Antivirus Gratis Untuk MacOS

Banyak yang menganggap bahwa MacOS aman dari ancaman virus. Tapi faktanya sistem operasi yang satu ini juga punya celah keamanan. Apapun perangkat yang dimiliki, baik yang berjalan dengan Windows 10, MacOS, atau yang lainnya, instalasi antivirus tetap diperlukan demi alasan keamanan. Tapi anda tidak usah khawatir sebab ada banyak pilihan antivirus gratis untuk MacOS.

Antivirus gratis untuk MacOS
image source: colorbarsvideo.com.br

Install saja pada laptop, sistem keamanan akan meningkat secara drastis. Antivirus tersebut bisa memproteksi perangkat dari berbagai jenis ancaman, termasuk ransomware, adware, dan virus. Silakan baca review lengkap supaya anda tahu mana yang kira-kira cocok untuk dipasang. Sebelum menginstal antivirus gratis untuk MacOS, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan terlebih dahulu, yaitu:

Mengaktifkan firewall

Ini penting untuk laptop yang berjalan dengan OS MacOS, Windows, dan yang lainnya. Tidak semua pengguna menghidupkan firewall. Tapi jika anda ingin meningkatkan keamanan perangkat, maka fitur ini harus diaktifkan. Fungsinya adalah untuk mengamankan traffic jaringan dari dan menuju sistem. Untuk mengaktifkannya, anda perlu mencari menu System Preferences, kemudian pilih Security And Privacy, setelah itu klik tab Firewall yang berada di bagian atas jendela.

Nanti disana anda akan menemukan pilihan Turn On Firewall. Silakan tekan saja tombol tersebut untuk mengaktifkannya. Anda juga bisa melakukan pengaturan lewat Firewall Options. Ada beberapa hal yang bisa disetting disini, seperti memblokir koneksi dari aplikasi tertentu pada sistem. Kemudian jika ada aplikasi yang dirasa aman, anda bisa memberikannya hak akses.

Mengupdate sistem

MacOS perlu diupdate secara rutin. Sama seperti platform kebanyakan, versi lama biasanya punya banyak celah yang bisa diretas oleh virus-virus baru. Itulah mengapa anda perlu melakukan update secara rutin untuk meminimalisir resiko. Kalau update terbaru sudah dirilis, sebaiknya cepat-cepat pasang pada perangkat. Apple merupakan perusahaan IT raksasa, jadi mereka menaruh perhatian besar terhadap update produk dan layanan. Jika tidak ingin ketinggalan update terbaru, aktifkan saja fitur update otomatis. Dengan begitu, setiap kali ada versi baru dirilis, sistem akan memberitahukannya untuk anda.

Ekripsi data

MacOS biasanya sudah mengamankan data-data penting. Tapi jika membutuhkan proteksi berlapis, anda bisa mengatur Filevault’s full disk, XTS-AES 128 encryption. Tujuannya adalah untuk membatasi akses terhadap user yang tidak diinginkan. Dengan begitu, mereka tidak bisa seenaknya melihat file-file anda, atau bahkan mengkopinya. Tetapkan password, berikutnya anda bisa memberikan hak akses untuk akun-akun tertentu. Jika sudah, akhiri dengan mengklik tombol Turn on Filevault. Berikut ini daftar antivirus gratis untuk MacOS:

Bitdefender Virus Scanner

Bitdefender merupakan salah satu antivirus terbaik sebab program ini bisa melakukan deep scanning dengan cepat. Anda juga bisa men-scan lokasi-lokasi yang spesifk. Tidak hanya itu saja, pengguna bisa merasakan proteksi maksimal sebab database malware diupdate setiap jam. File-file jahat yang terdeteksi akan segera dibersihkan atau dikarantina agar tidak berdampak negatif pada sistem. Fitur seperti ini memang tidak hanya terdapat pada Bitdefender, tapi antivirus ini juga menyediakan opsi scan cepat untuk berbagai jenis file, termasuk PDF, PKG, ZIP, RAR.

