Cara Membuat Teknologi Sederhana

Cara Membuat Teknologi Sederhana

Benda-benda berbasis teknologi sangat mudah ditemukan di dalam kehidupan kita. Semua alat elektronik yang ada di rumah dibuat dengan prinsip teknologi. Dari luar mereka memang terlihat sederhana, tapi jika membedah bagian dalamnya, akan terlihat komponen-komponen individual yang kompleks dan butuh waktu untuk merakitnya. Kali ini kita akan membahas cara membuat teknologi sederhana. Penerapan teknologi tidak harus selalu rumit. Anda bisa mulai belajar dari yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

Vacuum cleaner sederhana

Sekalipun anda sudah memiliki vacuum cleaner di rumah, tidak ada salahnya untuk mencoba merakitnya sendiri. Harganya dijamin jauh lebih murah sebab material yang dipergunakan sangat mudah ditemukan. Untuk membuat, anda akan membutuhkan dinamo, botol minuman bersoda berukuran besar, kaleng bekas, aki motor, lem, kain, gunting, dan pisau.

  1. Setelah semua bahan siap, mulai dengan memotong botol minuman menjadi 2 bagian. Kemudian potong lagi bagian depan botol soda tersebut, sisakan hanya bagian yang berbentuk kerucut saja.
  2. Ambil kaleng soda, potong kedua ujungnya. Sisakan hanya bagian tengahnya saja. Bagian tengah ini ketika dibuka akan membentuk lembaran logam.
  3. Potong lembaran logam tersebut berbentuk lingkaran, besarnya yaitu sebesar diameter botol yang telah dipotong tadi. Untuk melakukan tugas ini, anda perlu memakai spidol dan gunting.
  4. Gambar 2 buah garis tegak lurus di atas lembaran logam lingkaran tersebut. Kedua garis harus saling bersinggungan di titik pusat diameter. Berikutnya lubangi titik pusat tersebut dengan paku dan palu.
  5. Gambar lingkaran kecil di sekitar lubang tersebut. Agar lebih akurat, anda bisa memakai tutup botol atau sejenisnya. Setelah itu, potong lembaran logam tersebut menjadi 8 irisan hingga menyentuh gambar lingkaran yang dibuat dengan tutup botol. Setelah itu, lengkungkan kedelapan irisan tersebut. Hasil akhirnya akan terlihat seperti kincir angin.
  6. Pasangkan kincir angin logam tersebut dengan dinamo.
  7. Pakai mesin bor untuk melubangi bagian bawah botol minuman bersoda. Jumlahnya bisa berapa saja, tapi usahakan jangan terlalu berdekatan antar lubang.
  8. Hubungkan dinamo dengan kabel, lalu masukkan ke dalam tutup botol. Agar lebih kuat, tambahkan lem ke dalam tutup botol.
  9. Yang harus dilakukan selanjutnya adalah menempelkan dinamo tersebut pada bagian dasar botol. Kabel yang terhubung dengan dinamo tersebut dikeluarkan saja lewat lubang-lubang di dasar botol.
  10. Pasang double tape yang berisi gabus di bagian tengah atas botol. Double tape harus dipasang secara merata sebab itu akan dipergunakan untuk memegang kain penyaring.
  11. Untuk membuat kain penyaring, yang dibutuhkan hanya kain dan kawat. Bentuk kawat menjadi lingkaran dengan diameter yang sedikit lebih kecil daripada diameter botol agar bisa dimasukkan ke dalamnya. Setelah itu, tutup kawan tersebut dengan kain, potong sisi-sisinya, dan rekatkan dengan lem.
  12. Masukkan kain penyaring ke dalam botol, pakai double tape tersebut untuk menyangganya. Pasang bagian kepala botol dengan bagian bawah botol. Hidupkan dinamo, lalu coba pergunakan.

Kipas angin plastik

Anda juga bisa membuat teknologi sederhana lain berupa kipas angin yang terbuat dari botol bekas. Yang dibutuhkan antara lain dinamo motor DC, baterai 9v, konektor 9v, pipet, serta beberapa perlengkapan lain seperti lakban, solder, gunting, dll. Prinsip pembuatannya sebenarnya sangat sederhana. Anda memakai botol (yaitu bagian atasnya) untuk membuat kincir.

Nantinya kincir tersebut akan dihubungkan dengan sumber daya yang terbuat dari dinamo dan baterai. Bentuknya memang sederhana, jauh kalau dibandingkan dengan kipas angin buatan pabrik. Selain itu, kemampuannya pun terbatas karena hanya memakai baterai bervoltase kecil. Tapi, project ini tetap layak untuk dicoba. Itu tadi beberapa cara membuat teknologi sederhana.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Technology and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.