Bagaimana Cara Membuat Scrapbook Digital yang Cantik?

Bagaimana Cara Membuat Scrapbook Digital yang Cantik?

Bagaimana Cara Membuat Scrapbook Digital
Sumber: baindaily.com

Ketika masih kecil terkadang dan duduk di bangku TK atau SD terkadang guru meminta murid untuk menggambar. Dahulu perintah untuk menggambar hanya sederhana dengan buku gambar, pensil warna atau krayon, namun sekarang, perintah menggambar sudah lebih kompleks seperti membuat scrapbook secara manual. Scrapbook manual mungkin lebih mudah dibuat apalagi jika Anda pandai menggambar, lalu bagaimana dengan scrapbook digital yang dibuat melalui Photoshop?. Scrapbook digital memiliki banyak kelebihan daripada scrapbook manual, karena bisa disimpan di dalam PC/Laptop, tidak mudah hilang dan tidak boros kertas. Sayangnya tidak banyak orang yang berani mencoba membuat scrapbook digital, padahal membuatnya tidak sulit. Bagaimana cara membuat scrapbook digital lihat step by stepnya di bawah ini:

Step 1

Aktifkanlah photoshop dan pilih file menu yang akan dibuat scrapbook digital lalu pilih new. Setelah kotak pertanyaan mengenai ukuran gambar muncul, atur ukuran gambar dengan ukuran normal scrapbook 8×8 inci, 12×12 inci dengan resolusi terbaik untuk di cetak sekitar 300 dan web sharenya 72.

Step 2

Setelah pengaturan image size selesai dibuat, pada menu file, pilih open lalu ambil paper yang ada di folder dan aktifkanlah move tool. Drag file paper dan masukkan ke layer yang sudah dibuat baru kemudian tekan tombol Ctrl T untuk mengatur ukuran di paper layar pertama sehingga munculah kotak-kotak kecil tepat disisi-sisi gambarnya baru tarik kiri-kanan-atas-bawah atau mulai dari kotak yang ada di pojok kanan sehingga gambarnya terlihat lebih proporsional.

Step 3

Pilih open lagi di menu file lalu buka file foto selanjutnya yang akan Anda masukkan ke scrapbook digital dan lanjutkan dengan melakukan step 2.

Step 4

Bagaimana cara membuat scrapbook digital yang mudah itu dengan klik open lalu pilih embellishment, ribbon, tags dan sebagainya, lakukan kembali seperti step 2. Hasil akhirnya nanti akan dapat banyak sekali layer kotak kerja tepat di sebelah kanan. Susun dan urutkanlah layernya sehingga susunannya menjadi lebih rapi dan cantik.

Step 5

Setelah semua susunannya selesai dirapikan, tambah text. Untuk menambahkan text, caranya cukup pilih text tool yang ada di panel kiri lalu tambahkan kata-kata menarik yang Anda inginkan.

Step 6

Jika Anda masih ingin melakukan perubahan pada komposisi di fils PSD, pastikan Anda simpan scrapbook digital ini dalam bentuk PSD terlebih dahulu baru kemudian simpan ulang dalam bentuk JPEG, tetapi pastikan jika Anda sudah pilih menu layar lalu klik Flatten Image.

Step 7

Dan selesailah scrapbook cantik dan menarik yang telah Anda buat, tinggal diprint dan dibingkai atau di share di web yang Anda punya.

Bagaimana cara membuat scrapbook digital? dari penjelasan tiap langkah di atas, membuat scrapbook itu tidak sesulit seperti yang Anda bayangkan, Anda tidak perlu mahir dalam menggunakan photoshop yang Anda butuhkan hanya file-file gambar yang cantik dan tampak menarik bila dipadukan menjadi satu file. Anda yang belum pernah mencoba, selamat mencoba dan semoga suka dengan hasil akhirnya. Dan bila memungkinkan membuat scrapbook digital mungkin bisa menjadi ladang penghasilan karena kini banyak orang yang gemar menyimpan kenangan mereka dalam bentuk scrapbook selain terlihat lebih rapi, scrapbook juga tampak lebih menarik, karena bentuknya digital, file scrapbook tidak akan pernah hilang selama PC/laptop Anda tidak mengalami kerusakan permanen.

 

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Guide, News and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.