Antivirus gratis untuk MacOS 2
image source: macheat.com

Avast! Free Mac Security

Avast! Bukan pendatang baru di dunia antivirus. Software ini sudah ada sejak lama untuk membantu kita mengamankan laptop, komputer, dan perangkat lainnya. Avast! Bisa dipakai secara gratis dan punya banyak fitur. Selain itu, proses scanning-nya juga mendalam. Tidak hanya itu saja, software memeriksa secara rutin setiap attachment yang diunduh termasuk ketika anda sedang melakukan browsing di internet.

Internet merupakan pintu masuk berbagai jenis ancaman seperti virus dan malware. Dengan menginstal Avast! pada perangkat, anda tidak perlu was-was ketika browsing di internet sebab program ini akan memberitahu jika ada hal-hal mencurigakan. Selain fitur yang disebutkan di atas, Avast! Juga bisa men-scan hard disk eskternal. Secara tampilan, Avast! sangat mudah dimengerti. Navigasinya juga tidak berbelit-belit. Di sisi sebelah kiri terdapat panel dengan 5 tombol utama.

Avira Free Antivirus for Mac

Siapa yang tidak kenal dengan Avira? Ini merupakan salah satu antivirus yang setia menemani kita dalam beberapa tahun terakhir. Avira punya antarmuka yang sederhana, tapi dijejali dengan fitur beragam. Silakan pasang saja langsung pada perangkat MacOS anda. Selain antivirus, program juga bisa memberikan perlindungan terhadap adware dan spyware.

Antivirus ini juga punya kemampuan untuk mendeteksi website-website yang mencurigakan. Setelah instalasi, silakan buka program tersebut. Di dalamnya anda akan melihat berbagai menu, seperti status sistem, schedule, riwayat karantina, dll. Database virus juga diupdate secara rutin. Secara resource Avira memang lumayan berat, tapi jika anda perlu solusi antivirus gratis untuk MacOS, ini tetap menjadi salah satu pilihan terbaik.
Malwarebytes Anti-Malware for Mac

Malwarebytes juga merupakan software yang sangat tepat untuk meningkatkan sistem keamanan pada komputer anda. Antivirus gratis untuk MacOS ini bisa dipasang lintas platform. Versi Mac dulunya adalah untuk menghapus adware, tapi sekarang Malwarebytes juga bsa dipergunakan untuk men-scan malware yang masuk. Dengan antarmuka yang mudah dipahami, cukup tekan ‘scan’ untuk memulai proses pencarian. Program ini lebih cocok untuk deep-scan, bukan tipe program yang selalu ON. Tidak ada proteksi secara real-time disini. Jika anda membutuhkan fitur seperti ini, silakan beralih ke Avast! Atau yang lainnya.

Sophos Antivirus Mac Home Edition

Sophos adalah antivirus berkualitas dengan sistem scanning yang komprehensif. Anda bisa men-scan di waktu-waktu tertentu serta lokasi yang spesifik, misalnya drive, folder, file, dsb. Selain itu juga terdapat fitur karantina serta Delete untuk menghapus berbagai ancaman yang berhasil dideteksi. Sophos menawarkan proteksi secara real time. Jika software melihat ada file yang bertingkah-laku mencurigakan di dalam sistem, ia akan langsung mengkarantina file tersebut.

Proses scanning memang agak lama, tapi keuntungannya adalah program ini ringan. Memasangnya tidak akan membuat perangkat menjadi lambat sebab program ini tidak memakai banyak resource. Jika ingin melakukan scan sistem secara full, silakan pilih menu yang sesuai di bagian atas jendela. Database malware juga diupdate secara rutin, yang artinya sistem bisa mencegah perangkat anda terinfeksi oleh malware-malware baru. itu tadi beberapa antivirus gratis untuk MacOS.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.