Teknologi Militer Rusia Tercanggih Yang Dikagumi Dunia

Teknologi militer Rusia saat ini sudah sangat meningkat dengan cepatnya. Pasukan militernya telah diberi peralatan yang sangat cukup untuk semua divisi militer. Untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas para pasukan pembela negaranya, Rusia dengan rutin membeli peralatan-peralatan perang terbaru. Tak hanya itu saja, negeri beruang merah tersebut juga merancang alat-alat militer canggih yang tidak kalah dengan negara barat lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh peralatan canggih rancangan Rusia.teknologi militer rusia_1

  1. Senapan VKS berperedam suara

Teknologi militer Rusia berjenis senapan runduk tipe VKS. VKS atau sering disebut Vykhlop adalah senapan yang menggunakan peluru berkaliber besar, yaitu 12,7 milimeter dan dapat penyerang pada target dengan tingkat akurasi yang tinggi pada jarak sejauh 600 meter. Senapan ini juga mampu menembus rompi atau jaket anti peluru, serta mampu menembus kendaraan tempur yang tidak menggunakan lapisan baja. Komponen pada VKS dibuat secara bulpup (mekanisme konfigurasi pada senjata api dan kotak pengisian atau penyimpanan peluru dipasang menyatu pada senapan dan terletak di belakang pelatuk senjata api tersebut) dan mempunyai peredam suara yang sudah terpasang. Pada gagang senapan dibagian tas dipasang sebuah holdfast atau kancing untuk penempatan pembidikan malam hari dan optik. Selain itu, Vykhlop juga sangat sempurna dengan dibekali pembidik terbuka.

  1. BMPT-72 Terminator 2

BMPT-72 yang mempunyai nama julukan Terminator 2 dirancang pada tahun 2013. Kendaraan ini merupakan sebuah tank tempur berat darat yang berfungsi untuk melindungi tank-tank tempur lainnya. Selain itu, kendaraan tempur ini anti ranjau, anti tank, anti pesawat tempur, anti kapal, dan mempunyai rangkaian persenjataan yang sangat komplit dan bisa melakukan tembakan secara massal dan terus-menerus. Sehingga kendaraan ini mampu memojokkan musuh dengan cepat dan memberi kesempatan tank-tank lainnya untuk menyerbu musuh. Terminator mempunyai dua senapan kembar dengan kaliber 30 milimeter, senapan mesin jenis Kalashnikov, dan empat rudal penjelajah anti tank jenis Ataka dengan laser sebagai sistem pemandunya. Senjata ini mampu menjangkau target pada kejauhan enam kilometer. BMPT-72 Terminator sangat ampuh untuk pertempuran di tempat terbuka, dimana dapat melindungi tank-tank penyerbu lain yang menjadi granat.

  1. Kendaraan pembuka jalan IMR

IMR Obstacle Clearing Vehicle adalah sebuah kendaraan perang yang mirip dengan buldoser, namun mempunyai panjang sembilan meter yang berfungsi sebagai pembuka jalan di medan perang. Kendaraan yang berbentuk mirip tank T-90 atau T-72 ini di bagian depannya terdapat lengan teleskopik dan pisaybuldoser dengan berbagai jenis tipe pengencangan. Kendaraan berat ini mampu dioperasikan pada berbagai medan tempur. Pada medan tempur dengan kondisi daratan yang kasar, IMR bisa membuka jalan sejauh 12 kilometer dengan kecepatan laju 5 hingga 8 kilometer per jam. Sedangkan untuk kondisi di hutan rimba kecepatan lajunya berkisar 300 sampai 400 meter per jamnya. Kokpit pada IMR dapat menampung dua personil, dan didalamnya dapat bertahan hidup selama tiga hari, karena terdapat perlengkapan untuk memanaskan makanan, memasak air, dan toilet didalam kokpit. Dengan adanya kendaraan seperti ini, tentara tidak perlu khawatir untuk melewati wilayah ranjau, bahkan radiasi dari sinar gamma. Kendaraan ini juga satu-satunya alat berat militer yang mampu dioperasikan dengan jarak yang sangat dekat dengan reaktor nuklir.

