Cara Memperbaiki Dispenser

Dispenser merupakan perabotan penting untuk rumah tangga meski tidak semua orang memilikinya. Beberapa lebih suka merebus air sendiri, sehingga alat ini tidak terlalu diperlukan. Nah, bagi anda yang ingin memperbaiki dispenser, ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan, seperti cairan pembersih, kain, obeng, dan spare parts pengganti. Mengganti sendiri komponen yang rusak lebih hemat.

Cara memperbaiki dispenser 2
image source: pinterest.com

Dispenser punya konstruksi yang sederhana meskipun dari luar terlihat besar. Lalu, apa tanda anda perlu memperbaikinya? Jika air yang keluar tidak sepanas biasanya, itu bisa menjadi pertanda bahwa beberapa komponen perlu diperbaiki. Produk dispenser terbaru biasanya punya spare parts pengganti yang mudah ditemukan di toko.

Melepas komponen

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan semua komponen dispenser. Sebaiknya cabut dulu colokan untuk menghindari kecelakan kerja. Kemudian, lepaskan juga galon karena galon yang terisi penuh bisa menyulitkan anda saat bekerja. Lepaskan penutup di bagian atas, lalu cari gulungan kabel di bagian dalam. Jika dispenser punya keran air dingin dan panas, anda akan menemukan beberapa gulungan kabel.

Beberapa produk bahkan punya 3 keran sekaligus, dimana yang satunya khusus untuk mengeluarkan air dengan suhu ruangan (tidak dingin / panas). Bersihkan semua kabel yang ditemukan. Pastikan tidak ada lagi sisa-sisa debu sebelum anda memasukkannya kembali. Pakai cairan pembersih yang sudah dipersiapkan. Kami sarankan anda memakai cairan pembersih yang mild atau tidak mengandung bahan kimia keras.

Reset water cooler

Keluarkan sisa air dari dalam dispenser, lalu masukkan kembali colokan ke power outlet. Cari saklar di bagian belakang. Ini juga bisa berfungsi sebagai tombol switch. Matikan, lalu cabut kembali colokan. Diamkan dispenser semalaman, anda bisa melanjutkan pekerjaan keesokan harinya. Setelah memasang colokan kembali, tunggu 3 jam sebelum memasang jug yang baru ke dalam wadah. Trik ini bisa membantu menuntaskan masalah suhu pada dispenser.

Cara memperbaiki dispenser
image source: pinterest.com

Ganti komponen lama

Beberapa komponen mungkin perlu diganti jika dispenser tidak bekerja sebagaimana mestinya. Anda perlu mencari spare parts pengganti yang sesuai dengan merk dispenser yang dimiliki. Jika tidak, bisa saja komponen baru tidak bekerja. Dari semua komponen, kabel termasuk yang paling sering mengalami masalah akibat terjadinya korosi. Ketika menginstal kabel baru, peletakannya harus sama persis dengan yang sekarang. Ini untuk menghndari terjadinya error.

Jika ada instalasi yang kurang tepat, dispenser mungkin saja tidak bekerja. Mengganti water jug juga bisa menjadi alternatif. Anda bisa melakukan pengecekan pada jug yang baru untuk mengetahui apakah kualitas air yang dihasilkan sudah sama dengan jug lama. Ini terutama berkaitan dengan suhu air. Jika komponen baru menghasilkan suhu yang lebih baik, maka itu artinya proses penggantian berhasil. Komponen lama bisa dibuang saja. Setelah semua komponen dipasang, tempatkan dispenser di lokasi yang teduh. Paparan sinar matahari bisa merangsang pertumbuhan bakteri. Ini akan menurunkan kualitas air dan bisa berdampak buruk pada kesehatan anda.

Letakkan saja di suhu ruangan, seperti di dapur. Membersihkan dispenser juga penting, meski tidak harus sering-sering dilakukan. Anda bisa membersihkan pada bagian eskterior saja dengan lap dan cairan pembersih. Pilih produk pembersih yang tidak mengandung bahan keras agar dispenser awet. Rata-rata dispenser terbuat dari plastik, jadi jika anda tidak berhati-hati, kekuatannya akan menurun akibat metode pembersihan yang kurang tepat. Nah, itu tadi cara memperbaiki dispenser. Silakan praktekkan langsung di rumah.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.