Bagaimana Digitalisasi Mempengaruhi Struktur Pasar Indonesia?

Bagaimana Digitalisasi Mempengaruhi Struktur Pasar Indonesia?
Digitalisasi Mempengaruhi Struktur Pasar Indonesia
Saat seseorang mendirikan sebuah perusahaan hal yang dicarinya selain kepuasan adalah keuntungan baik dalam jangka panjang atau jangka pendek dan untuk mendapatkan 2 jenis keuntungan tersebut, perusahaan perlu melakukan sesuatu seperti memperkenalkan produk-produk mereka melalui digital marketing. Ketika produk selesai di ciptakan telah dikemas dan ingin di pasarkan, bagi para pedagan pemula yang tidak mengenal dengan baik struktur pasar tentu akan mengalami berbagai rintangan. Struktur pasar sendiri merupakan karakteristik organisasi pasar yang memberikan pengaruh pada masing-masing pengusaha/pedagang, yang menumbuhkan sifat kompetisi juga harga dalam pasar. Lantas, bagaimana digitalisasi mempengaruhi struktur pasar baik itu pasar persaingan sempurna maupun pasar persaingan yang tidak sempurna?.

Pasar Persaingan Sempurna

Merupakan sebuah struktur pasar yang telah ditandai oleh total pembeli dan penjual yang jumlahnya sangatlah banyak. Secara kasarnya, di pasar ini, sebagai pedagang, Anda akan menemui banyak pesaing dan sebagai konsumen, Anda akan menemui banyak pedagang yang ingin memperoleh keuntungan atau pemasukan maksimal. Karena persaingannya sangat ketat, para pedagang berusaha dengan sebaik mungkin untuk menarik minat dan menumbuhkan simpati dari konsumen dengan berbagai cara termasuk memanfaatkan media elektronik yang ada dan sedang berkembang saat ini, apalagi ada banyak penyedia jasa layanan jual beli online di internet yang bisa dimasui pedangan dan pembeli secara gratis. Dalam struktur pasar ini dengan bantuan media elektronik yang ada, para pedagang akan berusaha sebaik mungkin untuk selalu mengoperasikan tokonya dan mengusahakan agar tidak mengalami kerugian sekecil apapun. Yang paling menonjol dari aplikasi struktur pasar ini adalah usaha-usaha masyarakat, seperti pasar hasil produksi pertanian, pasar tenaga kerja pelaksana, pasar uang dan bursa efek serta masih banyak lagi.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Bagaimana digitalisasi mempengaruhi struktur pasar persaingan tidak sempurna? yang bila diartikan merupakan pasar maupun industri yang terdiri atas produsen yang memiliki kekuatan pasar dan mampu mengendalikan harga output pasaran. Ada 3 model umum dari pasar persaingan tidak sempurna, yakni pasar persaingan monolpolistik, pasar monopoli dan oligopoly. Hubungan atau pengaruh digitalisasi dengan struktur pasar ini hanya bisa dinilai jika Anda mengerti betul apa maksud dan tujuan dari berdirinya pasar-pasar tersebut.

  • Pasar Monopolistik merupakan struktur pasar mirip dengan pasar persaingan sempurna akan tetapi ada satu perbedaan yang sangat mencolok dari pasar ini, yakni produsennya yang mampu untuk membuat perbedaan dari tiap produknya dengan produk produsen lain. Cara dagang ini tentu lebih menguntungkan apalagi jika media elektronik yang Anda manfaatkan memberikan banyak pengaruh yang kuat bagi kelancaran pekerjaan.
  • Pasar Monopoli merupakan suatu pasar dimana hanya ada satu produsen, tanpa pesaing. Mungkin terdengar menguntungkan baik secara offline maupun online, namun bila tidak dibarengi dengan kualitas produknya yang baik, maka pedagang tidak akan mendapatkan banyak keuntungan yang diharapkannya. Media elektronik hanya bekerja sebagai marketing saja, sebagai pedagang yang menjual barang dagangan, Anda harus pintar pintar menarik perhatian pembeli agar toko tidak lagi sepi, kalau memungkinkan Anda mungkin bisa meramaikan toko melalui media sosial dimana teman yang Anda miliki sangat banyak.

Demikian mengenai bagaimana digitalisasi mempengaruhi struktur pasar semoga Anda yang ingin membuka usaha bisa menjalankan usaha dengan sebaik mungkin sehingga hasilnya akan optimal, lakukan digital marketing sebagai salah satu cara memperoleh banyak pelanggan dari nusantara.

 

 

 

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.