Informasi Lengkap Android Marshmallow Terbaru 2015

Anda pengguna gadget dengan OS android? Sudah tahukah Anda bahwa di musim gugur tahun ini atau tepatnya di bulan September 2015 Google kembali meluncurkan OS android terbarunya. OS ini diberi nama dengan android Marshmallow dengan seri versi V.6. Android Marshmallow terbaru ini mempunyai banyak keunggulan dan fitur utama yang akan memuaskan para pengguna android. Namun untuk saat ini hanya beberapa merek gadget saja yang bisa upgrade ke versi android terbaru ini. Semua penjelasan mengenai fitur, keunggulan, cara upgrade, bahkan daftar gadget yang sudah bisa upgrade OS terbaru ini akan dijelaskan secara lengkap di sini.

Android Marshmallow terbaru_2Keunggulan dan Fitur Utama OS Android Marshmallow Terbaru

Android Marshmallow terbaru mempunyai banyak sekali keunggulan dan fitur utama yang bisa membuat para pengguna puas menggunakannya. Berikut beberapa fitur utama yang menjadi unggulan dalam OS android Marshmallow:

  1. Modus Doze

Konsumsi baterai gadget android cenderung boros karena banyaknya aplikasi yang digunakan, maka fitur pada OS android M ini bisa membantu Anda dalam menghemat baterai. Fitur modus Doze ini memungkinkan gadget secara otomatis mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan ketika gadget dalam keadaan sleep ataupun dalam keadaan standby. Modus Doze ini bisa dijalankan dengan cara mengubah pengaturan yang ada pada menu setting.

  1. USB Type C

USB yang melekat pada OS android lainnya adalah micro USB sedangkan pada OS android M ini sudah menggunakan USB Type C. Jenis USB Type C ini memungkinkan Anda untuk mengisi ulang baterai dengan waktu yang lebih cepat dibanding micro USB. Anda bisa mengecharge gadget dengan OS android M ini dengan waktu singkat sekitar 5 kali lebih cepat. Gadget yang sudah menggunakan OS android M ini juga bisa dijadikan sebagai powerbank untuk gadget lain.

  1. Android Pay

Kelebihan atau keunggulan lainnya dari android M ini adalah adanya fitur android pay yang bisa digunakan untuk pembayaran secara digital. Fitur ini disebut-sebut akan bersaing ketat dengan fitur Apple pay yang ada dalam gadget keluaran Apple. Android pay ini dikabarkan juga akan diluncurkan di beberapa negara yang ada di Asia Tenggara termasuk Indonesia.

  1. Sensor Sidik Jari

Sudah banyak gadget yang dibekali dengan sensor sidik jari tapi selama ini Google belum pernah melakukan standarisasi. Melalui OS android M ini Google mulai melakukan standarisasi untuk fitur sensor sidik jari. Di harapkan semua gadget yang menggunakan OS android M ini bisa mengamankan datanya dengan aman karena adanya sensor sidik jari.

  1. App Permissions

App permissions ini termasuk fitur yang diunggulkan di dalam OS android M, dengan adanya fitur ini pengguna bisa mengatur aplikasi mana yang akan dijalankan di background dan aplikasi mana saja yang tidak perlu di jalankan terus menerus. Adanya fitur ini bisa menghemat penggunaan RAM pada gadget sehingga kinerja gadget akan semakin maksimal.

  1. Auto Back Up Aplikasi

Fitur ini akan sangat membantu Anda menyimpan pengaturan data aplikasi secara online dengan menggunakan Google Drive. Semua data pada aplikasi yang ada pada gadget bisa terkover atau tersimpan semuanya dalam Google Drive, sehingga jika Anda mengganti gadget baru, semua data yang ada pada gadget lama tidak akan hilang dan bisa dipasang pada gadget yang baru.

  1. Google Now on Tap

Ini keunggulan dari OS android M yang terakhir yaitu aplikasi Google Now yang bisa langsung digunakan tanpa harus membuka aplikasi Google terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, Anda tinggal tekan menu home selama beberapa saat kemudian Google Now akan segera muncul. Anda bisa mencari apapun hanya dengan menggunakan perintah suara.

Daftar Gadgget yang Bisa Upgrade ke OS Android Marshmallow dan Caranya

OS Android Marshmallow terbaru ini memang belum bisa di upgrade pada semua merek gadget, hanya beberapa merek gadget saja yang sudah bisa melakukan upgrade ke versi OS android ini. Merek gadget yang sudah pasti bisa upgrade OS ke android Marshmallow ini di antaranya yaitu:

  1. Nexus

Merek gadget keluaran dari Google ini sudah bisa dipastikan akan menerima upgrade OS android terbaru ini. Dari pihak Google sudah mulai merilis android Marshmallow atau android M untuk gadget Nexus 6, Nexus 5, dan Nexus 9. Tidak lama lagi tipe HP Nexus yang lainnya juga akan bisa mengupgrade OS android mereka ke OS android M terbaru.

  1. HTC

Produsen gadget merek HTC secara resmi sudah mengumumkan bahwa gadget android keluaran mereka bisa langsung di upgrade ke OS android M yang terbaru. Gadget HTC yang sudah bisa melakukan upgrade ke OS android M ini adalah HTC One M9 dan HTC One 9+. Tidak beberapa lama lagi seri gadget HTC lainnya juga akan bisa melakukan upgrade ke OS android terbaru versi 6 ini.

  1. Samsung

Samsung yang merupakan produsen gadget Asia yang paling terkenal ini juga sudah mengumumkan bahwa gadget OS androidnya sudah bisa di upgrade ke OS android terbaru ini. Dua tipe android Marshmallow terbaru Samsung yang sudah bisa dipastikan bisa melakukan upgrade OS android M yaitu Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge. Untuk tipe lainnya masih dalam proses pengembangan.

  1. LG

Produsen LG juga diperkirakan akan merilis OS android M pada beberapa gadget terbaiknya. Gadget merek LG yang sudah dipastikan bisa upgrade ke OS android M adalah LG G3 dan LG G Fleksibel 2. Selain itu, tipe LG G4 juga sudah bisa dipastikan akan bisa menerima upgrade OS android versi 6 ini.

  1. Motorola

Seri gadget Motorola yang sudah dipastikan bisa upgrade ke versi android M adalah Motorola tipe Moto Turbo. Hanya saja, pengguna gadget Motorola tipe Moto E 1 Gen tidak akan bisa melakukan upgrade ke OS android M.

  1. Android One

Sudah bisa dipastikan para pengguna gadget merek Android One bisa melakukan upgrade OS android M. Tipe gadget Android One yang sudah bisa melakukan upgrade ke OS android M yaitu Spice Dream Uno, Karbonn Sparkle V, dan Mocromax Canvas A1.

Apakah merek gadget Anda salah satu dari ke enam merek gadget di atas dan semua spesifikasinya sudah memenuhi untuk bisa upgrade ke OS Android Marshmallow terbaru? Jika iya, maka Anda bisa langsung upgrade OS Anda ke yang baru ini. Cara upgrade ke OS android Marshmallow ini harus dilakukan secara manual dengan cara mengembalikan semua pengaturan ke device factory atau pengaturan pabrik. Jadi, sebelum melakukan upgrade pastikan jika semua data penting Anda yang ada di gadget sudah di back up terlebih dahulu atau dipindahkan ke komputer ataupun device lainnya agar data tidak hilang karena jika sudah di upgrade semua data akan hilang dan tidak bisa dikembalikan seperti semula.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Gadget and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.