Review Android 7.0 Nougat dan Fitur-fitur yang Dimiliki

Google terus melakukan penyegaran terhadap sistem operasi Android mereka. Kini telah hadir versi terbaru, yaitu Android 7.0 Nougat. Apa saja keunggulannya? Meski perubahan visual tidak begitu drastis, tapi ada banyak perbaikan dari segi sistem. Anda bisa merasakan banyak perubahan dibandingkan dengan versi pendahulunya Marshmallow. Update terbaru adalah Android 7.1.2, hadir untuk Smartphone Nexus dan Pixel. Nexus 6p misalnya, sudah dilengkapi dengan fitur baru yaitu fingerprint scanner. Anda bisa menarik ke bawah menu notifikasi dengan menggunakan finger scanner yang terdapat di belakang.

Salah satu fitur terbaru juga disematkan pada Pixel C. Pada tablet ini terdapat launcher khusus dengan tampilan multitasking yang baru. Pixel C juga dilengkapi dengan tombol nav seperti yang ditemukan pada seri pixel lainnya. Cukup sapu ke atas pada halaman Home Screen, anda akan melihat app drawer. Selain itu, versi terbaru Android ini juga memungkinkan pengguna untuk menginstal live wallpaper pada lokasi tertentu. Misalnya anda bisa memilih apakah ingin mengaplikasikan wallpaper pada layar utama, lock screen, atau keduanya.

Android 7.0 Nougat
image source: betazeta.com

Ada pula fitur launcher shortcuts. Dengan fitur yang satu ini, anda hanya perlu menyentuh sebuah ikon dan menahannya selama beberapa saat. Berikutnya akan muncul daftar pilihan, seperti mode video dan foto pada aplikasi kamera. Intinya anda tidak perlu membuka aplikasi terlebih dahulu untuk mengakses fitur yang terdapat di dalamnya. Android 7.0 Nougat layak untuk dicoba mengingat pembaruan kali ini merupakan perpanjangan fungsi dari versi sebelumnya. Bahkan sejak Android lollipop, kita sudah melihat begitu banyak perubahan. Selain performa menjadi semakin baik, dukungan fitur juga lebih beragam.

Perubahan dari Lollipop ke Marshmallow cukup signifikan. Meski keduanya punya banyak kesamaan, tapi ada beberapa fitur penting yang ditambahkan, diantaranya adalah Doze Mode, fingerprint API, dan granular permissions. Hal yang sama juga terjadi pada Android Nougat. Versi terbaru ini mempertahankan komposisi utama Marshmallow, tapi hadir dengan beberapa fitur tambahan. Visual menjadi semakin baik, itu sudah pasti. Anda bisa melihatnya secara langsung pada menu Settings dan area notifikasi. Tapi bukan hanya itu saja daya tariknya.

Dari segi performa, versi ini juga menawarkan banyak keunggulan, terutama dalam hal multitasking dan fungsionalitas layar. Keduanya, seperti diketahui, merupakan elemen yang paling hangat menjadi bahan perbincangan. Split Screen adalah salah satu yang kami sarankan untuk dicoba. Fungsi seperti ini sebenarnya bukan hal baru, tapi tetap merupakan konsep yang fresh untuk Android. Bahkan secara umum, fitur Split Screen pada Nougat lebih baik daripada apa yang pernah ada sebelumnya. Kita bisa menampilkannya dalam modus Portrait maupun Landscape. Kemudian, pengguna juga diberi kemudahan untuk melakukan pergantian aplikasi dengan Quick Switching. Ini merupakan fitur shuffling untuk memakai 2 aplikasi terpopuler secara bergantian.

Maksud dari aplikasi populer disini adalah aplikasi yang paling sering dipergunakan menurut sistem. Dengan Quick Switching, anda bisa menjalankan 3 tugas secara bersamaan. Misalnya, pada jendela atas anda bisa menonton video, sementara pada jendela bawah anda bisa menampilkan feed dari media sosial. Atau anda juga bisa mengerjakan dokumen pada jendela atas, kemudian di bagian bawah anda bisa menempatkan catatan dan browsing. Bisa dibilang fitur ini sungguh impresif, sehingga pengguna setia Android patut mencobanya.

Jawab pesan dengan mudah

Ketika ada pesan masuk dari aplikasi perpesanan, anda akan melihat opsi reply tepat di bawah alert atau notifikasi. Sentuh saja menu tersebut, kemudian ketikkan pesan sebagai balasan. Ini akan menghemat waktu terutama jika anda sering berbalas pesan lewat media sosial.

Kelompok notifikasi

Pada Android versi awal, notifikasi ditampilkan secara individual. Nah, pada update Android 7.0 Nougat, notifikasi dari sebuah aplikasi akan dikelompokkan menjadi satu. Jadi anda tidak perlu menggeser terlalu jauh ke bawah jika ingin melihat notifikasi yang masuk. Cara ini tentu lebih praktis dan menghemat tempat. Sapu saja ke bawah pada sebuah notifikasi untuk melihat secara detil pesan-pesan yang masuk.

Android 7.0 Nougat 2
image source: appleapple.top

Data Saver

Data saver merupakan fitur penting jika anda punya kuota internet terbatas setiap bulannya. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mencegah aplikasi memakai data seluler di background. Artinya akun media sosial yang aktif pada perangkat tidak akan terlalu sering melakukan refresh. Buka saja menu Settings, sentuh Data Usage > Data Saver. Silakan aktifkan fitur baru tersebut dari sini.

Aplikasi pengaturan baru

Untuk mencari tahu, silakan saja langsung menu aplikasi pengaturan atau Settings. Di bagian atas anda akan melihat toggles dan pilihan untuk mengatur menu tertentu. Ada banyak yang bisa dilihat disana.

Menu display

Setiap orang punya pengaturan favorit untuk aplikasi dan tulisan pada layar. Nah, jika anda ingin mengatur ukuran font dan yang lainnya, Android 7.0 Nougat kini sudah menyediakan pilihan yang lebih komprehensif. Untuk memakainya, silakan akses menu Pengaturan / Settings > Display > Display Size. Disana anda akan menemukan semua opsi pengaturan baru.

Menu display keren lainnya adalah Nigh Light Mode. Ini bisa mengubah tampilan layar menjadi warna amber. Warna ini terlihat lebih sejuk di mata. Bahkan banyak yang berpendapat bahwa tampilan warna seperti ini bisa membantu kita cepat tidur. Untuk aktivasinya, masuk saja ke menu Settings > Display > Night Light.

Toggles untuk pengaturan cepat

Sapu ke bawah area notifikasi. Disana terdapat 6 shortcuts untuk pengaturan. Letaknya persis di bagian atas halaman. Silakan sentuh salah satu jika anda ingin mengetahui status dari pengaturan tersebut. Atau tahan lebih lama untuk menampilkan lebih banyak opsi.

Koleksi GIF lebih banyak

Siapa yang tidak suka memakai gambar animasi? Memakai gambar bergerak seperti ini membuat tulisan terasa lebih hidup. Beruntunglah anda sebab versi terbaru Android punya banyak pilihan GIF buat. Silakan pakai agar pesan menjadi lebih interaktif. Ketika menulis sebuah pesan, tekan saja ikon emoji yang tampil, lalu tombol GIF. Silakan masukkan GIF-GIF yang menurut anda menarik, lalu kirim. Nah, itu tadi sekilas review tentang Android 7.0 Nougat serta fitur-fitur yang dibawanya. Semoga anda tertarik untuk mencoba secara langsung.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.