Bagaimana Cara Memakai Kamera Digital Mode Auto?

Bagaimana Cara Memakai Kamera Digital Mode Auto?

Bagaimana Cara Memakai Kamera Digital Mode Auto
Image: practicalphotographytips

Pada dasarnya semua orang tertarik untuk memiliki dan memakai kamera digital, sehebat dan secanggih apapun fitur kamera smartphone-nya. Karena kamera digital memiliki komposisi warna dan fokus otomatik yang baik yang akan membantu fotographer untuk berkonsentrasi pada suatu objek, bukannya pada kamera, mau objeknya jauh atau dekat. Kamera digital yang dijual di pasar memang banyak dalam berbagai merk dan harga, namun hampir keseluruhan memiliki fitur dan fungsi yang sama yakni membidik objek dan menghasilkan gambar yang bagus. Lalu bagaimana cara memakai kamera digital yang baik dan benar untuk menghasilkan gambar-gambar terbaik?. Berikut cara memakai kamera digital:

  1. Aktifkan Kamera

Mengaktifkan kamera dan mengaturnya pada mode otomatis. Dan untuk penghematan baterai, Anda perlu mematikan pembidik LCD lalu menggunakan pembidik optic yang telah tersedia.

  1. Bidik Objek

Lensa pembidik maupun LCD akan membantu menampilkan suatu objek yang hendak Anda potret. Gunakanlah tombol zoom untuk mendapatkan komposisi gambar yang tepat dan jika pembidik Anda mengalami bias, tiak mampu fokus, periksalah apakah kamera Anda memiliki pereduksi bias?.

  1. Fokus Otomatis

Letakkan objek yang akan menjadi pusat gambar, dan bila gambar tersebut belum terlalu tajam saat dilihat dari kamera, gunakanlah mode fokus otomatis dimana skala ketajaman suatu gambar tergantung dari jenis kamera yang dipakai dan untuk proses fokus otomatis, aplikasikan ketika menekan setengah tombol pembidik.

  1. Bukaan Otomatis

Anda tidak akan memahami dengan baik bagamana cara memakai kamera digital jika belum tahu apa itu bukaan lensa? yakni lebarnya lensa pembidik yang mana akan terbuka untuk membantu memindai gambar. Bukaan otomatis yang terdapat pada kamera digital telah dideteksi berdasarkan besar cahaya yang telah diterima sensor. Bukaan lensa optimal dapat ditentukan dengan cara yang sama yakni dengan menekan setengah tombol pembidik.

  1. Blitz Otomatis

Apabila cahaya yang masuk pada objek kurang baik sehingga gambar yang dihasilkan saat dipotret tidak jelas dan tampak suram, atasi dengan menggunakan bukaan otomatis yang secara otomatis akan mengaktifkan blitz di kamera digital. Dan dalam kondisi yang aktif, lihatlah lampo indikatornya yang terus berkedip ketika Anda menekan setengah tombol pembidiknya.

  1. White Balance Otomatis

Merupakan metode penyaringan yang dilakukan saat proses konversi dari gradisasi klasik (hitam dan putih) ke gradasi yang berwarna. Metode ini dapat disetel secara otomatis untuk menyesuaikan proporsi warna sehingga warna putihnya tetap ada di dalam foto meskipun warna gradasinya tajam.

Step by step di atas merupakan langkah mudah memakai kamera digital yang ditujukkan untuk para pemula atau amatir dengan mode auto karena mode-mode kamera itu sangat banyak, bukan hanya ada satu atau dua saja.

  • A-DEP (Automatich Dept of Field) merupakan mode kamera dimana pengaturan fokus foreground serta backgroundnya sengaja diatur secara otomatis di kamera sehingga fotographer dapat menghasilkan foto yang tajam dan bagus baik di foreground atau background.
  • M=Full Manual merupakan mode pengaturan kamera yang secara keseluruhan diatur manual, seperti pengaturan aperture, ISO, shutter speed dan masih banyak lagi.
  • Auto merupakan model kamera yang sepenuhnya mengatur kebutuhan pengaturan sehingga fotographer hanya perlu bidik gambar sana sini tanpa pusing memikirkan hasil gambarnya, karena sudah pasti bagus

Bagaimana cara memakai kamera digital dan tiga mode kamera yang umum diaplikasikan oleh fotographer telah dijelaskan. Semoga bermanfaat dan silahkan ambil banyak gambar.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Guide and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.