Alasan Pindah Dari iOS Ke Android Serta Kelebihan dan Kekurangan Keduanya

Bagi Anda yang belum tahu, simak ulasan mengenai alasan pindah dari iOS ke Android. iOS dan Android merupakan 2 sistem operasi (OS) yang berbeda. Keduanya sama-sama banyak digunakan oleh masyarakat dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Banyak orang yang mengungkapkan bahwa iOS lebih aman digunakan dibandingkan dengan Android. Pada kenyataannya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Belum lama ini banyak pengguna iOS yang beralih menggunakan Android. Ada banyak alasan kenapa para pengguna iOS akhirnya memilih menggunakan Android.Alasan pindah dari IOS ke Android_5

4 Alasan Pindah dari iOS ke Android

Sistem operasi iOS dan Android memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Namun siapa yang menduga bahwa pengguna iOS banyak yang berpaling dan akhirnya menggunakan Android. Lalu, sebenarnya apa alasan pindah dari iOS ke Android? Simak ulasan berikut yang membahas mengenai alasan-alasan kenapa pengguna iOS beralih menggunakan Android. Ini dia uraian lengkapnya:

  1. Pilihan ponsel

Dibandingkan dengan Apple, Android ditawarkan dalam berbagai pilihan ponsel yang dapat Anda pilih sesuai selera. Contohnya saja dalam pilihan layar, Android tersedia dalam banyak pilihan mulai dari 3.5 inci, 4 inci dan 5 inci. Sementara Apple hanya menyediakan pilihan yang terbatas sehingga banyak yang merasa bosan. Selain layar, spesifikasi yang ditawarkan untuk Android juga lebih beragam sehingga harganya juga mengikuti. Bagi masyarakat dengan ekonomi yang sedang tentu lebih memilih smartphone dengan harga yang terjangkau. Untuk itu banyak orang yang lebih memilih Android karena harganya relatif terjangkau.

  1. Google Now

Google Now merupakan salah satu fitur terbaik yang ada di Android. Fitur ini memberikan informasi yang tepat dan layanannya sangatlah baik. Banyak pengguna Android yang merasa terbantu dengan menggunakan fitur yang satu ini.

  1. Konektor standar

Alasan pindah dari iOS ke Android yaitu karena Android menggunakan konektor standar. Berbeda dengan Apple yang tetap menggunakan kabel Lightning sebagai kabel power perangkat iOS.

  1. Screen lebih baik

Alasan lain kenapa banyak pengguna iOS berpaling dan memilih Android yaitu karena tampilannya lebih baik. Layar perangkat Apple yang terbaru memang sudah dilengkapi dengan retina HD. Akan tetapi resolusinya masih jauh tertinggal dibandingkan resolusi layar yang digunakan Android. Bahkan perangkat Android sekelas Sony Xperia Z5 sudah menggunakan built-in layar 4K Ultra HD.

Itulah 4 alasan utama kenapa banyak pengguna iOS memilih untuk berganti menggunakan Android. Secara umum, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yang menjadi keunggulan dan kelemahannya.

Mana yang Lebih Baik, iOS atau Android?

Ada banyak sekali orang yang meributkan mengenai iOS dengan Android. Banyak yang menanyakan lebih bagus mana, apakah iOS ataukah Android? Secara umum, keduanya sama-sama merupakan sistem operasi yang terbaik di dunia. Hanya saja memang memiliki perbedaan yang cukup kental sehingga membuat keduanya terlihat begitu berbeda. Berkat perbedaan yang dimiliki, banyak orang yang bingung untuk memutuskan memilih salah satunya. Langsung saja, untuk membantu menentukan pilihan Anda maka simak ulasan berikut ini:

  1. Kualitas dan kuantitas permainan

Penggunaan smartphone, baik Apple maupun Android memang tidak terlepas dari permainan atau game. Permainan merupakan kebutuhan bagi setiap orang sehingga sebagian besar pengguna smartphone memasang aplikasi permainan di perangkat selulernya. Baik di App Store ataupun di Google Play, ada banyak sekali game-game yang dapat dimainkan oleh para pengguna smartphone. Hanya saja, App Store menyediakan permainan yang lebih banyak dibandingkan Google Play.

