Apa Itu Nanoteknologi, Inilah Sejarah Perkembangannya

Teknologi terus berkembang, makin modern makin canggih dan makin kecil. Teknologi yang kecil ini disebut dengan nanoteknologi. Apa itu nanoteknologi? Untuk tahu lebih dalam mengenai teknologi nano ini, berikut ini adalah ulasannya.

Mengenal Lebih Lengkap Tentang Apa Itu Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah sebuah ilmu, teknik dan teknologi yang oleh dengan kala nano atau sangat kecil. Skala nano yang dimaksud adalah 1 hingga 100 nanometer. Sebagai pembanding, 1 nanometer = 0,0000001 cm. Bisa kamu bayangkan seberapa kecil partikel yang diolah dalam ilmu ini?

Yup! Nanoteknologi merupakan sebuah pengelolaan ilmu dan teknologi yang diaplikasikan pada benda dengan ukuran yang sangat kecil. Ilmu ini bisa diaplikasikan ke banyak studi dan bahkan lintas bidang. Mulai dari teknologi kimia, biologi, fisika dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kemunculan nanoteknologi

Nanoteknologi merupakan salah satu ilmu yang awalnya tidak disebut sebagai teknologi nano. Pada tahun 1959, seorang fisikawan bernama Richard Feynman bicara dalam pembelajarannya bahwa pada masa depan peneliti akan bisa melakukan manipulasi dan kontrol terhadap individu dalam bentuk atom dan molekul.

Dalam pembicaraan ini konsep nanoteknologi sudah dijabarkan tetapi belum ada istilahnya. Istilah nanoteknologi kemudian muncul pada tahun 1981. Istilah nanoteknologi muncul dari seorang profesor bernama Norio Taniguchi.

  • Mengapa nanoteknologi menjadi sangat populer saat ini?

Nanoteknologi merupakan sebuah teknologi yang sangat unik. Jika kamu masih belum bisa membayangkan betapa menariknya nanoteknologi ini, kamu mungkin harus coba nonton salah satu film Marvel. Dalam salah satu filmnya, Tony Stark, kreator Iron Man membuat sebuah baju perang yang terbuat dari teknologi nano.

Teknologi ini memungkinkan Stark untuk berubah menjadi Iron Man, kapan saja dengan menggunakan nanoteknologi yang dibangunnya. Jika kamu sudah menontonnya, kamu pasti merasa bahwa teknologi nano memang sangat keren.

Tetapi tentu saja teknologi nano yang ada di era ini belum sebaik dan secanggih teknologi nano di film tersebut ya! Hanya saja, kamu pasti sudah mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang bisa dilakukan oleh teknologi nano saat nanti teknologi ini benar-benar bisa diwujudkan.

Karena hasil yang sangat keren dan menarik bisa didapatkan, teknologi nano menjadi salah satu teknologi yang sedang dikembangkan besar-besaran. Apalagi di era modern ini, nanoteknologi banyak di kembangkan terutama dalam hal pembuatan senjata.

  • Pengembangan nanoteknologi di era modern

Di era modern, nanoteknologi memang masih dalam proses pengembangan. Di tahun 2012 sendiri Amerika Serikat telah menggelontorkan dana sebanyak 3,7 M dolar untuk membantu pengembangan nanoteknologi. Selain Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, dan negara-negara lainnya juga berlomba-lomba untuk membuat teknologi nano yang modern dan paling maju.

Penggunaan Nanoteknologi Di Segala Bidang

Selain di bidang senjata, penggunaan nanoteknologi juga sudah digunakan untuk bidang lainnya. Salah satunya adalah bidang kosmetik. Ternyata tabir surya yang kita gunakan saat ini juga sudah menggunakan teknologi nano dengan memanfaatkan nano teknologi dalam bentuk titanium dioksida di dalam produk tabir surya dan kosmetik. Unik sekali bukan?

  • Penerapan nanoteknologi di dunia modern

Untuk penerapannya, nanoteknologi hingga hari ini belum memiliki penerapan di dunia dan langsung digunakan secara langsung oleh konsumen. Akan tetapi nanoteknologi sudah memiliki beberapa produk yang digunakan untuk beberapa bidang. Salah satunya adalah bidang kesehatan.

Di bidang kesehatan, salah satu produk yang dibuat dengan menggunakan nanoteknologi adalah nanotubes. Nanotubes adalah sebuah alat kesehatan yang diproduksi untuk membantu masalah-masalah berat dalam dunia kesehatan. Hingga saat ini nanotubes banyak digunakan untuk membantu melakukan perawatan terhadap tumor terutama tumor di ginjal dan juga kanker payudara.

Baca Juga : Teknologi Nano Untuk Pertanian

Cara kerja dari nanoteknologi ini adalah dengan menyuntikkan nanotubes dengan dinding multi yang kemudian melakukan perawatan laser dari dalam selama ½ menit. Dengan cara ini sel tumor dan kanker perlahan akan mati. Inilah yang membuat teknologi nanotubes ini sangat membantu dalam dunia kesehatan.

  • Penggunaan nanoteknologi di dunia bangunan

Selain digunakan di dunia kesehatan, salah satu penggunaan nanoteknologi adalah di dunia bangunan. Penggunaan nanoteknologi di dunia konstruksi umumnya dilakukan untuk memanipulasi material konstruksi dalam level nano sehingga memiliki hasil yang lebih baik. Lebih kuat, durablitas lebih tinggi sehingga pembangunan menjadi lebih diuntungkan.

  • Penggunaan nanoteknologi di bidang elektronik

Terakhir, nanoteknologi juga digunakan dibidang elektronik. Penggunaan nanoteknologi di bidang elektronik ini umumnya digunakan untuk meningkatkan performa komponen listrik dan juga menurunkan konsumsi daya. Hal inilah yang membuat teknologi elektronik belakangan ini makin menarik, makin hemat dan makin kuat.

Salah satu penerapan nanoteknologi di dunia elektronik juga dilakukan ke dalam pembuatan baterai nanographene. Baterai ini disinyalir bisa menyimpan lebih banyak energi dan memiliki bobot yang lebih ringan. Selain ringan, kuat dan banyak dayanya, baterai ini memiliki 250.000 kali penggunaan sehingga sangat tahan lama.

Sayangnya hingga saat ini belum ada produk jadi dari nanoteknologi yang benar-benar bisa digunakan secara massal oleh konsumen. Hal inilah yang membuat banyak orang yang masih awam dengan teknologi nano ini. Jadi sudah tahu bukan apa itu nanoteknologi dan sedikit banyak mengenai perkembangannya? Semoga jadi informasi bermanfaat!

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.