Bagaimana Teknologi Cloud Computing Diterapkan

Bagaimana teknologi cloud computing diterapkan

Cloud computing berarti cara penyimpanan dan akses data lewat internet. Cloud sendiri merupakan simbol yang dipakai untuk menggambarkan internet. Ketika anda menyimpan data pada hard drive internal, maka itu disebut dengan local storage. Sementara jika anda menyimpan daya pada server yang letaknya jauh dari rumah, maka itu bisa dikategorikan sebagai cloud computing. Pengaplikasian sistem ini sangat luas. Jika anda ingin tahu bagaimana teknologi cloud computing diterapkan, berikut ini informasi selengkapnya:

Pengembangan lingkungan

Salah satu contoh nyata penggunaan layanan ini adalah untuk menguji coba sebuah lingkungan atau environment. Ini mencakup pendanaan dan pengelolaan infrastruktur lainnya, seperti aset fisik, manpower, dan waktu. Proses konfigurasi untuk menciptakan sebuah lingkungan perlu waktu yang panjang. Dengan hadirnya cloud computing, proses akan jauh lebih mudah. Itu karena pada cloud computing, sumber daya virtual yang tersedia jumlahnya melimpah.

Analisis data

Keuntungan lain memakai cloud computing adalah memproses data dalam jumlah besar. Ini pada akhirnya bisa berdampak positif pada bisnis sebab proses analisa data bisa dilakukan dengan instan. Retailer dan supplier sudah banyak yang memakai layanan ini untuk mengumpulkan informasi dari klien mereka. Pemrosesan cloud juga memungkinkan mereka mempelajari pola belanja dari konsumen dengan lebih mudah. Dengan begitu, mereka bisa melakukan kampanye iklan secara tepat. Platform media sosial saat ini sudah menyediakan opsi kepada bisnis untuk membaca tingkah laku pengguna. Informasi tersebut nantinya bisa dipergunakan di dalam operasional bisnis mereka.

Penyimpanan data

Dari sekian banyak manfaat cloud computing, yang paling terlihat mungkin kemampuan penyimpanan datanya. Layanan cloud sangat beragam saat ini. Mereka tidak hanya berlomba-lomba menawarkan lingkungan yang aman bagi data klien, tapi juga proses upload dan download data yang cepat. Untuk mencari tahu layanan mana saja yang banyak orang pergunakan, silakan cari review-nya di internet. Dengan sistem cloud, akses data bisa dilakukan darimana saja. Yang dibutuhkan hanya koneksi internet dan komputer /

Smartphone

Anda hanya perlu login ke akun cloud, kemudian mengakses data yang tersimpan disana. Proses download dan upload juga sangat mudah. Keunggulan lainnya adalah soal keamanan. Security merupakan prioritas utama bagi penyedia layanan cloud. Sebelum registrasi, cari tahu dulu pilihan paket yang tersedia. Mahal-tidaknya service cloud biasanya ditentukan oleh space yang diberikan. Untuk paket yang space-nya besar, harganya tentu akan lebih mahal.

Pilihlah paket yang sesuai dengan kebutuhan, agar tidak banyak ruang tersisa setelah dipakai untuk menyimpan data. Storage tersebut bisa dipakai untuk menyimpan berbagai jenis data, seperti dokumen, audio, video, dll. Keuntungan menyimpan data pada server cloud adalah anda tidak perlu repot melakukan monitoring secara manual. Semuanya sudah dilakukan oleh penyedia layanan. Tugas anda hanya memakainya saja.

Recovery dan backup data

Cloud computing juga memberikan efisiensi soal recovery data ketika terjadi musibah. Proses restorasi bisa lebih cepat dilakukan ketika data disimpan pada beberapa lokasi berbeda. Kemudian untuk backup data, kita tahu bahwa proses ini sangat kompleks. Proses yang kompleks tersebut bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti proses restorasi yang lambat dan error. Dengan komputasi cloud, kita bisa men-dispatch data ke lokasi dalam satu jaringan untuk memastikan tidak ada masalah pada storage dan keamanan. Fleksibilitas seperti ini membuat banyak perusahaan beralih ke sistem cloud agar bisnis mereka bisa berjalan dengan semakin lancar. Nah, itu tadi bagaimana teknologi cloud computing diterapkan.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.