  1. Raw Power

Kemampuan hardware merupakan faktor terpenting agar dapat memainkan berbagai game. Perangkat android memang banyak yang dilengkapi dengan spesifikasi tinggi, namun beberapa di antaranya ada yang tidak mendukung untuk permainan tertentu. Dalam hal ini, iOS lebih baik karena secara umum ada banyak game yang dapat dimainkan menggunakan perangkat seluler yang satu ini. Jika membahas mengenai raw power maka Apple lebih baik dibandingkan Android.

  1. Kompabilitas

Android tersedia dalam banyak pilihan sedangkan Apple hanya tersedia dalam 5 sampai 6 pilihan saja. Hal ini menimbulkan masalah tersendiri bagi developer game untuk Android karena harus menyesuaikan gamenya untuk berbagai device Android. Developer atau pengembang game harus memastikan bahwa game-gamenya dapat dimainkan secara sempurna di berbagai device Android. Hal ini sering kali dirasakan oleh pengguna Android di mana setelah mendownload game, game tersebut tidak dapat dimainkan. Hal itu terjadi karena game tidak sesuai dengan spesifikasi Android tersebut.

  1. Sistem pengisian baterai

Android terkenal memiliki sistem pengisian baterai yang lebih cepat, serta teknologinya serba terbaru. Walaupun tidak semuanya, namun sebagian besar teknologi canggih sudah ada di perangkat Android. Terutama untuk Android yang dikeluarkan oleh pabrikan Samsung, kualitasnya disebut-sebut sebagai kualitas yang terapik. Namun selain Samsung, pabrikan Android lainnya juga mengeluarkan perangkat Android yang tidak kalah canggih. Ini juga menjadi salah satu alasan pindah dari iOS ke Android.

Membahas mengenai teknologi yang canggih, Android memang lebih menang dibandingkan dengan iOS. Terlebih lagi jika membahas mengenai masalah harga, Android mampu menawarkan harga yang murah sementara iOS tidak. Perkembangan Android sendiri sangatlah pesat, bahkan akhirnya membuat Apple goyah dan akhirnya mengeluarkan perangkat dengan layar lebar. Sebelumnya, Apple tetap mengeluarkan produk-produknya yang memiliki layar mini. Bahkan, sebelumnya Apple hanya mengeluarkan smartphone dengan layar mini. Namun karena tidak ingin kalah dengan Android, akhirnya Apple mengeluarkan produknya dengan layar lebar.

Itulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sistem operasi iOS dan Android. Bagi Anda yang merasa bingung memilih salah satu di antara keduanya, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Jika Anda mencari smartphone yang memiliki kemampuan lebih dalam bermain game, maka iOS adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Sementara jika Anda mencari smartphone yang canggih dengan harga yang murah maka Android adalah pilihan terbaik Anda. Secara keseluruhan, kualitas terbaik memang dimiliki oleh perangkat yang dikeluarkan oleh Apple. Namun harga menjadi kendala yang cukup besar sehingga peminatnya berkurang.

Bagi Anda yang mengidam-idamkan perangkat smartphone yang murah, Android memang pilihan tepat. Anda bahkan dapat memilih varian yang paling Anda sukai dan sesuai dengan budget yang Anda miliki. Pasalnya, Android tersedia dalam banyak varian mulai dari tipe, merek hingga harga yang dibanderol. Ini menjadi kelebihan dari Android sekaligus menjadi kelemahannya sendiri. Kelebihannya, Anda dapat memilih varian yang Anda sukai dan kelemahannya beberapa di antaranya ada yang tidak kompatibel dengan beberapa game. Hal ini mungkin tidak begitu bermasalah bagi Anda yang tidak hobi bermain game.

Namun bagi Anda yang memiliki hobi bermain game, tentu Anda akan merasa kurang nyaman dengan hal tersebut. Anda akan merasa terbatasi dalam bermain game dan membuat Anda merasa ingin membeli perangkat smartphone yang baru. Jadi pada dasarnya, bagus tidaknya smartphone yang akan Anda pilih adalah tergantung dari kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Baik iOS ataupun Android, keduanya tersedia dalam beberapa pilihan walaupun jumlahnya sangat berbeda. Bagaimanapun, ada beberapa alasan pindah dari iOS ke Android ataupun sebaliknya.

Last Updated on November 14, 2023

This entry was posted in Gadget and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.