6 Tips Memilih Kamera DSLR yang Bagus dan Benar

tips memilih kamera dslr_5

Berikut ini akan dibagikan tips memilih kamera DSLR untuk Anda yang ingin membeli kamera DSLR. Kamera DSLR merupakan kamera yang dilengkapi dengan kemampuan canggih, mampu menghasilkan gambar lebih bagus dan berkualitas. Harga kamera DSLR umumnya lebih mahal dibanding harga kamera digital. Harga yang dibanderol tentunya sangat dipengaruhi oleh kemampuannya dalam mengambil gambar. Karena kemampuannya tersebut, banyak orang melirik kamera DSLR untuk diandalkan dalam dunia fotografi. Tidak hanya bagi fotografer handal saja yang melirik kamera DSLR, tetapi masyarakat umum juga tertarik untuk memiliki kamera ini.

Seperti yang Anda ketahui, dunia fotografi saat ini memang sangat menyenangkan dan menjadi hobi sebagian besar orang. Oleh karena itu, tips memilih kamera DSLR berikut ini sangat penting untuk dibagikan. Agar Anda tidak asal-asalan memilih kamera DSLR, simak dan ikuti tips berikut ini:

  1. Cek spesifikasi

Dalam memilih kamera DSLR, cek terlebih dahulu spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Lihat kemampuannya dalam mengambil gambar, kemampuan mengganti lensa dan cek resolusinya. Perhatikan juga apakah terdapat fitur auto fokus yang cepat dan juga kemampuan mengambil gambar berturut-turut.

  1. Hindari mempertimbangkan merek

Tips memilih kamera DSLR untuk pemula sebaiknya hindari mempertimbangkan merek. Jangan jadikan merek sebagai patokan utama Anda, karena tidak semua kamera DSLR bermerek memiliki kualitas yang bagus. Tidak hanya itu saja, bagi Anda para pemula tentu tidak akan mengetahui beberapa spesifikasi khusus yang membedakan hasil jepretan antara yang bermerek dan tidak.

  1. Tetapkan satu pilihan

Tips memilih kamera DSLR selanjutnya yaitu tetapkan satu pilihan yang benar-benar Anda inginkan. Setelah mengecek spesifikasinya, pilih satu kamera yang menurut Anda paling Anda inginkan. Jangan mudah berganti-ganti pilihan karena hanya akan membuat Anda bingung ketika harus memilihnya.

  1. Lihat service center

Satu hal yang perlu Anda ketahui, setiap alat elektronik memiliki peluang besar terjadi kerusakan. Baik karena pemakaian ataupun karena cacat produksi, Anda harus mempertimbangkan risiko terjadinya kerusakan. Oleh sebab itu, dalam memilih kamera DSLR perhatikan juga service centernya. Pertimbangkan kembali jika kamera yang Anda beli tidak memiliki service center di dekat Anda tinggal sekarang. Sebaiknya pilih yang service centernya terjangkau untuk mempermudah Anda jika ingin melakukan perbaikan atau klaim garansi.

  1. Perhatikan resolusi

Tips memilih kamera DSLR selanjutnya yaitu perhatikan resolusi yang dimiliki kamera DSLR tersebut. Semakin besar resolusi kamera tersebut maka hasil jepretan yang diberikan akan semakin bagus. Rata-rata kamera DSLR saat ini memiliki resolusi 12 MP, Anda dapat memilih kamera dengan resolusi yang lebih besar.

  1. Sesuaikan harga

Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih kamera DSLR yaitu sesuaikan harga dengan budget yang Anda miliki. Tips memilih kamera DSLR yang baik yaitu hindari memaksakan membeli kamera DSLR yang mahal namun tidak Anda butuhkan. Jika Anda tidak menggunakan kamera DSLR tersebut untuk kepentingan yang mendesak, suatu saat Anda akan berniat untuk menjualnya kembali. Dibanding harus menanggung kerugian tersebut, sebaiknya pilih kamera DSLR yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu Anda tidak perlu menambah banyak uang dari budget yang Anda miliki saat ini.

Demikian beberapa tips yang dapat disampaikan dalam memilih kamera DSLR. Membeli kamera DSLR memang tidak boleh dilakukan secara asal mengingat harganya yang tidak murah. Jangan sampai Anda menyesal di belakang karena salah memilih kamera DSLR. Sekian dan terima kasih telah membaca mengenai tips memilih kamera DSLR tersebut.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Hardware and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.