Hal Penting Untuk Sukses di eCommerce

Peralihan transaksi dari konvensional ke digital tidak bisa dibendung lagi. Banyak penjual yang sudah merasakan secara langsung dampak dari semakin populernya transaksi online. Bahkan banyak retail yang sebelumnya hanya menjual produk lewat toko fisik menyediakan opsi pembelian online. Meski terlihat menjanjikan, faktanya menjual produk secara online semakin susah sebab pemain-pemain besar mulai ikut bergabung. Mereka tidak segan mengeluarkan biaya besar untuk kampanye iklan. Lalu, bagaimana bisnis kecil bisa bersaing jika seperti itu? Anda tidak perlu khawatir, masih banyak pengusaha kecil dan menengah yang sukses dengan bisnis mereka. Yang terpenting adalah anda harus ulet dan tekun. Berikut ini adalah beberapa tips mengelola web eCommerce:

Hal Penting Untuk Sukses di ECommerce
image source: mglobalmarketing.es

Ikuti tren-tren terbaru

Banyak bisnis yang sudah berdiri selama puluhan tahun harus gulung tikar karena tidak bisa mengikuti perkembangan jaman. Perubahan di dunia teknologi sangat cepat dan ini sangat mempengaruhi pola belanja masyarakat. Hanya 10 tahun lalu mall-mall masih dipadati pengunjung, sekarang banyak yang mulai sepi sebab konsumennya beralih ke online. Perubahan seperti ini akan terus terjadi, sehingga sebagai pebisnis anda harus melakukan penyesuaian.

Sebuah usaha perlu memiliki goal atau tujuan yang jelas. Misalnya soal target usia, anda tidak perlu menjaring konsumen dari semua rentang usia sebab tiap rentang usia punya kegemaran masing-masing. Fashion saja seringkali berbeda untuk anak-anak, wanita muda, ibu-ibu, pria lajang, dan pria dewasa. Menargetkan demografis yang spesifik akan membantu anda dalam memberikan layanan terbaik.

Jaga reputasi

Banyak konsumen lebih suka membeli barang dari penjual yang punya reputasi baik. Jika sebuah toko mendapatkan banyak review buruk dari konsumen, orang lain akan enggan bertransaksi dengan toko tersebut. Sebaliknya, jika toko punya reputasi baik, konsumen akan melakukan re-purchase dan bahkan menjadi pelanggan tetap. Sebanyak 31% konsumen lebih tertarik melakukan pembelian ulang produk pada toko yang reputasinya baik, sementara untuk toko yang sering mendapat keluhan, peluang mendapatkan konsumen akan berkurang 22%. Silakan posisikan diri anda sendiri sebagai pembeli. Apakah anda akan begitu saja membeli produk dari seorang penjual? Kami yakin anda akan menggali informasi apakah toko tersebut layak dipercaya atau tidak dengan membaca review dari konsumen lain.

Hal Penting Untuk Sukses di ECommerce 2
image source: seomina.com

SEO sangat penting

Google masih menjadi raja mesin pencari saat ini, jadi tak heran jika kebanyakan trik SEO dibuat menyesuaikan perubahan algoritma Google. Dulu mungkin gampang masuk halaman depan. Berbekal backlink saja, website bisa merangsek ke deretan teratas. Tapi sekarang kondisinya sudah berbeda. Marketer perlu berjuang ekstra agar web eCommerce mereka mendapatkan posisi layak di mesin pencari. Menanam backlink tidak cukup, justru jika salah website anda bisa ditendang karena dianggap melanggar guidelines.

Konten berkualitas masih menjadi hal esensi. Oleh sebab itu, sebaiknya koreksi konten low-quality yang mungkin pernah anda post di tahun-tahun sebelumnya. Konten dengan banyak iklan afiliasi juga dianggap punya value yang lebih rendah. Jika ada banyak link sponsor di web, usahakan situs-situs tersebut punya authority yang baik. Tips berikutnya, pakai keyword populer pada konten. Tujuannya adalah untuk mendatangkan traffic. Namun begitu, hindari melakukan spam, misalnya dengan penggunaan keyword berulang-ulang. Ini merupakan salah satu alasan mengapa web bisa diblacklist oleh Google.

Tingkatkan kepuasan pelanggan

Happy customers akan dengan senang hati melakukan pembelian di web eCommerce anda berulang kali. Mulailah dengan membuat navigasi yang mudah dimengerti. Situs yang terlihat terlalu rumit bisa membuat orang malas melakukan penelusuran lebih jauh. Memang tidak ada salahnya membuat web dengan beragam fitur dan layanan, tapi navigasinya tetap harus mudah, sehingga pengunjung tidak merasa kebingungan.

Kemudian, anda juga bisa menyelipkan Call to Action pada artikel. Ini merupakan ajakan untuk membeli sebuah produk setelah review. Tentu untuk meningkatkan konversi penjualan, review harus berkualitas. Deskripsi produk harus jelas, begitu pula gambar pendukungnya. Namun hindari menjelaskan produk secara hiperbola sebab jika kualitas tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, pembeli bisa merasa dibohongi. Alhasil, mereka jadi kapok belanja di toko anda. Nah, itu tadi beberapa tips untuk sukses di eCommerce. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *