi jangan lupa lakukan personalisasi agar promosi memberikan benefit maksimal bagi usaha anda.

Lakukan riset

Mengenali target audiens bisa dimulai dengan riset. Setiap produk punya fans masing-masing. Itulah mengapa anda perlu tahu demografis yang disasar. Produk kecantikan misalnya, harus fokus pada konsumen perempuan. Sementara produk fitness sebaiknya lebih fokus pada konsumen laki-laki sebab mereka yang lebih sering membangun otot. Ada banyak tool yang bisa dipakai untuk mengumpulkan data seputar demografis konsumen.

Jika punya dana lebih, alangkah baiknya memakai tool berbayar agar data yang dikumpulkan lebih mendetail. Selain target konsumen utama, anda juga bisa memperluas cakupan konsumen dengan mengeksplor niche-niche yang berkaitan. Jika sukses berpromosi di niche tersebut, kemungkinan besar anda bisa menambah konsumen di luar yang telah ditargetkan. Ini akan membuat produk dan layanan lebih dikenal luas.

Buat persona

Persona merupakan salah satu trik yang sering diterapkan perusahaan untuk lebih mengenal konsumen mereka secara personal. Wajar saja membuat persona-persona, sebab konsumen yang punya interest sama sekalipun tetap memiliki perbedaan. Anda perlu membagi kembali konsumen yang telah didapat ke dalam grup-grup yang lebih kecil. Kelompokkan mereka berdasarkan income, pekerjaan, kondisi rumah tangga, latar belakang pendidikan, dan yang lainnya. Perlakukan setiap customer secara unik sebab mereka adalah persona yang berbeda-beda. Jika mendapatkan treatment khusus, mereka pasti akan mengapresiasi balik dengan menjadi konsumen setia.

Perhatikan interaksi mereka

Konsumen yang tertarik dengan produk dan layanan anda biasanya ingin tetap keep in touch lewat media sosial. Mereka akan mengikuti akun-akun media sosial anda. Berkaitan dengan hal tersebut, anda perlu mempelajari interaksi mereka di media sosial. Misalnya di Facebook, bacalah komentar yang ditinggalkan pada status sebab mungkin saja mereka memberikan review produk atau ada kritik yang ingin disampaikan.

Jika masih banyak yang belum puas dengan layanan anda, mereka tidak akan ragu bercuap-cuap dan meramaikan kolom komentar. Sebaliknya jika merasa puas, mereka pasti akan meninggalkan like dan men-share status kepada pengguna media sosial lainnya. Komentar yang ditinggalkan jangan hanya dilihat saja, tapi ditanggapi. Bila perlu pekerjaan staff khusus untuk membalas komentar-komentar tersebut. Ini bisa secara efektif meningkatkan user engagement. Media sosial adalah wadah bagi mereka untuk menyampaikan keluh kesah, jadi wajar jika anda mendapatkan banyak pertanyaan untuk setiap status yang dibuat. Nah, itu tadi beberapa tips mendekatkan diri dengan target audiens anda.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.