Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil dan Biodata Lengkap

Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil dan biodata lengkap. Pembalap Lorenzo bernama lengkap Jorge Lorenzo Guerrero, ia di lahirkan di Palma De Mallorca Spanyol pada tanggal 4 Mei 1987. Jorge Lorenzo sendiri adalah pembalap MotoGP yang kini bergabung dalam Movista Yamaha MotoGP. Lorenzo juga termasuk pembalap juara dunia berkelas 250 cc pada tahun 2006-2007. Bahkan pada 10 Oktober 2010 sendiri, Jorge Lorenzo telah memastikan diri pada pertama kalinya menjadi seorang juara dunia pembalap MotoGP meskipun hanya sampai finish ketiga saat GP di Malaysia.Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil_1

Lorenzo mulai mengawali kariernya dalam dunia Moto GP untuk kelas 125 cc sendiri di tahun 2002 di seri Spanyol. Pada waktu itu, ia tak dapat mengikuti latihan sebab usianya sendiri masih belum mencukupi, sedangkan regulasi MotoGP sendiri mengharuskan pembalap yang berusia minimal 15 tahun supaya bisa terjun dalam dunia MotoGp. Sementara dirinya baru bisa mengikuti sesi dari kualifikasi kedua sebab pada saat itu adalah tepat di waktu ulang tahunnya berusia ke-15 tahun. Kemudian ia pun pertama kalinya memenangkan juara Grand Prix di musim berikutnya di Brazil dalam seri yang bernama Rio de Janeiro.

Pada dua musim yang berikutnya, yakni pada tahun 2005 sendiri ia pun turun pada kelas 250 cc. Pada saat itu, Lorenzo pun mulai diperhitungkan dalam dunia MotoGP sebab ia sudah meraih sebanyak 6 kali podium pada musim 2005. Di tahun 2006 ia pun berhasil dengan meraih kemenangan untuk balapan seri kelas 250 cc yang dilangsungkan di Qatar. Pada musim 2006, ia pun telah berhasil sebanyak 8 kali kemenangan serta 10 pole position kemudian mengantar Lorenzo hingga menjadi juara pembalap dunia kelas 250 cc pada pertama kalinya. Kemudian pada musim 2007 Lorenzo pun berhasil mempertahankan posisi juara dunia berkelas 250 cc sesudah meraih sebanyak 9 kali kemenangan dengan 9 kali untuk pole position.

Kemenangan Lorenzo di Misano pada tahun 2007 sendiri menjadikannya tercatat sebagai seorang pembalap dari Spanyol yang paling sukses dalam kelas 250 cc yang memiliki total kemenangan sampai 16 kemenangan, di mana lebih banyak 1 kemenangan dari Sito Pons dan Daniel Pedrosa.

Perjalanan Jorge Lorenzo di Dunia MotoGP

Sebelum kita membahas mengenai Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil dan biodata lebih lengkap, kita akan bahas terlebih dulu mengenai perjalanan Jorge Lorenzo di dunia MotoGP. Di tanggal 25 Juli 2007 Lorenzo pun menandatangani kontrak bersama Fiat Yamaha serta menjadi rekan dari Valentino Rossi pada musim 2008-2009. Di seri pertamanya, pada kelas MotoGP tahun 2008 ia pun langsung merebut sebuah pole position serta menjadikannya sebagai orang di posisi kedua yang telah melakukan hal itu, semenjak Max Biaggi yang melakukannya di tahun 1998. Kemudian di 3 seri yang berikutnya ia pun mempertahankan posisinya untuk pole position tadi kemudian memenangi kelas balapan MotoGP yang pertama kali dalam Sirkuit Estoril, di Portugal. Pada seri berikutnya, dalam MotoGP Grand Prix of China Lorenzo pun mengalami kecelakaan yang hebat di sesi latihan dan membuatnya tak dapat melakukan balapan dengan fit, meskipun akhirnya dengan brilian Lorenzo mampu melakukan finis ke-4 ketika lomba.

Berikutnya dalam seri Le Mans, Lorenzo pun lagi-lagi harus mengalami kecelakaan ketika melakukan latihan bebas, akan tetapi dengan brilian pula ia pun tetap mampu melakukan balapan dengan finis kedua. Namun, kesialan pun masih belum berakhir bagi Lorenzo ketika ia harus mengalami kecelakaan kembali dalam seri Mugello. Sampai akhirnya pada Sirkuit Catalunya ia pun terjatuh kembali hingga akhirnya mengakibatkan dirinya gagal untuk mengikuti balapan.