  1. Helikopter tempur tipe Ka-52K Katran

Teknologi militer Rusia Ka-52K Katran merupakan helikopter siap tempur yang telah diuji pada awal tahun 2015 lalu. Pada awalnya, Katran dirancang khusus sebagai bala bantuan bagi Angkatan Darat. Target dari helikopter ini biasanya tank ataupun mesin tempur lapis atau non lapis baja. Katran juga didesain untuk menghancurkan helikopter musuh. Ka-52 dilengkapi dengan senapan serbu cepat tipe 2A42-1 dengan kaliber 30 milimeter. Helikopter ini juga mempunyai sistem misil Sagittarius atau Strelets untuk pengendali rudal seperti Vihr-1 Vortex dan Ataka Serang, serta pelontar roket tanpa kendali C-8. Helikopter Katran juga mempunyai keistimewaan tempur dengan prestasi tinggi. Ka-52 mampu terbang di ketinggian lebih dari lima ribu meter dengan adanya mesin turbin gas yang sangat tangguh tipe VK-2500, serta hover ceiling pada helikopter ini empat ribu meter. Sehingga memungkinkan untuk lepas landas dan mendarat di kondisi iklim yang panas pada ketinggian tertentu. Top speed helikopter ini mencapai 300km/jam.

  1. Truk pengangkut misil ?? 5?58-2 Mark 5

Teknologi militer Rusia ?? 5?58-2 Mark 5 adalah sebuah truk militer yang mengangkut empat unit misil raksasa, yaitu dua misil tipe S-300 dan dua misil tipe S-400. Misil ini adalah misil yang paling diidamkan oleh banyak negara karena mempunyai teknologi tercanggih, daya ledak yang tinggi serta dampak ledakan yang cukup mengerikan. Salah satu keunggulan utama dari sistem seperti S-300 dan S-400 adalah pada pergeseran tinggi yang memungkinkan mereka melancarkan manuver sewaktu berubah posisi. Oleh sebab itu, sistem misil anti pesawat tempur seperti itu perlu dilengkapi degan alat pengangkutnya. Kendaraan terbaru ini di desain oleh sebuah industri Aircraft Equipment ini harganya lebih murah 25 persen dibandingkan pendahulunya dan lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar sekitar 35 persen.

  1. Mobil Kavaleri Cornet-D

Mobil Kavaleri Cornet-D. Jika dilihat sepintas tanpa dilengkapi dengan sistem misil, mobil ini hanya seperti mobil berlapis baja biasa yang melindungi tentara dari serangan udara. Tetapi Anda jangan heran bila pada kendaraan ini sudah dipasang dengan peralatan tempur yang lengkap. Cornet-D mengingatkan pada sebuah strategi kavaleri militer negara Mongolia yang mengutamakan serangan cepat, tembakan yang akurat, kemudian bergerak mundur. Mobil ini sengaja diciptakan untuk prinsip strategi perang seperti itu. Cornet-D mampu menghancurkan tank dengan cepat, menjebol benteng beton pertahanan musuh, bahkan menembak jatuh helikopter maupun drone atau pesawat tanpa awak.

  1. Sistem Misil MANPADS Verba

MANPADS Verba adalah sistem misil yang sederhana dan mudah dibawa untuk anti pesawat. MANPADS Verba dibuat pada tahun 2011-2013 silam dan mulai dioperasikan pada tahun 2014 akhir. Kecanggihan dari sistem ini terlihat dari sistem elektroniknya yang dapat membuat alat ini sanggup membedakan siapa kawan siapa lawan. Satu hal lagi yang menjadikan Verba mempunyai nilai lebih adalah mampu melacak dan menyerang misil yang mempunyai radiasi rendah dan mampu membidik pesawat tanpa awak tertarget. Hal seperti ini sangat mungkin, karena pada misil tipe 9M336 terdapat sebuah alat penggerak berteknologi triband infrared terbaru. MANDPADS berhasil dikembangkan dengan meningkatkan sensitivitas alat penggeraknya. Sistem baru seperti ini berpengaruh pada sistem serangan ke musuh. Sistem serangan akan berubah sepuluh kali lipat lebih cepat dibandingkan pendahulunya, Igla yang membutuhkan waktu lima menit untuk melakukan serangan.

Demikianlah uraian mengenai teknologi militer Rusia. Rusia memang salah satu negara yang terkenal sebagai pembuat dan pemasok senjata dan peralatan canggih militer. Banyak senjata dan peralatan militer Rusia yang dijual kepada negara-negara lain, terutama untuk negara berkembang seperti halnya Indonesia, dan juga negara-negara yang sedang berkonflik. Sudah menjadi rahasia umum jika Rusia dan Amerika Serikat berlomba-lomba dalam kekuatan militer mereka, termasuk dalam pembuatan senjata dan peralatan militer. Senjata dari dua negara ini seringkali ditemukan dalam berbagai perang yang saat ini terjadi di berbagai belahan dunia.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.