Yuk Berkenalan dengan Teknologi IoT di Indonesia

Teknologi IoT

Yuk berkenalan dengan teknologi iot di indonesia Internet of Things atau yang sering disebut dengan IoT ini merupakan sebuah sistem yang mana terhubung dan terisntegrasi ke suatu perangkat dengan pernagkat lainnya. Internet sendiri merupakan sebuah jaringan penghubung antar perangkat sehingga dapat terintegrasi dengan baik.

Nah, hasil dari integrasi perangkat ini lalu diwujudkan dalam bentuk kode atau data yang dapat diidentifikasi nantinya.  Dengan kata lain, Internet of Things ini memiliki tujuan untuk menyelaraskan hubungan yang terjadi antara perangkat satu dengan perangkat lainnya, lalu hubungan antara perangkat dengan penggunanya, dan hubungan antara pengguna yang satu dengan pengguna lainnya. Hal ini dilakukan secara seamless.

Sejarah dari IoT di Indonesia

Pada awal mula pengembangan dari Internet of Things atau IoT technology ini di Indonesia ini memang belum mendapatkan kemudahan secara regulasinya. Padahal, dalam konteks teknologinya, setiap dua tahun sekali setidaknya terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam proses uji coba yang dilakukan secara berkala.

Namun sayangnya, regulasi yang terjadi di Indonesia sendiri belum mendukung dalam hal administrasi di tengah pada developer yang ingin mendapatkan kemudahan akan uji coba perangkatnya.

Fungsi dari IoT

Fungsi yang pertama dari teknologi IoT ini adalah tagging atau identifikasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari aktivitas atau transaksi yang terjadi. Fungsi kedua dari IoT ini adalah sebagai monitoring yang tujuannya memantau aktivitas tidak biasa yang terjadi.

Fungsi ketiganya adalah tacking dimana berfungsi untuk melacak lokasi. Ada juga fungsi kontrol yang bertujuan untuk memberikan hasil dari aktivitas atau data secara konsisten. Nah, fungsi terakhir dari IoT ini adalah analisis dimana tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang dapat dipahami dari adanya aktivitas atau data yang sudah didapatkan.

Kelima fungsi inilah yang menjadi dasar dari perangkat IoT dan bisa dijadikan sebagai patokan untuk pihak pengembang untuk terus berinovasi.

Syarat Penilaian Pengembangan IoT

Ada beberapa syarat penilaian dari pengembangan IoT technology yang perlu diperhatikan oleh kota yang memang ingin mengembangkannya. berikut ini adalah ulasan dari beberapa syarat yang harus dilengkapi jika ingin mengembangkan IoT.

Syarat pertama yang harus Anda penuhi dalam mengembangkan IoT ini adalah dengan transformasi digital. Untuk dapat mengembangkan IoT, sangat diperlukan peran dari perangkat digital untuk menyelesaikannya. Hal ini dikarenakan sebagian besar interaksi yang terjadi antara perangkat IoT dengan pengguna terjadi dalam bentuk digital.

Selain itu, keahlian dalam membaca data digital ini sangat menunjang adanya proses pembuatan keputusan yang dianggap sangatlah krusial. Jika seorang pengguna tidak bisa membaca informasi yang diberikan dengan tepat, maka output yang dihasilkan pun tidak akan maksimal.

Malah justru akan ada kecenderungan untuk menghambat proses lainnya. Maka dari itulah, literasi digital sangat diperlukan dalam proses pengembangan dan pengimplementasian dari teknologi IoT ini sendiri.

Kedua adalah smart city. Adanya program smart city akan lebih memudahkan pengembangan IoT sehingga bisa memajukan program smart city tersebut. Meskipun demikian, sebenarnya smart city ini tidak bisa dijadikan sebuah patokan. Hal ini disebabkan karena tidak setiap kota yang memiliki program smart city bisa secara otomatis menjadi cocok dan sesuai dalam proses pengembangan dan pengimentlasian IoT.

Setelah Anda sukses dalam menjalankan transformasi digital, maka Anda tinggal menjalankan 9 tahapan lagi untuk meraih smart city. Perlu Anda ketahui juga bahwa tidak semua kota sudah melakukan transformasi digital maupun memiliki program smart city ini.

Manfaat Internet of Things

Ada beberapa manfaat dari IoT technology ini yang diantaranya adalah dapat meningkatkan efisiensi dari penggunaan sumber dayanya, mengurangi beban kerja, mengurangi cost dan meningkatkan produktivitas

Selain itu, IoT juga bermanfaat untuk real time marketing, pengambilan keputusan berdasarkan data yang ada, meningkatkan pengalaman penggunanya, dan dapat meningkatkan kualitas dari data.

Tanpa adanya bantuan dari teknologi, tentunya Indonesia tidak akan bisa mengejar produktivitas dari negara yang sudah lebih dulu menggunakan teknologi IoT ini. Alasannya adalah karena IoT bisa meningkatkan produktivitas.

Maka dari itu, ada 3 hal yang perlu Anda persiapkan utnuk memastikan  pengembangan dan pengimplementasian dari IoT di Indonesia, yakni regulasi, infrastruktur, dan sumber daya manusianya.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in News. Bookmark the permalink.

Comments are closed.