Kemudian Lorenzo pun kembali mengikuti balapan saat dilakukan di Donington Park kemudian berakhir pada finish di P6. Dengan Perolehan hasil yang serupa, ia pun membukukan kembali pada seri berikutnya di Assen, hingga akhirnya ia pun kembali mengalami kecelakaan dalam seri balapan di Jerman. Setelah itu, dalam seri Laguna Seca ia pun harus mengalami kecelakaan kembali dengan hebat ketika balapan, sehingga membuatnya dijuluki sebagai seorang pembalap MotoGP rookie yang paling sering mengalami kecelakaan. Kemudian Lorenzo pun meraih 2 podium di Indianapolis dan San Marino. Berdasarkan keseluruhan sendiri ia berada dalam P4 Klasemen di tahun 2008 yang memiliki 190 poin.

Kemudian masuk menuju musim 2009, Lorenzo pun kian tampil lebih matang dan kuat. Ia pun terus mendekati secara ketat seniornya dalam tim Yamaha, yakni Valentino Rossi hingga sepanjang musim. Pada musim 2009 sendiri, Lorenzo tampil menjadi juara pada 4 balapan yang berlangsung di Portugal, Jepang, Indianapolis dan Perancis. Ia pun mampu mendapatkan 5 kali pole dengan total sebanyak 12 podium. Pada akhir musim sendiri, Lorenzo pun berada dalam P2 Klasemen yang meraih poin sebanyak 261 poin.

Pada 25 Agustus 2009 sendiri, Jorge Lorenzo pun mengakhiri sebuah isu mengenai kepindahan menuju Ducati atau Honda pada musim 2010. Pada saat itu, ia pun menandatangani kontrak perpanjangannya dengan Yamaha. Dilaporkan bahwa Ducati sendiri menawarkan Lorenzo untuk menandatangani kontrak yang bernilai sebesar 15 juta dollar selama semusim agar menjadi rekan dalam tim Casey Stoner pada musim 2010. Akan tetapi, Lorenzo pun akhirnya memilih untuk tetap bertahan bersama Yamaha.

Profil Pembalap Moto GP Jorge Lorenzo

Berbicara mengenai Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil, Lorenzo sendiri dikenal mempunyai rasa humor dan semangat tinggi ketika merayakan kemenangannya, terlebih lagi ketika ia mendominasi kemenangan pada musim 2010. Berbagai selebrasi atas kemenangan Lorenzo pun pada musim 2010, di antaranya menjadi astronot, pegolf serta membawa 2 maskot dari Mario serial Nintento Mario Bersaudara ketika ia memastikan bahwa dirinya merupakan juara dunia musim 2010 yang berlangsung di Malaysia.

Untuk Anda yang penasaran dengan Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil dan biodata diri lengkapnya berikut ini ulasannya:

Nama Lengkap                                  : Jorge Lorenzo Guerrero

Agama                                                  : Katolik

Tempat dan Tanggal Lahir             : Palma de Mallorca, Pulau Belearic, Spanyol, 4 Mei 1987

Warga Negara                                   : Spanyol

Zodiak                                                   : Taurus

Nama Ayah                                         : Jose Manuel Lorenzo

Nama Ibu                                            : Maria Guerrero

Tinggi Badan                                       : 171 cm

Nama Saudara                                   : Laura (Adik Perempuan)

Populer saat                                       : Menjadi juara dalam kelas 250 cc musim 2006.

Penghargaan                                     : Debut pertama saat mengikuti Kejuaraan di Dunia GP Kelas 125 cc mengendarai Derbi RS 125 (2002), Peringkat ke-12 dalam Kejuaraan Dunia GP Kelas 125cc mengendarai Derbi RS 125 (2003), Peringkat ke-4 Kejuaraan Dunia GP kelas 125cc mengendarai Derbi RSA 125 (2004), Peringkat ke-5 dalam Kejuaraan Dunia GP 250 cc mengendarai Honda RS250RW (2005), Juara Dunia GP 250 cc mengendarai Aprilia RSW 250 (2006), Juara Dunia GP 250 cc mengendarai Aprilia RSW 250 (2007), Juara ke-4 Kejuaraan Dunia MotoGP mengendarai Yamaha YZR-M1 (2008), Juara ke-2 Kejuaraan Dunia MotoGP mengendarai Yamaha YZR-M1 (2009), Juara Dunia MotoGP mengendarai Yamaha YZR-M1 (2009), Juara Dunia MotoGP mengendarai Yamaha YZR-M1 (2010), dan Juara ke-2 Kejuaraan Dunia MotoGP mengendarai Yamaha YZR-M1 (2011).

Demikianlah ulasan mengenai Jorge Lorenzo Pembalap MotorGP Profil dan biodata lengkapnya!

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Olah Raga and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.