5 Teknologi Militer Israel Yang Canggih dan Mengagumkan

Jika kita lihat berita akhir-akhir ini, dunia tengah berjuang menghadapi ISIS yang semakin lama semakin kuat dan telah menyerang beberapa negara. Bahkan beberapa negara dengan kekuatan militer paling kuat di Timur Tengah telah mempersiapkan kekuatan militer terbaik mereka dalam menghadapi serangan kaum ISIS. Selain ISIS, perjuangan bangsa Palestina dalam merebut dan mempertahankan tanah mereka dari negara Israel juga turut menjadi sorotan dunia. Terlebih dengan teknologi militer Israel yang cukup canggih dan menjadi salah satu dari 5 negara yang memiliki basis kekuatan militer paling kuat. Namun, hal tersebut tidak menghalangi para militan Palestina untuk berjuang.teknologi militer israel

Israel sendiri merupakan sebuah negara yang berdampingan dengan Palestina. Rata-rata warga Israel adalah bangsa Yahudi yang menempati negara Israel. Perang antara Israel dengan Palestina telah berlangsung sangat lama dan telah mendapatkan sorotan dan perhatian dunia. Namun, Israel tampaknya mendapatkan dukungan dari negara adidaya. Selain itu, sebagai salah satu negara dengan militer yang cukup kuat, Israel memiliki teknologi militer yang tidak dimiliki oleh negara Palestina. Kami telah merangkum berbagai teknologi militer Israel dari berbagai sumber, dan akan membagikannya kepada Anda sebagai informasi.

Tampaknya kehidupan negara Israel yang selalu berperang menjadikan negara ini lebih tahan banting, dan selalu melakukan inovasi terhadap teknologi militer yang dimilikinya. Suara desingan peluru, lemparan granat merupakan hal yang biasa bagi setiap penduduk Israel begitu juga dengan tentaranya. Warga negara Israel yang kemudian terlibat dalam beberapa proyek militer kemudian mengambil ilmu dari proyek tersebut dan kemudian mengembangkannya kepada teknologi militer Israel itu sendiri. Berikut beberapa teknologi militer negara Israel yang berhasil kami rangkum, diantaranya adalah:

  1. Iron Dome

Tahukah kamu apakah Iron Dome itu? Iron dome adalah semacam kubah pelindung bagi negara Israel yang merupakan salah satu dari system pertahanan udara yang dimiliki oleh negara Israel. Iron dome ini ternyata dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense System yang dirancang secara khusus untuk menahan serta menghadang dari serangan roket musuh negara Israel dimana yang kerap sekali berhadapan dengan mereka adalah pejuang Hamas Palestina. Dengan adanya Iron Dome ini maka serangan yang dilontarkan tidak akan mengenai sasaran yang tepat. Selain itu, rudal dari Iron Dome sendiri mampu menghancurkan targetnya hanya dari dalam jarak jangkauan 70 km. sehingga pesawat atau jet tempur yang masuk ke dalam wilayah negara Israel (dalam hal ini adalah jet milik musuh) akan langsung ditembak oleh rudal Iron Dome. Iron Dome dioperasikan sejak tahun 2011 dan hingga kini telah berhasil menghancurkan sekitar 90 persen roket yang ditujukan ke negara Israel tersebut. Tak heran jika Iron Dome merupakan salah satu teknologi militer Israel yang paling canggih hingga saat ini dan menjadi pertahanan vital untuk melindungi warganya dari serangan musuh.

  1. Satelit Ofeq

Selanjutnya daftar yang berhasil masuk dalam teknologi militer negara Israel yang paling canggih adalah satelit Ofeq. Satelit ini merupakan satelit mata-mata yang didesain dan diciptakan oleh Israel Aerospace Insdustries. Saat ini satelit Ofeq telah memasuki generasi ke sepuluh dimana generasi pertama satelit ini diluncurkan pada tahun 1988. Tampaknya satelit ini merupakan salah satu satelit yang mampu mencitrakan serta menggambar desain objek daratan di bumi dengan resolusi yang cukup tinggi. Satelit ini bahkan didesain dapat mencitrakan berbagai objek yang ada di bumi dalam siang dan malam bahkan juga dalam segala jenis kondisi cuaca. Satelit ini memang dipergunakan oleh intelijen Israel untuk memata-matai musuh mereka dengan memperlihatkan gerak-gerik dari musuh. Teknologi militer Israel yang menelan biaya hampir 300 juta dolar ini memang memiliki peranan penting dalam dunia intelijen Israel yang mampu mencegah setiap ancaman dari musuh baik dari jarak dekat maupun jarak jauh.

