Studi Pemasaran Influencer Terbaik Saat Ini

Industri digital marketing mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Itulah mengapa sangat penting bagi setiap internet marketer untuk melakukan penyesuaian dengan melakukan analisa terhadap data yang berhasil dikumpulkan di tahun-tahun sebelumnya. Trik marketing yang sedang tren saat ini bisa saja menjadi outdated dalam 2 atau 3 tahun ke depan.

Studi Pemasaran Influencer Terbaik Saat Ini
image source: puebladedonfadrique.es

Meningkatkan budget

Ada beberapa hal mendasar yang perlu diterapkan pada internet marketing 2018. Yang pertama adalah dana yang lebih besar. Tren menunjukkan bahwa sebagian besar internet marketer meningkatkan budget mereka di tahun 2018 ini. Hanya sebagian kecil yang melakukan sebaliknya. Itu sedikit banyak menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan terhadap promosi online semakin tinggi. Profit biasanya berbanding lurus dengan biaya operasional. Semakin besar biaya yang bersedia digelontorkan untuk promosi, semakin besar pula profit yang bisa didapatkan.

Di jaman sekarang, rasanya sangat wajar jika anda memutuskan untuk menambah budget campaign sebab mengumpulkan data dari berbagai platform tidak mudah. Selain itu, konsumen juga saat ini semakin pintar. Jika dulu mereka mengambil keputusan setelah melihat iklan di media cetak dan elektronik, sekarang banyak konsumen yang melakukan riset mendalam sebelum memutuskan untuk membeli.

Tantangan

Influencer marketing merupakan tren baru di dunia digital yang marak dalam 2-3 tahun terakhir. Banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa influencer untuk mempromosikan produk mereka. Sama seperti metode marketing lain, manajemen adalah hal utama. Jika anda tidak memiliki tim khusus untuk ini, solusinya adalah dengan memakai jasa pihak ketiga. Saat ini sudah tersedia turnkey service khusus untuk influencer marketing. Ini tidak hanya menghemat biaya, tapi juga bisa menghemat waktu anda.

Influencer semakin profesional

Seiring dengan semakin populernya promosi di jalur ini, influencer juga melakukan penyesuaian dengan meningkatkan kualitas konten mereka. Bahkan tak jarang influencer yang menjadikan endorse sebagai pendapatan utama mereka. Peran influencer sangat besar, bisa dibuktikan dengan tingginya user engagement mereka. Namun begitu, tidak semua dari mereka tahu bagaimana mempromosikan produk secara efektif.

Sebaiknya pilih influencer yang paham bagaimana membujuk follower agar mau memakai produk/jasa yang ditawarkan. Pengguna sosmed tidak bodoh. Mereka tahu mana unggahan-unggahan yang disponsori dan mana yang bersifat personal. Rata-rata unggahan yang sponsored punya jumlah like lebih sedikit ketimbang unggahan langsung dari influencer. Tugas influencer adalah membuat agar unggahan sponsor mendapatkan engagement yang tinggi. Jika tidak, takutnya sponsor akan merugi, apalagi jika mereka sudah mengeluarkan dana besar untuk kampanye tersebut.

Studi Pemasaran Influencer Terbaik Saat Ini 2
image source: blog.carratu.com.br

Konten video semakin diminati

Konten digital yang kerap dipergunakan untuk promosi adalah foto dan video. Meski video bukan media baru, tapi perannya semakin besar di industri digital marketing. Banyak konten yang belakangan viral berformat video. Maka dari itu, tak heran jika banyak pengusaha fokus membuat iklan video ketimbang foto.

Para ahli menyebut bahwa konsumsi video hingga tahun 2020 akan mencapai 80% dari traffic global. Youtube menjadi salah satu bukti betapa konten video sangat diminati. Platform ini punya ‘staying power’ yang besar. Tidak hanya lebih menarik, namun video juga sangat baik dalam meningkatkan pemahaman terkait produk yang ditawarkan. Data terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 70% pengguna internet lebih suka menonton video ketimbang membaca teks untuk mendapatkan informasi sebuah produk atau jasa.

Instagram is the future

Terlepas dari besarnya peran video, platform photo-sharing seperti Instagram masih mendapatkan tempat di hati masyarakat. Faktanya Instagram lebih dulu dikenal dengan fitur photo sharing-nya, hanya baru-baru ini saja fitur-fitr lain seperti video dan stories mulai dipergunakan. Popularitas seorang publik figur bisa dilihat dari social following mereka. Dari sekian banyak media sosial, Instagram masih menjadi salah satu yang teratas.

Jumlah follower yang dimiliki oleh seorang publik figur sering dijadikan petunjuk seberapa besar pengaruh mereka di dunia maya. Keluar Kardashian misalnya, besar ketika internet sedang berkembang pesat. Maka dari itu, tak heran jika hampir semua anggota keluarga tersebut punya social following yang besar. Unggahan-unggahan yang mereka posting punya raihan audiens tinggi, jadi wajar jika perusahaan berani membayar besar untuk mempromosikan produk di akun mereka.

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *