News

Fungsi Penggunaan Media Sebagai Teknologi Pembelajaran

Fungsi penggunaan media sebagai teknologi pembelajaran – Elearing atau belajar yang dilakukan secara online  dengan menggunakan aplikasi pembelajaran masih banyak bermunculan dan terus berkembang hingga saat ini. Kemajuan dalam bidang edukasi saat ini memang semakin meningkat, terlebih dengan para penggunananya.

Pengertian Teknologi dari  Pembelajaran

Teknologi pada pembelajaran merupakan suatu istilat yang inklusif sebagai materi maupun landasan teori dalam mendukung adanya pembelajaran dan pengajaran. Nah, pengertian dari teknologi ini memanglah tidak terbatas, dimana pembelajaran ini bisa dilakukan di dalam kelas secara langsung maupun secara online.

Teknologi pembelajaran ini juga terdiri dari beberapa sistem dan aturan. Sistem dan aturan ini dibuat untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajarannya, dengan cara yang lebih sistematis, dan efisien.

Meskipun hal ini bukanlah komponen yang penting dari teknologi ini, namun tujuannya adalah untuk meminimalkan konsekuensi negatif yang ditimbulkan dari kesalahan siswa maupun guru.

Tujuan Teknologi dari Pembelajaran

Secara khusus, tujuan dari adanya pembelajaran ini adalah untuk menawarkan berbagai kemungkinan dalam teknis sistem pembelajaran dan proses pembelajarannya.

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus ada agar sistem dari pembelajaran umum ini bisa berjalan dengan baik. Yang pertama adalah analisis tujuan dari instructional technology dalam hal kinerja yang lebih kompeten. Selain itu, dibutuhkan juga adanya dskripsi dari keadaan awal pelajar dalam ketrampilan maupun pengetahuannya.

Metode yang dilakukan secara efektif ini tentu saja bisa menghasilkan pengetahuan yang lebih maksimal. Terakhir adalah dimana penilaian efek dari metode pengajaran ini lebih kepada spesifikasi dan pengukutan akan kemajuan pembelajaran.

Meskipun tidak adanya perbedaan pendapat terkait dengan ketersediaan alat terbaru untuk menunjang pendidikan ini, namun kegagalan relatif dari komputasi pendidikan bisa saja terjadi. Komputer sebagai media dalam pembelajaran pun dulunya belum bisa bekerja secara maksimal.

Selain itu, kurangnya komunikasi yang baik membuat guru hanya memiliki harapan yang tidak begitu tinggi terkait dengan dukungan komputer sebagai media teknologi pembelajaran ini. Tidak hanya itu, pertanyaan yang muncul perihal bagaimana proses modifikasi dari konsep guru tentang tujuan dari pendidikan ini ini juga akan mempengaruhi sistem pemeblajarannya.

Media dalam Menjalankan Teknologi Pembelajaran

Ada beberapa media yang bisa dijadikan sebagai alat pembelajaran, diantaranya adalah adanya dukungan penataan tugas yang membantu dengan cara melakukan tugas terdiri dari prosedur dan proses.

Selain itu, akses ke basis pengetahuan ini digunakan untuk membantu pengguna dalam menemukan informasi yang lengkap. Media yang terakhir adalah dimana bentuk-bentuk representasi pengetahuan alternatif yang terdiri dari teks, audio, video, gambar, dan data.

Teknologi yang digunakan saat ini antara lain adalah kamera dokumen, proyektor lcd, kamera digital, media elektronik, maupun kamera video. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa teknik dengan memaksimalkan blog, perangkat lunak kolaboratif, hingga ruang kelas virtual.

Tidak hanya itu, instruction technology ini juga didesain dengan baik terkait dengan jenis aplikasi pembelajaran yang mencakup evaluasi dari alat analisiskognitif sebagai upaya mengidentifikasi elemen mana yang bisa mengoptimalkan penggunaan paltform tersebut.

Media dalam melakukan pembelajaran ini bisa melalui kelas online, dimana dengan menggunakan kelas online ini Anda bisa memilih beragam variasi yang ditawarkan, mulai dari halaman blog, guru, hingga situs edukasinya.

Selain itu, media pembelajaran juga bisa menggunakan audio dan video dengan memberikan materi pembelajaran melalui streaming. Video juga bisa menggunakan fitur webcam atau webcasting sehingga memungkinkan guru dalam pembuatan ruang kelas virtual.

Dengan adanya teknologi pembelajaran ini tentunya akan sangat diharapkan untuk bisa mengubah dan menambah kemampuan belajar seorang anak dalam dunia pendidikan yang lebih efektif. Hal inilah yang membuat pemanfaatan internet dan teknologi sangat baik untuk dimaksimalkan dalam hal positif.

Inilah beberapa fungsi dari pembelajaran yang terus berkembang beserta dengan contoh media yang bisa digunakan dalam menjalankan proses pembeljaran tersebut. Semoga hal ini bisa membantu Anda dalam mengembangkan pembelajaran menggunakan teknologi secara lebih efisien dan maksimal.

Tentunya, tingkat pendidikan di tanah air akan semakin maju dan berkembang jika metode pembelajaran dilakukan dengan benar dengan menggunakan kecanggihan teknologi yang ada.

andreas

Recent Posts

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone

Masa Depan Internet of Things (IoT) pada Smartphone: Transformasi Menakjubkan Menuju Keterhubungan yang Lebih Luas.…

6 months ago

Pekerjaan Bidang Kecerdasan Buatan (AI) yang Dibutuhkan

Pada era digital yang terus berkembang Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah menjadi salah…

6 months ago

Strategi Digital Marketing Sederhana untuk Usaha Kecil Menengah

Dalam era digital yang terus berkembang, memiliki strategi digital marketing yang efektif menjadi kunci keberhasilan…

6 months ago

Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online Digital Marketing

Dalam era digital yang terus berkembang, Strategi dan Taktik untuk Kesuksesan Online telah menjadi kunci…

6 months ago

Tips Dan Strategi Belajar Digital Marketing Bagi Pemula

Digital Marketing adalah sebutan untuk cara pemasaran yang baru - baru ini muncul di Sosial…

2 years ago

10 Peluang Lowongan Kerja Yang Berhubungan Dengan Digital Marketing

Masyarakat memang tempat yang sangat keras apabila anda tidak punya penghasilan yang tetap dan juga…

2 years ago