  1. Elbit Hermes 900

Elbit Hermes 900 bukan merk tas branded yang saudara-saudara, melainkan sebuah drone atau pesawat tanpa awak yang merupakan bagian dari militer Israel. Pesawat tak berawak ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi milik Israel yaitu Elbit Systems. Drone ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2009 dengan tugas sebagai mata-mata dan juga alat telekomunikasi jarak jauh. Kelebihan dari drone ini adalah mampu terbang dengan ketinggian hampir mencapai 30 ribu kaki. Alat militer Israel ini cukup canggih sehingga banyak sekali negara yang memesan Elbit hermes 900 sebagai keamanan negara mereka, salah satunya adalah Brasil yang pada 2014 kemarin memesan sekitar 900 unit dari drone ini untuk mengamankan piala dunia 2014. Selain Brasil, negara lain yang turut memesan drone ini adalah Swiss, Kolombia, Chili, serta Meksiko.

  1. Tank Merkava

Jika 3 daftar diatas adalah pertahanan militer Israel di udara, maka Tank Merkava merupakan salah satu teknologi militer Israel di darat. Tank darat yang dibuat oleh IDF Ordbabce Corps merupakan salah satu tank utama dari tentara Israel. Dikembangkan sejak tahun 1973 serta dioperasikan pada tahun 1979, tank Merkava ini pernah digunakan satu kali secara intensif pada saat perang Libanon pada tahun 1982. Tank ini memang memiliki keunikan yang menjadi kelebihannya, yaitu bisa diperbaiki dengan sangat cepat jika tank ini mengalami kerusakan. Selain itu, mesin penggerak dari tank Merkava ini terletak pada bagian depan tank yang digunakan sebagai sarana pelindung pengendara tank. Harga setiap tank Merkava ini diperkirakan mencapai 6 juta dollar dan menjadi salah satu tank terbaik dimana ia kebal terhadap serangan dari senjata anti tank. Tak heran jika tank Merkava merupakan salah satu bagian penting dari militer Israel.

  1. Guardium

Karena negara Israel kerap terlibat konflik, tak heran jika kekuatan militer Israel adalah salah satu yang terbaik di dunia. Untuk melindungi para tentara Israel yang tengah berperang, maka diciptakanlah sebuah robot untuk digunakan dalam kegiatan militer. Hal ini memiliki tujuan untuk mengurangi tingkat kematian para tentara Israel. Diantara robot yang diciptakan salah satunya adalah Guardium, yang merupakan robot dengan bentuk mobil dengan 4 buah roda. Robot ini dipergunakan sebagai mobil patroli dan juga memiliki kelebihan lain yaitu mampu membawa perlengkapan sekitar 300 kg. Sebagai mobil patroli dalam menjaga keamanan, robot ini dikendalikan dengan menggunakan kendali jarak jauh dengan joy stick atau bisa juga digerakkan secara otonom dengan mempetakkan rute yang akan dilalui sang robot mobil. Untuk itu, guardium dibekali dengan kamera yang dapat bergerak ke segala arah (360 derajat), serta sensor yang dapat menatap pada petang dan malam hari serta beberapa perlengkapan perang lainnya seperti senapan mesin dan tak ketinggalan juga granat. Robot mobil ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan juga mendeteksi jika ada bom di tepi jalan dan mengirimkan sinyal ancaman pada operator.

Demikianlah beberapa teknologi militer Israel yang cukup canggih dalam mempertahankan negaranya dari serangan musuh-musuh. Tak heran dengan teknologi tersebut menjadikan ia sebagai salah satu kekuatan militer yang cukup ditakuti.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.