Ekstensi Chrome Untuk Pengalaman Berinternet Yang Lebih Baik

Bagi pengguna setia browser Chrome, istilah esktensi atau extension tentu sudah tidak asing lagi. Esktensi merupakan program / software yang bisa meningkatkan fungsionalitas dari browser Chrome. Program tersebut ditulis dengan teknologi web seperti CSS, Javascript, dan HTML. Proses pemasangan esktensi sangat mudah. Pertama, buka dulu browser, kemudian silakan langsung menunju Chrome Web Store. Disana anda akan menemukan deretan extension yang bisa diinstal.

Jika tidak bisa menemukannya pada halaman utama, silakan pakai fitur pencarian. Setelah menemukan ekstensi yang diinginkan, klik Add To Chrome. Beberapa program biasanya berisi list data yang bisa diakses oleh ekstensi bersangkutan. Setelah menambahkan, anda bisa membuka ulang browser dan menggunakannya. Fitur serupa juga ada di Mozilla Firefox.

Fungsinya sama, yaitu untuk meningkatkan fungsionalitas dari web browser. Misalnya jika anda ingin menangkap screenshot dari halaman website, anda bisa menginstal ekstensi yang menawarkan fungsi tersebut. Ekstensi mencakup begitu banyak kategori. Kami sarankan anda memakai fitur search untuk mencari ekstensi sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa ekstensi Chrome yang kami sarankan:

Ekstensi Chrome untuk pengalaman berinternet yang lebih baik
image source: libtechlaunchpad.com

Grammarly for Chrome

Banyak dari kita mencari informasi dari website-website berbahasa inggris. Nah, esktensi yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan skill berbahasa inggris kita. Caranya adalah dengan mengecek spelling, grammar, dan punctuation. Program ini ditujukan untuk siapa saja, baik bagi mereka yang baru belajar atau sudah fasih. Silakan install sekarang juga dan tingkatkan kemampuan menulis anda. Agar bisa memakai fitur secara maksimal, buatlah akun disana. Setelah membuatnya, anda bisa memindahkan teks ke dalam editor untuk melakukan pemeriksaan grammar. Grammarly merupakan salah satu software linguistik terbaik yang ada saat ini.

OneTab

Loading yang lambat kerap terjadi ketika kita membuka banyak tab sekaligus, apalagi jika tab tersebut dipergunakan untuk menonton video. Kinerja browser yang berat berdampak langsung terhadap performa laptop. Jika spesifikasi internal tidak bisa menghandle multitasking berlebih, laptop bisa nge-lag. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa memasang ekstensi OneTab pada Chrome. Fungsi dari program ini adalah untuk menghemat pemakaian memori hingga 95%. Langsung saja pasang pada browser dan lihatkan dampaknya pada CPU load. Cukup tekan icon OneTab, semua tab akan dirubah menjadi sederetan link.

Marker 2.0

Marker 2.0 merupakan ekstensi Chrome yang bisa dipergunakan untuk mengambil screenshot halaman. Mengambil screenshot merupakan salah satu aktivitas yang sering kita lakukan ketika browsing. Fitur yang disediakan beragam, seperti meng-capture sebagian dari halaman website atau seluruhnya. Anda bahkan bisa memodifikasi screenshot tersebut, misalnya dengan menambahkan emoji, objek, tanda panah, teks, dsb. Esktensi ini menyediakan fitur share ke Slack, Github, Trello, dan berbagai situs lain. Setelah puas melakukan editing, masukkan informasi yang relevan pada gambar, lalu anda bisa langsung membaginya.

Honey

Honey adalah software belanja yang akan membantu menghemat pengeluaran anda. Ekstensi ini bekerja dengan cara mencari kupon-kupon diskon kemudian mengaplikasikannya pada belanjaan anda. Pengisiannya pun dilakukan secara otomatis. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir ketinggalan kupon-kupon yang punya nilai lumayan. Jika anda berbelanja di salah satu perusahaan affiliasi mereka seperti Macy’s, Walmart, atau Ebay, anda bisa mendapatkan informasi diskon dan kupon langsung pada browser. Daftar diskon yang ditampilkan juga sangat lengkap. Jadi tunggu apa lagi, segeralah pasang ekstensi Chrome ini jika anda hobi berbelanja online.

Check My Links

Ekstensi Chrome yang satu ini berguna untuk mengecek link pada sebuah halaman website. Salah satu tahapan penting dalam SEO adalah menanam link. Nah, tool ini bisa membantu anda menemukan link pada sebuah website, statusnya (no-follow atau dofollow), dan anchor tags pengikutnya. Link building merupakan praktik yang lumrah dalam SEO dan masih dilakoni hingga sekarang. Untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari, anda juga bisa melakukannya.

Ekstensi Chrome untuk pengalaman berinternet yang lebih baik 2
image source: youtube.com

Momentum

Ekstensi Chrome ini cocok untuk mereka yang sering melakukan aktivitas dengan internet. Momentum merupakan salah satu ekstensi untuk meningkatkan produktivitas. Ada banyak aplikasi sejenis, tapi jika anda perlu yang all-in-one, Momentum adalah jawabannya. Ekstensi ini menggantikan fungsi dari aplikasi individual dengan dasbor yang dipersonalisasi. Jika biasanya saat membuka browser anda akan dibawa menuju homepage URL, maka setelah menginstal program yang satu ini halaman utama akan berubah menjadi dasbor untuk memantau aktivitas harian anda.

Pada halaman tersebut terdapat daftar tugas (to-do list), menu shortcut beserta link yang bisa dikostumisasi, jam, prakiraan cuaca, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika ingin tampilan browser yang lebih personal, jangan lupa menambahkan esktensi yang satu ini. Untuk menikmati semua fitur, silakan upgrade ke versi premium dengan membayar biaya berlangganan sebesar $2.50 / bulan.

DrumUp

Promosi via media sosial semakin sering dilakukan sebab pertumbuhan pengguna internet juga semakin cepat. Promosi bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya adalah dengan menginstal ekstensi Chrome. DrumUp merupakan tool yang bisa membantu meningkatkan social presence anda. Ekstensi ini bisa memberikan saran artikel sesuai dengan artikel yang sedang anda baca.

Ada sekitar 10 related articles yang ditampilkan secara bersamaan. Dari sini anda bisa mencari ide untuk penulisan konten selanjutnya. Fitur lain yang ditawarkan adalah integrasi media sosial. Anda bisa menyebarkan post ke berbagai akun media sosial dalam hitungan menit. Jika ingin tahu fitur selengkapnya, silakan cek langsung di Chrome Web Store. Selain yang disebutkan tadi, ada pula fitur hashtag, post terjadwal, rekomendasi, dll.

LastPass

LastPass merupakan password manager. Ada banyak aplikasi sejenis, tapi bagi anda yang sering memakai Chrome, ini merupakan salah satu ekstensi yang kami sarankan. Lastpass bisa mengingat detil login dari website-website yang dikunjungi. Cara ini tentu lebih praktis ketimbang mengingat password secara manual. Setelah memasang esktensi, silakan buat akun. Selain password, informasi lain seperti data kartu kredit, profil shopping, teks, dan gambar juga bisa disimpan. Jika tidak membutuhkannya lagi, anda bisa menghapus akun kapan saja. LastPass juga menyediakan opsi sinkronisasi lintas perangkat. Ini bertujuan untuk mengamankan data anda.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Internet and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.