Memodernisasikan Rumah Dengan Konsep Smart Home

Memodernisasikan Rumah Dengan Konsep Smart Home

Sebuah rumah merupakan hunian yang di harapkan memberi kenyamanan bagi seseorang yang tinggal di tempat tersebut. Selain itu rumah yang di tinggali tentunya sangat di harapkan sesuai dengan keinginan pemiliknya.tidak hanya itu berbagai kemudahan yang dapat di jumpai di dalam rumah tentunya menjadi harapan tersendiri. Namun hal tersebut saat ini bukan hanya menjadi harapan semata. Saat ini tengah di kembangkan dan di terapkan oleh warga di luar negri dengan memiliki smart house. Dimana saat ini Konsep Smart HomeĀ juga mulai di kenal masyarakat di indonesia.

Rumah Dengan Konsep Smart Home
Rumah Dengan Konsep Smart Home

Bagi kebanyakan orang, tentunya smart home indonesia ini masih asing. Disisi lain terdapat juga yang malah salah dalam mengartikan istilah yang sudah tenar di luar negri ini.dimana smart home ini merupakan suatu kemudahan pengaturan rumah. Dengan kata lain pemilik bisa memiliki rumah pintar yang memberikan kemudahan dalam berbagai hal. Pengertian lain rumah pintar ini adalah suatu keinginan di mana pemilik rumah bisa mengatur semua yang ada di dalam rumah yang di hubungkan ke smartphone ataupun perangkat gadget lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar pemilik rumah dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Mengenal lebih lanjut Konsep Smart Home

Smart home merupakan rumah yang di desain secara khusus dimana dengan mengaplikasikan teknologi tertentu di dalamnya. Smart house sebenarnya bisa memberikan beberapa kemudahan bagi pemiliknya. Dimana di dalam smart home bisa di aplikasikan beberapa sistem yang mempunyai fungsi dan tujuannya masing-masing. Sebut saja sistem keamanan. Tentunya banyak pemilik rumah yang tertarik akan sistem yang di tawarkan pada smart home indonesia. Mengingat keamanan sebuah rumah menjadi salah satu hal yang paling penting demi sebuah kenyamanan.

Pada sistem keamanan smart home, pemilik rumah akan di mudahkan dalam penguncian setiap kamar ataupun rumah itu sendiri. Selain itu pemilik rumah juga bisa membuka dan menutup pintu gerbang hanya dengan perangkat remote atau smartphone yang telah di koneksikan. Pada sistem keamanan smart home juga memberikan peringatan pada seseorang yang tidak di kenal memasuki kamar atau ruang tertentu sesuai yang di inginkan oleh pemiliknya. Tentunya dengan kelebihan smart home ini kan membantu pemilik rumah dalam hal pengamanan.

Selain sistem keamanan, smart home juga menawarkan sistem penghematan energy dan pengontrol segala sesuatu di rumah. Yang menjadi bagian dari control ini adalah misalnya ketika seseorang masuk ke dalam ruangan, secara otomatis lampu kamar akan menyala atau suhu ruangan juga akan di sesuaikan dengan jumlah orang yang berada di dalam ruangan. Begitu juga ketika orang-orang tersebut telah keluar, sistem secara otomatis akan menonaktifkan/ mematikan pencahayaan ataupun pendingin ruangan. Dengan demikian penggunaan listrik ataupun energy di dalam Konsep Smart Home tersebut akan lebih terkontrol.

Selain beberapa kelebihan di atas, pemilik rumah juga akan di mudahkan dengan kegiatan yang terpusat melalui suatu smartphone ataupun perangkat remote. Dengan demikian anda tidak perlu berjalan hanya untuk menutup tirai jendela, menyalakan televisi ataupun menyalakan lampu. Kemudahan yang di tawarkan ini tentunya juga sangat bermanfaat bagi orang yang berkebutuhan khusus ataupun lansia. Dengan demikian mereka juga bisa hidup dengan kualitas yang baik. Semakin banyaknya peminat smart home indonesia ini menjadikan para perusahaan semakin gencar mengembangkan produk mereka yang mendukung konsep rumah pintar ini, sebut saja perusahaan google dan apple. Sedangkan di indonesia sendiri juga terdapat perusahaan yang berkembang dalam smart home, yaitu indotorc.

Konsep smart home indonesia ini tentunya sangat cocok di gunakan di sebuah kantor, apartement atau juga rumah hunian. Tentunya untuk memiliki segala kemudahan tersebut harus di bayar dengan jumlah uang yang tidak sedikit. Oleh karena itu saat ini peminat akan rumah pintar ini baru sebatas para high class. Mengingat biaya yang di pastikan untuk bisa memiliki sistem rumah pintar ini mencapai sebesar us $ 3.2 milliar.

Memang menarik untuk memiliki smart home, namun sebelum memiliki kemudahan yang di tawarkan, terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan. Dimana salah satunya adalah pemilik rumah harus bisa memahami terlebih dahulu akan sistem elektronik yang dapat di aplikasikan di suatu rumah. Mengingat smart home ini mengandalkan teknologi tercanggih dan terbaru. Dimana semua sistem tersebut mengacu pada otomatisasi dari berbagai peralatan yang ada di rumah yang telah mendukung rumah pintar tersebut. Selanjutnya pemilik rumah bisa memilih provider sistem smart home tersebut. Dengan demikian pemilik rumah bisa mengkonsultasikan sistem apa yang akan di butuhkan. Selanjutnya pemilik rumah dan penyedia jasa provider bisa mempelajari tata letak rumah dan sistem yang bagaimana yang bisa di gunakan. Dan tentunya pemilik rumah juga harus menyediakan budget yang tidak murah.

Deskripsi: Konsep Smart Home merupakan sebuah sistem yang mengarah pada otomatisasi yang bisa memberikan kemudahan dan jaminan keamanan pada sebuah bangunan.

 

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.