7 Tips Bagaimana Memilih Kamera Digital yang Baik

7 Tips Bagaimana Memilih Kamera Digital yang Baik
Bagaimana Memilih Kamera Digital yang Baik
Gambar: techradar.com

Memiliki kamera digital di zaman modern sangatlah penting. Selain bisa digunakan untuk mengabadikan berbagai objek menarik, kamera digital juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pengingat kenangan, Anda bisa menyimpan banyak gambar yang nanti akan menjadi album kenangan terindah. Bila sedang berencana menabung untuk membeli kamera baru, agar tidak salah pilih baiknya Anda mengetahui dasar-dasar dalam memilih sebuah kamera digital yang baik. Bagaimana memilih kamera digital yang baik dikutip dari Basic Digital Photography simak tipsnya berikut:

Baterai

Disaat membeli kamera banyak orang yang kurang perhatikan dengan kondisi baterai kamera. Jadi tidak aneh jika banyak orang yang punya kamera digital bagus tapi baterai kameranya cepat habis. Kamera digital bagus akan terlihat kurang sempurna bila tidak dilengkapi dengan kapasitas baterai yang baik yang bisa mengimbanginya. Herannya lagi, cukup banyak kamera murah yang memiliki kapasitas baterai cukup lama sementara itu kamera digital bermerk justru boros baterai. Sebelum beli kamera digital pastikan Anda telah mengetahui life time baterainya.

Jumlah Megapixel

Besar kecilnya jumlah megapixel dari kamera nantinya akan menentukan halus tidaknya gambar yang telah Anda bidik. Umumnya jumlah megapixel kamera itu sekitar 2-8 MP. Dan jika gambar tersebut tujuannya hanya untuk dipublish di web atau dikirimkan melalui email, maka Anda hanya memerlukan megapixel yang lebih kecil, sekitar 2 MP. Akan tetapi, bila Anda rencananya ingin mencetak gambar dalam skala besar, pilihlah kamera yang total megapixelnya besar, paling kecil 5 MP.

Zoom

Jika Anda ingin memiliki sebuah kamera digital yang memiliki kemampuan terbaik dalam menjangkau objek lebih dekat, maka pilih kamera digital yang memiliki fitur Zoom, karena rata-rata kamera digital telah memiliki zoom, maka yang perlu Anda perhatikan adalah jenis zoom-nya. Alangkah baiknya jika Anda memilih kamera digital berlabel optical zoom, bukannya digital zoom. Fungsi dari optical zoom adalah memperbesar gambar dengan kualitas gambar terbaik, sementara digital zoom justru akan menghasilkan gambar yang kabur dan pecah, sebagai rekomendasi terbaik, pilih kamera yang memiliki kemampuan untuk 3x Zoom.

Kontrol Eksposur

Bagaimana memilih kamera digital yang baik agar Anda tidak kecewa saat menggunakannya nanti? salah satu cara cerdas adalah dengan memerhatikan kontrol eksposur, seperti kecepatan kamera dalam mengambil gambar yang sedang bergerak, bukaan lensanya serta teknis lainnya. Memiliki kontrol eksposur lengkap dan manual, sifat kamera ini sangat cocok untuk fogografer pro. Anda yang ingin memakai kamera digital sehari-hari, cukup gunakan kamera digital biasa dimana bentuknya tidak begitu besar, dipilih yang biasa karena pengaurannya sudah terpasang secara otomatis.

Flash

Pastikan jika kamera digital memiliki fitur flash karena cahaya dari flash dapat membantu menghasilkan gambar yang jauh lebih cerah dan jernih terutama saat Anda mengambil gambar di malam hari atau di dalam ruangan.

Memory Card

Usahakan untuk membeli kamera digital yang memorinya mampu menampung banyak gambar. Dan pastikan juga bila di dalam kamera digital tersedia tempat memori card apabila nanti Anda membutuhkan memori tambahan.

Coba Sebelum Membeli

Pastikan untuk selalu mencoba barang elektronik sebelum membeli, lihat hasil gambar dari kamera digital tersebut, selain itu pahami juga fitur-fitur yang ada dan bila harga dan semua kelengkapannya sesuai dengan harapan, Anda bisa langsung boyong pulang kamera digitalnya.

Demikian ulasan singkat mengenai bagaimana memilih kamera digital yang baik? semoga membantu dan selamat berbelanja.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Guide and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.